Cara Root Xiaomi Redmi Note 3 MTK [Hennessy] MIUI 7 / 8 / 9 via Magisk

Cara Root Redmi Note 3 MTK – Di siang hari yang terik ini saya akan memberikan tutorial tentang bagaimana cara mendapatkan akses root pada Redmi Note 3 MTK. Setiap orang menggunakan perangkat Android dengan bermacam-macam tujuanya ada yang cuma buat bermain game, menyimpan file penting, telponan sama pacar. Bahkan ada yang lebih ekstrim lagi seperti install custom rom, overclock CPU, memodifikasi systemUI, dan masih banyak lagi.

Untuk melakukan itu ada persyaratan khusus dimana Xiaomi Redmi Note 3 MTK harus sudah di root terlebih dahulu. Untuk root di Xiaomi Redmi Note 3 MTK sebenarnya sama saja dengan proses ngeroot di Redmi Note 5 Pro yang bisa kita gunakan dan disini saya share lagi beberapa metode yang cukup ampuh untuk membuka akses root Android ini.

Panduan Terkait

Komponen hardware yang di tanamkan pada smartphone ini memang tergolong paling tinggi di kelasnya. Padalah harga Xiaomi Redmi Note 3 MTK termahal dibanderol sekitar 2 Jutaan atau bisa di katakan tidak berbeda jauh dari Redmi Note 2. Dimana sudah disediakan versi RAM 2 GB yang dibekali penyimpanan internal 16 GB, dan versi termahal yang memiliki RAM 3 GB dengan penyimpanan internal 32 GB. Sehingga terbukti smartphone ini memiliki spesifikasi lebih canggih dan lebih powerfull.

Selain mengandalkan dapur pacu powerfull dan body full metal yang dilengkapi sensor sidik jari, Xiaomi Redmi Note 3 MTK juga mengandalkan kamera untuk menarik minat pecinta gadget di seluruh dunia. Yang mana sudah tersedia dual kamera beresolusi tinggi, untuk kamera belakang terdapat 13 MP dan kamera depan 5 MP. Jadi anda jangan heran apabila harga Xiaomi Redmi Note 3 MTK dibanderol sedikit lebih mahal dibandingkan pendahulunya. Walaupun lebih mahal, namun kamu mendapatkan smartphone dengan tampilan lebih premium dan dibekali teknologi lebih canggih.
.

Arti Root

Definisi root secara sederhana dapat dijelaskan sebagai sistem akun yang memberikan akses penuh terhadap sistem file perangkat Android. Atau disebut juga sebagai akses super user yang merupakan hak akses tertinggi dalam sistem operasi Android. Dengan melakukan root, maka kamu pengguna Redmi Note 3 MTK memegang penuh hak atas akses dan eksuksi file, aplikasi, dan semua bagian piranti lunak Android.

Manfaat Root Redmi Note 3 MTK

  1. Mengetahui Password wifi dari SSID yang pernah disave – Kalau smartphone kita sudah root, kita bisa melihat password yang tadi dia input. Kalau tadi dia input di PC, tinggal pilih show password sudah nampak. Kalau di smartphone wajib root dulu.
  2. Mount External Drive sebagai internal – Dengan Mountfs, kita bisa mount folder sharing dari Windows, FTP maupun SFTP (SSH) server layaknya seperti sdcard di smartphone . Sehingga selama kamu masih bisa konek ke folder sharing tadi, itu ibaratnya kita membawa harddisk eksternal di smartphone kita ke mana2. Tentunya lebih efektif kalau kamu masih berada di jaringan lokal wifi sendiri, dimana akses wifi mencakup keseluruhan rumah.
  3. Auto reply app chatting – Dengan memakai kombinasi tasker (dan autoinput), hampir semua app chatting bisa diset auto reply. Sehingga tidak perlu bersusah payah untuk merogoh smartphone mengetikkan kata-kata Saya sedang sibuk, Lagi mengemudi ataupun Lagi meeting. Semua nya sudah bisa dibuat otomatis.
  4. Menginstall Viper4android – Untuk membuat suara speaker maupun headset menjadi berefek seperti di studio. Bisa digabungin lagi dengan library dolby dari smartphone lain.
  5. Bisa backup full ROM – Kamu bisa gunakan MDT (khusus CPU mediatek), atau via EFS Pro (khusus CPU Snapdragon). Untuk mendapatkan akses ke seluruh partisi smartphone , pastinya diperlukan akses root. Tanpa root, tidak ada full backup yang bisa dilakukan melalui MDT.

Resiko Root Redmi Note 3 MTK

  1. Garansi hilang secara software – kalau kamu klaim dalam kondisi root dan modif. Untuk smartphone tertentu ada yang agak susah untuk dibalikkan ke original. Tapi dalam kebanyakan kasus, semua modif bisa dikembalikan seperti semula.
  2. Memperbesar resiko terjadi error – Pastinya kalau kamu salah memodifikasi, smartphone kamu bisa error.
  3. Memperbesar potensi adanya malware – Apabila kamu sembarangan menginstall aplikasi tentunya akan beresiko masuknya malware. Untuk membersihkannya hanya cukup dengan uninstall app yang dicurigai sebagai malware.

Persyaratan

Untuk mendapatkan akses root dengan menggunakan Magisk, kamu membutuhkan custom recovery TWRP yang sudah terpasang di Hennessy. Kalau belum silahkan ikuti prosedur pemasangan TWRP Redmi Note 3 versi Mediatek ini.

Cara Root Redmi Note 3 MTK “Hennessy” Dengan Magisk

  1. Unduh Official Magisk Root Tool dan Magisk uninstaller (gunakan file ini apabila ingin di unroot dan juga berfungsi untuk atasi bootloop)
  2. Pindahkan kedua file magisk ke Internal storage supaya mudah ditemukan nanti.
  3. Matikan Redmi Note 3 MTK, kemudian tekan tombol Volume Atas dan Power bersamaan dan tahan sejenak kemudian lepaskan kalau sudah muncul logo MI.
  4. Kalau prosesnya berhasil akan masuk ke menu TWRP dan pilih Install
  5. Temukan file Magisk-v17.0.zip. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System
  7. Jika muncul permintaan pemasangan SuperSU, pilih Do Not Install

Cara Unroot Magisk

  1. Masuk lagi ke TWRP tekan tombol Power dan Volume Atas lepaskan kalau sudah tampak logo Mi.
  2. Pilih menu Install
  3. Cari dan klik file Magisk-uninstaller-20180113.zip
  4. Pada bagian bawah geser Swipe To Confirm Flash
  5. Kalau sudah selesai Reboot System

Penutup

Itulah cara melakukan root smartphone Android Xiaomi Redmi Note 3 MTK. Jika kamu masih bingung, kamu bisa bertanya di kolom komentar. Selamat mencoba!

Leave a Comment