Cara UBL / Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 6 Pro (Sakura)

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 6 Pro – Pada kesempatan kali ini, LinkROM.com akan menjelaskan bagaimana cara membuka bootloader perangkat Xiaomi Redmi 6 Pro secara resmi. Unlock bootloader perlu dilakukan apabila kamu ingin memasang TWRP dan root Xiaomi Redmi 6 Pro.

Redmi 6 Pro dibekali dengan Dual Camera dengan resolusi 12 MP + 5 MP yang telah disertai dengan Dual LED Flash, PDAF Sensor, Autofocus dan sejumlah fitur lainnya yang memberikan hasil foto jernih dan tajam. Selain itu kamera utamanya juga dapat digunakan untuk merekam video dengan resolusi hingga HD 1080p@30fps.

Terdapat pula lensa sekunder pada sisi depan body, lensa ukuran 5MP merupakan ukuran medium yang biasa dipakai untuk penggemar foto selfie. Lensa kamera yang juga dapat dimanfaatkan ketika berkomunikasi video call dengan teman ataupun saudara. Guna menekan harga agar lebih murah menjadi salah satu alasan kenapa Xiaomi tak membekali nya dengan fitur pencahayaan LED Flash pada sisi lensa depannya.

Redmi 6 Pro ini mendukung jaringan 4G dengan speed internet LTE Cat4 kencang juga jaringan 3G HSDPA dengan speed HSPA+ yang dapat dipakai saat berada di wilayah yang tak ada koneksi 4G nya. Beberapa konetivitas juga ada dalam Xiaomi diantaranya jaringan seluler 2G GSM, GPRS-EDGE, Wi-Fi, Hotspot. Selain itu disematkan pula fitur GPS, Browser, Bluetooth, USB Type C, dan NFC merupakan beberapa perangkat nirkabel terbaik yang dapat dimanfaatkan dengan segala fungsi nya masing – masing.

Baterai kapasitas besar dengan dukungan fitur fast charging merupakan keunggulan tersendiri yang tersemat pada tenaga utama yang dimiliki Redmi 6 Pro. Baterai berukuran 4100 mAh adalah kapasitas yang telah disesuaikan dengan kebutuhan fitur-fitur milik Redmi 6 Pro. Hal yang menunjang aktifitas mobile yang di lakukan seharian full sekalipun.

Apa itu Bootloader

Bootloader adalah sebuah kode yang harus dieksekusi sebelum sistem operasi (OS) mulai berjalan, termasuk HP Xiaomi Redmi 6 Pro. Dengan mengunci Bootloader, Redmi 6 Pro kita sepenuhnya berada dalam tanggung jawab XIAOMI, termasuk memberikan update. Jika smartphone Redmi 6 Pro sudah di-unlock Bootloader-nya, maka tidak akan lagi mendapat dukungan update dan jaminan keamanan langsung dari Xiaomi. Bootloader sendiri terbagi dalam 2 macam yakni locked bootloader dan unlocked bootloader.

Xiaomi sendiri selama ini mendukung para pemilik smartphone bikinannya agar lebih leluasa untuk melakukan modifikasi smartpohne secara mandiri dengan membuka kunci bootloader. Xiaomi mengizinkan para penggunanya untuk mengajukan pembukaan bootloader terlebih dahulu lewat layanan Unlock Bootloader agar nantinya tak digunakan untuk hal negatif.

Cara Unlock Bootloader Redmi 6 Pro

  1. Buat Akun MI terlebih dahulu melalui smartphone Xiaomi kamu.
  2. Aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging.
  3. Caranya Buka SetelanTentang Ponsel – dan klik sebanyak 7x pada tulisan Versi MIUI sampai muncul notifikasi “anda telah menjadi pengembang”.
  4. Buka SetelanSetelan TambahanOpsi Pengembang dan Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock
  5. Pilih menu Status Mi Unlock klik tombol Tambah akun dan Perangkat.
  6. Download File UBL Xiaomi 6 Pro
  7. Extract filenya di PC atau laptop Windows dengan software seperti Winrar atau Winzip
  8. Buka file MiFlashUnlock.exe dan klik Agree untuk konfirmasi disclaimer.
  9. Masukan Akun Mi yang sudah dibuat tadi.
  10. Matikan Redmi 6 Pro kamu dan masuk ke Fastboot Mode, Dengan cara dalam keadaan mati kamu tekan dan tahan tombol Power serta Volume Bawah bersamaan sampai masuk ke Fastboot Mode.
  11. Sambungkan Xiaomi Redmi 6 Pro ke komputer/laptop dengan menggunakan Kabel USB.
  12. Klik tombol Unlock untuk memulai proses unlock.
  13. Jika sukses akan ada tulisan Unlocked Successfully
    unlocked successfully
  14. Selamat kamu berhasil membuka kunci Bootloader Xiaomi Redmi 6 Pro

Apabila di Mi Unlock tertera “Couldn’t Unlock, After 72 hours of trying to unlock the device” itu berarti harus menunggu selama 72 jam atau 3 hari untuk bisa melakukan Unlock lagi.

Cara Cek UBL Redmi 6 Pro

Pastikan sudah mengaktifkan Opsi Pengembang, Caranya masuk Setelan > Tentang Ponsel > Kemudian tap 7 kali pada MIUI Version.
Sekarang masuk menu Opsi Pengembang, Caranya masuk Setelan > Setelan Tambahan > Pilih Opsi Pengembang.
Buka Mi Unlock Status, jika Xiaomi Redmi 6 Pro sudah ter-unlock akan seperti tampak seperti dibawah ini.
cek status UBL Xiaomi Redmi 6 Pro

Itulah proses lengkap UBL Xiaomi Redmi 6 Pro. Semoga tutorial di atas bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan. Terima kasih sudah berkunjung, salam dan sampai jumpa di tutorial berikutnya mengenai Cara Install TWRP Recovery Redmi 6 Pro. Semoga berguna!.

Posting terkait: