Cara / Manfaat / Resiko Root Redmi Note 3 SE Yang Harus Kamu Tahu 1

Cara / Manfaat / Resiko Root Redmi Note 3 SE Yang Harus Kamu Tahu

Cara Root Redmi Note 3 SE – Perangkat Xiaomi populer karena memiliki pengguna yang aktif dalam dalam hal oprek Android. Tak heran memang banyak yang mencari cara agar bisa mendapatkan akses root smartphone ini. Tentunya berbagai metode telah kamu coba tapi selalu mengalami kegagalan.

Di sini saya akan mengulas secara lengkap metode root termudah di Redmi Note 3 SE ini dan juga apa saja kelebihan atau manfaat dan resiko dengan adanya root ini.

Meskipun Redmi Note 3 SE menyasar kelas menengah ke bawah, namun memiliki spesifikasi yang mantap dan desain menarik layaknya HP premium. Material metal dengan pilihan warna Silver, Gray, Gold memberikan kesan lebih mewah serta ukuran dimensi sangat stylish juga memberiklan kemudahan saat di genggam dengan satu tangan.

Smartpohne ini dengan RAM 3 GB dan penyimpanan internal seluas 32 GB. Dua ukuran RAM internal tersebut berfungsi mengelola data maupun aplikasi yang kita miliki dan masih dapat di ekspansi dengan slot MicroSD mencapai ukuran 256GB.

Kamera utama yang akan disokong lensa 16 MP dengan beberapa fitur seperti Phase Detection Autofocus, dual-LED (dual tone) flash, check quality, Features Geo-tagging, touch focus, face/smile detection, HDR, panorama mampu mengabadikan moment untuk berfoto maupun merekam video berkualitas HD. Sementara pada sisi lensa sekunder merupakan lensa ukuran medium dengan ukuran 5MP.

Selain memiliki sensor accelerometer, gyro, proximity, compass serta aplikasi pengirim pesan bawaan berupa SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM. Smartphone akan dilindungi dengan fitur keamanan pemindai sidik jari fingerprint. Keamanan data maupun aplikasi akan kita dapatmkan guna menghindarkan dari tangan jahil tak bertanggung jawab yang ingin membajak phablet.

Redmi Note 3 SE dilengkapi dengan akses internet 4G Cat6 yang mencapai kecepatan hingga 300/50 Mbps saat dipakai untuk mendownload.

Nah untuk lebih mengetahui ulasan berbagai manfaat dan resiko root di Xiaomi Redmi Note 3 ini, silahkan membaca artikel berikut agar lebih yakin saat ingin mencobanya.

Apa itu Root?

Root adalah hak akses ke sistem Android, dengan ini kamu bisa melakukan modifikasi file sistem yang tertanam di HP ini. Kamu bisa menghapus, mengganti, merubah dan sebagainya. Hak akses ini sangat diperlukan oleh aplikasi seperti Titanium Backup, Xposed Framework, Lucky Patcher, Game Guardian dan lain sebagainya.

Manfaat Root Redmi Note 3 SE

  1. Membuat hotspot dengan fitur advance – routing enabled, memilih subnet, mengurangi daya transmisi, menggunakan enkripsi ataupun open, membuat access control list, dsb.
  2. Share screen ke device lain – Dengan ini kita bisa mirror tampilan di smartphone ke PC, smartphone lain, ataupun android TV box. Untuk smartphone samsul dengan app bawaan, root tidak diperlukan. Tapi untuk smartphone lain yang screennya terlock di system, root diperlukan untuk mengakses frame dari screennya. Salah satu app mirroring yang paling mantap adalah mirrorop sender, yang memiliki framerate tertinggi di antara semuanya.
  3. Memakai Custom Gesture – Draw gesture tertentu untuk melakukan action tertentu. Sangat powerful apabila dikombinasi lagi dengan tasker. Penggunaan touchscreen benar2 dimaksimalkan sampai ke batas imajinasi.
  4. Membuat Macro touchscreen – Bisa merekam touch yang sudah dilakukan dan mereplaynya kembali, via repetitiouch. Cukup berbahaya kalau kamu tidak tahu apa resikonya. Tapi sangat berguna kalau kamu ada rutinitas yang perlu dilakukan berulang kali. Contohnya pas ngecheat game, supaya kamu tidak perlu tap berulang2, tinggal rekam dan replay infinitely.
  5. Bisa backup full ROM – Kamu bisa gunakan MDT (khusus CPU mediatek), atau via EFS Pro (khusus CPU Snapdragon). Untuk mendapatkan akses ke seluruh partisi smartphone , pastinya diperlukan akses root. Tanpa root, tidak ada full backup yang bisa dilakukan melalui MDT.

Resiko Root Redmi Note 3 SE

  1. Garansi hilang secara software – kalau kamu klaim dalam kondisi root dan modif. Untuk smartphone tertentu ada yang agak susah untuk dibalikkan ke original. Tapi dalam kebanyakan kasus, semua modif bisa dikembalikan seperti semula.
  2. Memperbesar resiko terjadi error – Pastinya kalau kamu salah memodifikasi, smartphone kamu bisa error.
  3. Memperbesar potensi adanya malware – Apabila kamu sembarangan menginstall aplikasi tentunya akan beresiko masuknya malware. Untuk membersihkannya hanya cukup dengan uninstall app yang dicurigai sebagai malware.

Langkah-langkah Root Xiaomi Mi Note Edge Dengan Magisk

  1. Unduh Official Magisk Root Tool dan Magisk uninstaller (gunakan file ini apabila ingin di unroot dan juga berfungsi untuk atasi bootloop)
  2. Pindahkan kedua file magisk ke Internal storage supaya mudah ditemukan nanti.
  3. Matikan Xiaomi Mi Note Edge, kemudian tekan tombol Volume Atas dan Power bersamaan dan tahan sejenak kemudian lepaskan kalau sudah muncul logo MI.
  4. Kalau prosesnya berhasil akan masuk ke menu TWRP dan pilih Install
  5. Temukan file Magisk-v18.0.zip. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System
  7. Jika muncul permintaan pemasangan SuperSU, pilih Do Not Install

Cara Unroot Magisk

  1. Masuk lagi ke TWRP tekan tombol Power dan Volume Atas lepaskan kalau sudah tampak logo Mi.
  2. Pilih menu Install
  3. Cari dan klik file Magisk-uninstaller-20180113.zip
  4. Pada bagian bawah geser Swipe To Confirm Flash
  5. Kalau sudah selesai Reboot System

Baiklah mungkin itu saja Tutorial kali ini tentang Cara Root Redmi Note 3 SE Tanpa PC. Kalau kamu ingin mencoba ROM MIUIPRO buat REdmi Note 3 SE ini bisa membacanya di ROM MIUIPRO Redmi Note 3 SE.