Cara Unlock Bootloader Lewat File UBL Xiaomi Redmi 6A (cactus)

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 6A– Bagi yang ingin membuka kunci bootloader Xiaomi Redmi 6A dan belum mengetahui bagaimana caranya, berikut ini adalah panduan lengkap cara unlock bootloader Xiaomi Redmi 6A yang bisa kamu gunakan.

Redmi 6A dibekali dengan penyimpanan internal sebesar 8GB yang masih bisa diekspansi dengan MicroSD, hingga 32 GB. Tempat penyimpanan yang besar sudah leluasa untuk menyimpan berbagai file, gambar, dokumen, musik ataupun video.

Dalam sisi photografi, smartphone ini dibekali dengan kamera yang memiliki ukuran besar, yakni 13 MP yang ditanam di body belakang yang mampu menghasilkan gambar dengan resolusi 4368 x 2912 pixels dengan hasil bidikan yang tajam. K

Kamera utamanya ditunjang dengan fitur LED Flash, auto focus, touch focus, face/smile detection, HDR mode serta memiliki lensa wide angel 28 mm. Lensa kamera utama dari OmniVision tersebut mampu menghasilkan gambar yang tajam serta dapat digunakan untuk merekam video dengan resolusi 1080p yang cukup bening.

Sedangkan untuk kamera depan atau front kameranya dibekali dengan kamera 5 MP yang bisa digunakan untuk video call ataupun berselfie ria. Dan untuk menunjang segala aktiftas, smartphone ini dibekali dengan baterai 3000 mAh. Terdapat pula fitur Quick Charge 1.0 yang dapat meningkatkan waktu pengisian baterai dalam 30 persen pada waktu 30 menit.

Apa itu Bootloader

Bootloader adalah sebuah perangkat lunak yang dijalankan saat Redmi 6A dinyalakan. Perangkat lunak ini bertanggung jawab menentukan program apa saja yang dimuat saat Redmi 6A menyala. Karena fungsinya yang krusial, bootloader biasanya berada pada memori (ROM) tersendiri, terpisah dari memori yang digunakan oleh sistem operasi Android. Bootloader sendiri terbagi dalam 2 macam yakni locked bootloader dan unlocked bootloader.

Keuntungan memiliki Xiaomi Redmi 6A yang telah unlocked bootloader, kamu bisa dengan leluasa install custom ROM seperti ViperOS. Tapi jika ternyata bootloader kamu terkunci, maka harus unlock bootloadernya dulu.

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 6A

  1. Buat Akun MI terlebih dahulu melalui smartphone Xiaomi kamu.
  2. Aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging.
  3. Caranya Buka SetelanTentang Ponsel – dan klik sebanyak 7x pada tulisan Versi MIUI sampai muncul notifikasi “anda telah menjadi pengembang”.
  4. Buka SetelanSetelan TambahanOpsi Pengembang dan Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock
  5. Pilih menu Status Mi Unlock klik tombol Tambah akun dan Perangkat.
  6. Download File UBL Xiaomi Redmi 6A
  7. Extract filenya di PC atau laptop Windows dengan software seperti Winrar atau Winzip
  8. Buka file MiFlashUnlock.exe dan klik Agree untuk konfirmasi disclaimer.
  9. Masukan Akun Mi yang sudah dibuat tadi.
  10. Matikan Redmi 6A kamu dan masuk ke Fastboot Mode, Dengan cara dalam keadaan mati kamu tekan dan tahan tombol Power serta Volume Bawah bersamaan sampai masuk ke Fastboot Mode.
  11. Sambungkan Xiaomi Redmi 6A ke komputer/laptop dengan menggunakan Kabel USB.
  12. Klik tombol Unlock untuk memulai proses unlock.
  13. Jika sukses akan ada tulisan Unlocked Successfully
  14. Selamat kamu berhasil membuka kunci Bootloader Xiaomi Redmi 6A

Jika tertulis “Couldn’t Unlock, After 360 hours of trying to unlock the device” itu berarti harus menunggu selama 360 jam atau 15 hari untuk bisa melakukan Unlock lagi.

Cara Cek Status Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 6A

Pastikan sudah mengaktifkan Opsi Pengembang, Caranya masuk Setelan > Tentang Ponsel > Kemudian tap 7 kali pada MIUI Version.

Sekarang masuk menu Opsi Pengembang, Caranya masuk Setelan > Setelan Tambahan > Pilih Opsi Pengembang.

Buka Mi Unlock Status, jika Xiaomi Redmi 6A sudah ter-unlock akan seperti tampak seperti dibawah ini.

Nah selesai sudah postingan Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 6A. Jika masih bingung, silahkan bertanya di kolom komentar dan juga silahkan untuk share ke teman atau membaca tutorial berikutnya tentang Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 3 Pro. Selamat mencoba!.