Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi Pro MIUI 9 / MIUI 10 via File UBL

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi Pro – Bagi yang ingin membuka kunci bootloader Xiaomi Redmi Pro dan belum mengetahui bagaimana caranya, berikut ini adalah panduan lengkap cara unlock bootloader Xiaomi Redmi Pro yang bisa kamu gunakan.

Untuk urusan dapu pacu yang dibekalkan pihak Xiaomi pada Redmi Pro ini sudah sangalah gahar. Perangkat hardware yang dibekalkan merupakan perangkat Smartphone kelas atas dimana untuk chipsetnya menggunakan Mediatek. Smartphone ini sendiri telah dirilis dengan spek yang berbeda, yakni High, Exclusive editions dan Standard edition.

Panduan Terkait

Xiaomi Redmi Pro dalam versi spesifikasi yang berbeda membuat kapasitas memori serta RAM yang digunakan berbeda. Untuk yang Exclusive edition penyimpanan internalnya mencapai 128 GB serta RAM 4 GB. Sedangkan untuk yang Standard edition bermemorikan 32 GB / 64 GB dengan bekal RAM mencapai 3 GB.

Selain itu, grafis gambar untuk Smartphone ini sudah menggunakan GPU Mali-T880 MP4. Jadi memainkan games-games berat / HD di Smartphone ini pun tak akan ada masalah / lag, cocok untuk kamu para gamers.

Disamping jeroan yang handal, Xiaomi Redmi Pro juga sudah berbekal kamera dengan lensa yang besar. Baik kamera depan maupun belakangnya sudah mampu menghasilkan dengan kualitas bagus. Untuk kamera belakang pihak Xiaomi telah menyematkan lensa 13 MP.

Untuk kualitas videonya pun sudah sangat bagus dimana hasil yang diperoleh dengan kamera 13 MP-nya ini sudah Full HD 1080p. Jadi aktifitas foto maupun merekam akan lebih enjoy dan hasilnya pun tidak mengecewakan bagi para penggunannya.

Selain kamera utama yang bagus, pihak Xiaomi juga telah menyematkan kamera dengan lensa 5 MP. Jadi untuk keperluan selfie yang sedang menjadi trend 2016 sudah sangat menunjang. Untuk video call maupun skype-an juga bisa. Nah untuk kualitas video yang dihasilkan kamera depannya juga tak kalah bagus, hasil rekamannya sudah berkualitas Full HD juga.

Apa itu Bootloader

Bootloader adalah perangkat lunak yang bertugas untuk mengatur program apa saja yang akan dijalankan saat pertama kali Xiaomi Redmi Pro di hidupkan. Intinya Bootloader yang memberikan izin apakah akan me-load system android atau masuk ke recovery ataupuan menjalankan fastboot mode. Bootloader sendiri terbagi dalam 2 macam yakni locked bootloader dan unlocked bootloader.

Unlock Bootloader adalah posisi bootloader yang tidak terkunci, bisa dari bawaan pabrik, atau bisa melalui proses unlock bootloader. Xiaomi Redmi Pro yang sudah unlock bootloader secara default sudah terinstall Recovery.

Cara Unlock Bootloader Redmi Pro

  1. Buat Akun MI terlebih dahulu melalui smartphone Xiaomi kamu.
  2. Aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging.
  3. Caranya Buka SetelanTentang Ponsel – dan klik sebanyak 7x pada tulisan Versi MIUI sampai muncul notifikasi “anda telah menjadi pengembang”.
  4. Buka SetelanSetelan TambahanOpsi Pengembang dan Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock
  5. Pilih menu Status Mi Unlock klik tombol Tambah akun dan Perangkat.
  6. Download File UBL Xiaomi Redmi Pro
  7. Extract filenya di PC atau laptop Windows dengan software seperti Winrar atau Winzip
  8. Buka file MiFlashUnlock.exe dan klik Agree untuk konfirmasi disclaimer.
  9. Masukan Akun Mi yang sudah dibuat tadi.
  10. Matikan Redmi Pro kamu dan masuk ke Fastboot Mode, Dengan cara dalam keadaan mati kamu tekan dan tahan tombol Power serta Volume Bawah bersamaan sampai masuk ke Fastboot Mode.
  11. Sambungkan Xiaomi Redmi Pro ke komputer/laptop dengan menggunakan Kabel USB.
  12. Klik tombol Unlock untuk memulai proses unlock.
  13. Jika sukses akan ada tulisan Unlocked Successfully
  14. Selamat kamu berhasil membuka kunci Bootloader Xiaomi Redmi Pro

Apabila di Mi Unlock tertera “Couldn’t Unlock, After 72 hours of trying to unlock the device” itu berarti harus menunggu selama 72 jam atau 3 hari untuk bisa melakukan Unlock lagi.

Cara Cek Status Unlock Bootloader Redmi Pro

Pastikan sudah mengaktifkan Opsi Pengembang, Caranya masuk Setelan > Tentang Ponsel > Kemudian tap 7 kali pada MIUI Version.
Sekarang masuk menu Opsi Pengembang, Caranya masuk Setelan > Setelan Tambahan > Pilih Opsi Pengembang.
Buka Mi Unlock Status, jika Xiaomi Redmi Pro sudah ter-unlock akan seperti tampak seperti dibawah ini.

Demikianlah artikel Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi Pro. Semoga apa yang di share di blog LinkROM bisa sukses di terapkan di Android kamu. Jangan lupa untuk mengikuti tutorial berikutnya tentang Tips UBL Xiaomi Mi 5C.