Cara Unlock Bootloader Dan Cek Status Xiaomi Mi 5C

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Mi 5C – Kali ini LinkROM.com akan memberikan tutorial tentang cara UBL Xiaomi Mi 5C MIUI 8 / MIUI 9 dan MIUI 10. Xiaomi memutuskan untuk mengunci bootloader semua perangkat android mereka, dan tentunya kita akan lebih sulit untuk melakukan flashing custom ROM. Untuk itu kita harus membuka kunci bootloader Xiaomi Mi 5C terlebih dahulu.

Xiaomi Mi 5C menggunakan mesin terbaik yang dikombinasikan dengan RAM 3GB tentu akan sangat berpengaruh terhadap kinerjanya. Mengadopsi sistem keamanan terbaik bernama fingerprint sensor sangat wajib di bekal kan pada seri smartphone ini.

Baterai besar terkadang membutuhkan waktu pengisian daya yang relatif lama. Namun tak dengan seri Xiaomi mi 5C, baterai smartphone ini di support fitur percepatan pengisian daya bernama fast charging sehingga akan sangat efektif dan cepat saat proses charger.

Dalam hal kamera, Kali ini Xiaomi membekali smartphone mewahnya dengan kamera utama sebesar 12 Megapixel yang mampu menghasilkan foto beresolusi maksimal 5312 x 2988 pixels, kamera tersebut juga dibekali dengan teknologi penstabil gambar (OIS), dan Dual Tone LED Flash yang mampu mengabadikan foto dengan kualitas yang sangat baik, dan dengan warna yang sangat tajam dalam berbagai kondisi pencahayaan terang maupun gelap.

Sedangkan kamera depan sebesar 8 Megapixel yang siap mengabadikan setiap moment selfie brother dengan orang tercinta atau teman-teman tercinta yang pastinya kualitas fotonya sangat baik. Kamera tersebut juga dapat digunakan untuk video call atau merekan video dengan kualitas 1080p@30fps, kualitas kamera sekunder yang lebih baik dibandingkan dengan pendahulunya.

Layar mewah berkualitas terpampang pada sisi desain depan dimana sudah dibekali dengan teknologi IPS LCD capacitive touchscreen berkualitas Full HD mencapai ukuran 1080 x 1920 pixels dengan kerapatan layar ~401 ppi pixel density.

Apa itu Bootloader

Bootloader adalah perangkat lunak yang bertugas untuk mengatur program apa saja yang akan dijalankan saat pertama kali Xiaomi Mi 5C di hidupkan. Intinya Bootloader yang memberikan izin apakah akan me-load system android atau masuk ke recovery ataupuan menjalankan fastboot mode. Bootloader sendiri terbagi dalam 2 macam yakni locked bootloader dan unlocked bootloader.

Pihak XIAOMI sendiri selama ini mendukung para pemilik smartphone bikinannya agar lebih leluasa untuk melakukan modifikasi smartpohne secara mandiri dengan membuka kunci bootloader. XIAOMI mengizinkan para penggunanya untuk mengajukan pembukaan bootloader terlebih dahulu lewat layanan Unlock Bootloader agar nantinya tak digunakan untuk hal negatif.

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Mi 5C

  1. Buat Akun MI terlebih dahulu melalui smartphone Xiaomi kamu.
  2. Aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging.
  3. Caranya Buka SetelanTentang Ponsel – dan klik sebanyak 7x pada tulisan Versi MIUI sampai muncul notifikasi “anda telah menjadi pengembang”.
  4. Buka SetelanSetelan TambahanOpsi Pengembang dan Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock
  5. Pilih menu Status Mi Unlock klik tombol Tambah akun dan Perangkat.
  6. Download File UBL Xiaomi Mi 5C
  7. Extract filenya di PC atau laptop Windows dengan software seperti Winrar atau Winzip
  8. Buka file MiFlashUnlock.exe dan klik Agree untuk konfirmasi disclaimer.
  9. Masukan Akun Mi yang sudah dibuat tadi.
  10. Matikan Xiaomi Mi 5C kamu dan masuk ke Fastboot Mode, Dengan cara dalam keadaan mati kamu tekan dan tahan tombol Power serta Volume Bawah bersamaan sampai masuk ke Fastboot Mode.
  11. Sambungkan Xiaomi Mi 5C ke komputer/laptop dengan menggunakan Kabel USB.
  12. Klik tombol Unlock untuk memulai proses unlock.
  13. Jika sukses akan ada tulisan Unlocked Successfully
    unlocked successfully
  14. Selamat kamu berhasil membuka kunci Bootloader Xiaomi Mi 5C

Jika tertulis “Couldn’t Unlock, After 360 hours of trying to unlock the device” itu berarti harus menunggu selama 360 jam atau 15 hari untuk bisa melakukan Unlock lagi.

Cara Cek Status Unlock Bootloader Xiaomi Mi 5C

Pastikan sudah mengaktifkan Opsi Pengembang, Caranya masuk Setelan > Tentang Ponsel > Kemudian tap 7 kali pada MIUI Version.
Sekarang masuk menu Opsi Pengembang, Caranya masuk Setelan > Setelan Tambahan > Pilih Opsi Pengembang.
Buka Mi Unlock Status, jika Xiaomi Mi 5C sudah ter-unlock akan seperti tampak seperti dibawah ini.
cek status UBL Xiaomi Mi 5C

Baiklah mungkin itu saja tutorial kali ini tentang Cara UBL Xiaomi Mi 5C. Saya harapkan untuk membaca artikel lainnya juga seperti Cara Install TWRP Xiaomi Mi 5C via Fastboot. Semoga informasi yang saya tulis bermanfaat.

Baca Juga
  1. Cara Hard Reset Xiaomi Mi A3 / A2 / A1 via Recovery
  2. Cara Factory / Hard Reset Xiaomi Mi Mix 3
  3. Tutorial Hard / Factory Reset Xiaomi Mi Mix 2 / Mix 2s