Cara UBL/Unlock Bootloader Redmi 4A Via ADB Fastboot Tanpa SMS

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 4A – Pada kesempatan kali ini, LinkROM.com akan menjelaskan bagaimana cara membuka bootloader perangkat Xiaomi Redmi 4A secara resmi. Unlock bootloader perlu dilakukan apabila kamu ingin memasang TWRP dan root Xiaomi Redmi 4A.

Redmi 4A ini dari sisi penyimpanan internalnya sudah dibekali dengan penyimpanan internal yang cukup besar dengan menghadirkan penyimpanan internal berukuran 16 GB. Selain fitur penyimpanan internal, kita juga disuguhi memori ekternal yang mampu dipasangi MicroSD mencapai 256 GB. Hanya saja, jika ingin menggunakan MicroSD, kartunya diletakkan ke slot SIM 2.

Panduan Terkait

Dalam hal performa Redmi 4A ini sudah disematkan komposisi hardware yang cukup garang yakni Chipset degan versi Qualcomm Snapdragon 425 yang dipadukan dengan processor Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53 dan GPU Adreno 308.

Apalagi untuk RAMnya sudah dibekali dengan RAM berkapasitas 2 GB RAM. Dengan porsi RAM yang besar ini, kita bisa menjalankan banyak aplikasi ataupun game sekaligus. Artinya kebutuhakn akan multitasking sudah bukan masalah lagi.

Untuk sistem operasinya, Redmi 4A ini menggunakan versi sistem operasi Android Marshmallow dengan antamuka MIUI 8.

Dibekali kamera depan beresolusi 5 Megapixel. Kamera tersebut memiliki lebar aperture f/2.2, sehingga bisa diandalkan ketika berfoto selfie pada kondisi low light.

Kemudian untuk bagian belakang, Xiaomi membekalinya dengan kamera 13 Megapixel yang sama-sama memiliki lebar aperture f/2.2. Jaminan kualitas dari segi hasil akan sangat memuaskan bagi kita yang memiliki smartphone ini.

Memiliki smartphone ini sangat mengasyikan apalagi kalau bisa gonta-ganti ROM. Seperti kita ketahui Redmi 4A disupport oleh para pengembang pihak ke-3 sehingga memiliki berbagai macam custom rom.

Untuk memasang custom rom kamu membutuhkan yang namanya custom recovery TWRP. Sedangkan TWRP itu hanya bisa di pasang kalau Redmi 4A kamu sudah di Unlock Bootloader.

Metode UBL yang saya share ini sangat mudah di pratekan, karena tanpa perlu SMS ke Xiaomi, serta anti mengalami gagal dan tanpa perlu lagi melakukan bypass.

Apa itu Bootloader

Bootloader adalah sebuah kode yang harus dieksekusi sebelum sistem operasi (OS) mulai berjalan, termasuk HP Xiaomi Redmi 4A. Dengan mengunci Bootloader, Xiaomi Redmi 4A kita sepenuhnya berada dalam tanggung jawab XIAOMI, termasuk memberikan update.

Jika smartphone Xiaomi Redmi 4A sudah di-unlock Bootloader-nya, maka tidak akan lagi mendapat dukungan update dan jaminan keamanan langsung dari XIAOMI. Bootloader sendiri terbagi dalam 2 macam yakni locked bootloader dan unlocked bootloader.

Pertanyaannya kemudian adalah kenapa bootloader dikunci oleh Xiaomi? Ini bertujuan agar kamu tidak memasang custom ROM yang bukan buatan XIAOMI.

Manfaatnya jelas adalah garansi smartphone kamu tetap valid, dan juga terhindar dari bricked.

Cara Unlock Bootloader Redmi 4A

  1. Buat Akun MI terlebih dahulu melalui smartphone Xiaomi kamu.
  2. Aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging.
  3. Caranya Buka SetelanTentang Ponsel – dan klik sebanyak 7x pada tulisan Versi MIUI sampai muncul notifikasi “anda telah menjadi pengembang”.
  4. Buka SetelanSetelan TambahanOpsi Pengembang dan Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock
  5. Pilih menu Status Mi Unlock klik tombol Tambah akun dan Perangkat.
  6. Download File UBL Xiaomi
  7. Extract filenya di PC atau laptop Windows dengan software seperti Winrar atau Winzip
  8. Buka file MiFlashUnlock.exe dan klik Agree untuk konfirmasi disclaimer.
  9. Masukan Akun Mi yang sudah dibuat tadi.
  10. Matikan Redmi 4A kamu dan masuk ke Fastboot Mode, Dengan cara dalam keadaan mati kamu tekan dan tahan tombol Power serta Volume Bawah bersamaan sampai masuk ke Fastboot Mode.
  11. Sambungkan Xiaomi Redmi 4A ke komputer/laptop dengan menggunakan Kabel USB.
  12. Klik tombol Unlock untuk memulai proses unlock.
  13. Jika sukses akan ada tulisan Unlocked Successfully
  14. Selamat kamu berhasil membuka kunci Bootloader Xiaomi Redmi 4A

Kalau mengalami kegagalan seperti ini “Couldn’t Unlock, After 720 hours of trying to unlock the device” itu berarti harus menunggu selama 720 jam atau 30 hari untuk bisa melakukan UBL lagi.

Cara Cek Status Unlock Bootloader Redmi 4A

Pastikan sudah mengaktifkan Opsi Pengembang, Caranya masuk Setelan > Tentang Ponsel > Kemudian tap 7 kali pada MIUI Version.
Sekarang masuk menu Opsi Pengembang, Caranya masuk Setelan > Setelan Tambahan > Pilih Opsi Pengembang.
Buka Mi Unlock Status, jika Xiaomi Redmi 4A sudah ter-unlock akan seperti tampak seperti dibawah ini.

Nah selesai sudah postingan Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 4A. Jika masih bingung, silahkan bertanya di kolom komentar dan juga silahkan untuk share ke teman atau membaca tutorial berikutnya tentang Unlock Bootloader Xiaomi Mi Max Prime. Selamat mencoba!.