Cara Mengatasi Xiaomi Redmi Note 2 / Prime Yang Lupa Pola / Password

Redmi Note 2 salah satu smartphone Xiaomi tangguh yang sudah dibekali chipset Mediatek MT6795 Helio X10. Chipset ini sudah terbukti mampu menghasilkan performa powerfull dan kinerja begitu responsif ketika digunakan menjalankan aplikasi dan game. Selain itu, performa tersebut juga didukung dengan RAM berkapasitas besar mencapai 2 GB, yang mampu menjamin multitasking setiap aplikasi dan game bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya lag.

Xiaomi telah mengandalkan sistem operasi berbasis Android 5.0.2 Lollipop dengan User Interface khas Xiaomi Miui 7, dan sudah mendukung koneksi internet tercepat 4G Cat4 berkecepatan 150/50 Mbps. Selain itu untuk kebutuhan fotografi sudah dilengkapi dengan dual kamera beresolusi tinggi, kamera belakang 13 MP dengan fitur Phase detection autofocus dan kamera depan 5 MP. Serta tak lupa dilengkapi juga dengan teknologi fast charging untuk mempercepat pengisian daya baterai.

Semakin lama sebuah HP digunakan, semakin banyak juga masalah yang akan ditimbulkanya seperti akan terasa lag, baterai terasa boros dan lama proses pengisianya bahkan kadang kala mengalami error seperti stuck di logo Mi yang biasa dikenal dengan istilah bootloop.

Selain itu mungkin lagi lagi bermasalah dengan lupa akan pola atau password lockscreen, masalah kelupaan ini bisa menimpa siapa saja. Tapi jangan khawatir karena disini saya akan memberikan cara mengatasinya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, cara pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan melakukan RESET. Di Android sendiri sudah ada menu untuk melakukan reset atau kembali ke pengaturan pabrik. Menu ini jarang diketahui orang kalau berguna sebagai pertolongan pertama dari smartphone Android yang mengalami error.

Tapi tentunya kalau error itu disebabkan oleh kerusakan hardware, tidak akan bisa diperbaiki dengan hanya melakukan reset. Selama kerusakan hanya diakibatkan oleh masalah ringan, sangat besar kemungkinannya bisa diatasi dengan mereset Redmi Note 2.

Untuk yang belum tahu cara reset di HP Redmi Note 2 ini, disini saya akan memberikan tutorialnya, Kamu tidak perlu menggunakan PC untuk melakukannya. Kamu cukup mengakses Mi Recovery dan mereset melalui fitur Wipe Data and Cache.

Cara Mereset Redmi Note 2

  1. Pertama matikan Redmi Note 2 kamu terlebih dahulu kemudian tekan tombol VOLUME ATAS dan tombol POWER bersama-sama dan tahan terus kemudian lepaskan setelah muncul Logo Mi.
  2. Kalau benar prosesnya akan masuk ke Mi Recovery. Pilih English dengan menggunakan tombol Volume sebagai navigasi naik turun dan tombol POWER sebagai “Enter“.
  3. Setelah itu kamu pilih menu Wipe & Reset.
  4. Kemudian pilih WIPE Cache selanjutnya konfirm dengan memilih tombol YES setelah Wipe Cache Complete kamu pilih BACK.
  5. Sekarang kamu pilih WIPE USER DATA dan lakukan prosesnya sama dengan Wipe Cache
  6. Kalau update sudah complete silahkan pilih menu Reboot kemudian Reboot to System untuk menghidupkan kembali smartphone kamu.

Kalau memang cuma hanya lupa pola / password dan kerusakan ringan lainya, otomatis HP kamu sudah bisa digunakan kembali seperti saat pertama kali membelinya. Cuma memang ada beberapa aplikasi yang akan ikut terhapus, tapi kamu bisa install manual lagi aplikasi yang terhapus tersebut.

Demikianlah proses reset di Redmi Note 2 dan Redmi Note 2 Prime baik itu di MIUI 7 ataupun MIUI 9. Semoga dengan artikel ini HP kamu kembali seperti sedia kala.

Leave a Reply