Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 3 Pro Menggunakan File UBL 1

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 3 Pro Menggunakan File UBL

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 3 Pro – Pada kesempatan kali ini, LinkROM.com akan menjelaskan bagaimana cara membuka bootloader perangkat Xiaomi Redmi 3 Pro secara resmi. Unlock bootloader perlu dilakukan apabila kamu ingin memasang TWRP dan root Xiaomi Redmi 3 Pro.

Redmi 3 Pro dibekali oleh Xiaomi dengan chipset Qualcomm MSM8939v2 Snapdragon 616 terintegrasi dengan prosesor Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & quad-core 1.2 GHz Cortex-A53. Tidak ketinggalan fitur Dual Sim dan kemampuan mengakses jaringan 4G yang menjadi kelebihah lain dari Redmi 3 Pro. Kemudian untuk koneksi nirkabelnya, sudah ada teknologi WiFi, Bluetooth, port Micro USB 2.0, dan navigasi GPS yang di sempurnakan oleh teknologi (A-GPS, GLONASS, BDS).

Smartphone ini memiliki ruang penyimpanan serta pengelolaan data yang luas merupakan keunggulan lain yang dimiliki Redmi 3 Pro. Kapasitas 32GB serta 3GB RAM yang lebih optimal saat dipakai bermultitasking yang menndukung sisi mesin ponsel. Xiaomi Redmi 3 Pro bisa diperluas dengan memori eksternal dengan kapasitas MicroSD 128GB yang dimana hal tersebut tentu sangat menunjang aktifitas mobile yang dilakukan.

Salah satu fitur unggulan MIUI adalah fitur kustomisasi Thema yang bisa merubah antarmuka menjadi lebih menarik, dan tidak membosankan. Masih banyak lagi fitur yang dimiliki MIUI, seperti fitur MiCloud, dan fitur privacy yang kini di optimalkan oleh sistem pemindai sidik jari (fingerprint sensor).

Selain itu, baterainya juga didukung fitur fast charging, sehingga kecepatan pengisian baterai berdaya 4.100 mAh bisa lebih singkat, dan tidak membutuhkan waktu terlalu lama. Fast battery charging yang terdapat dalam Redmi 3 Pro mampu memberikan pengisian daya lebih cepat.

Apa itu Bootloader

Smartphone Xiaomi Redmi 3 Pro pasti memiliki bootloader agar kernel sistem operasi dapat nyala dan berjalan secara normal. Namun karena merupakan sistem operasi terbuka, masing-masing smartphone Android memiliki bootloader yang berbeda. Itu sebabnya custom ROM masing-masing smartphone selalu berbeda. Bootloader sendiri terbagi dalam 2 macam yakni locked bootloader dan unlocked bootloader.

Pertanyaannya kemudian adalah kenapa bootloader dikunci oleh Xiaomi? Ini bertujuan agar kamu tidak memasang custom ROM yang bukan buatan XIAOMI. Manfaatnya jelas adalah garansi smartphone kamu tetap valid, dan juga terhindar dari bricked.

Cara Unlock Bootloader Redmi 3 Pro

  1. Buat Akun MI terlebih dahulu melalui smartphone Xiaomi kamu.
  2. Aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging.
  3. Caranya Buka SetelanTentang Ponsel – dan klik sebanyak 7x pada tulisan Versi MIUI sampai muncul notifikasi “anda telah menjadi pengembang”.
  4. Buka SetelanSetelan TambahanOpsi Pengembang dan Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock
    Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 3 Pro Menggunakan File UBL 2
  5. Pilih menu Status Mi Unlock klik tombol Tambah akun dan Perangkat.
    Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 3 Pro Menggunakan File UBL 3
  6. Download File UBL Xiaomi Redmi 3 Pro
  7. Extract filenya di PC atau laptop Windows dengan software seperti Winrar atau Winzip
  8. Buka file MiFlashUnlock.exe dan klik Agree untuk konfirmasi disclaimer.
  9. Masukan Akun Mi yang sudah dibuat tadi.
  10. Matikan Redmi 3 Pro kamu dan masuk ke Fastboot Mode, Dengan cara dalam keadaan mati kamu tekan dan tahan tombol Power serta Volume Bawah bersamaan sampai masuk ke Fastboot Mode.
    Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 3 Pro Menggunakan File UBL 4
  11. Sambungkan Xiaomi Redmi 3 Pro ke komputer/laptop dengan menggunakan Kabel USB.
  12. Klik tombol Unlock untuk memulai proses unlock.
  13. Jika sukses akan ada tulisan Unlocked Successfully
    unlocked successfully
  14. Selamat kamu berhasil membuka kunci Bootloader Xiaomi Redmi 3 Pro

Jika tertulis “Couldn’t Unlock, After 360 hours of trying to unlock the device” itu berarti harus menunggu selama 360 jam atau 15 hari untuk bisa melakukan Unlock lagi.

Cara Cek Status Unlock Bootloader Redmi 3 Pro

Pastikan sudah mengaktifkan Opsi Pengembang, Caranya masuk Setelan > Tentang Ponsel > Kemudian tap 7 kali pada MIUI Version.
Sekarang masuk menu Opsi Pengembang, Caranya masuk Setelan > Setelan Tambahan > Pilih Opsi Pengembang.
Buka Mi Unlock Status, jika Xiaomi Redmi 3 Pro sudah ter-unlock akan seperti tampak seperti dibawah ini.
cek status UBL Xiaomi Redmi 3 Pro

Itulah proses UBL Xiaomi Redmi 3 Pro. Semoga tutorial di atas bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan. Terima kasih sudah berkunjung, salam dan sampai jumpa di tutorial berikutnya mengenai Cara Pasang TWRP Xiaomi Redmi 3 Pro. Semoga berguna!.