Cara Root Xiaomi Mi 4s via Magisk Manfaat dan Resiko 1

Cara Root Xiaomi Mi 4s via Magisk Manfaat dan Resiko

Cara Root Xiaomi Mi 4s – Di siang hari yang terik ini saya akan memberikan tutorial tentang bagaimana cara mendapatkan akses root pada Xiaomi Mi 4s. Setiap orang menggunakan perangkat Android dengan bermacam-macam tujuanya ada yang cuma buat mendengarkan lagu, install aplikasi, video call dengan orang tua. Bahkan ada yang lebih ekstrim lagi seperti install custom rom, overclock CPU, memodifikasi systemUI, dan masih banyak lagi.

Untuk melakukan hal di atas ada persyaratan khusus dimana Xiaomi Mi 4s harus sudah di root terlebih dahulu. Untuk root di Xiaomi Mi 4s sebenarnya sama saja dengan proses ngeroot di Xiaomi Redmi 5 yang bisa kita gunakan dan disini saya share lagi beberapa metode yang cukup ampuh untuk membuka akses root Android ini.

Smartphone Xiaomi yang satu ini boleh dikatakan tidak semahal smartphone flagship besutan vendor-vendor ternama, seperti halnya Samsung, Sony, HTC maupun LG. Pilihan warna yang diberikan juga banyak, kamu bisa memilih Xiaomi Mi 4s berwarna White, Black, Pink dan Gold.

Smartphone ini menggunakan Sistem operasi Android OS, v5.1 (Lollipop) dengan balutan Antamuka MIUI 8. Untuk teknolgi Chipsetnya menggunaakan Chipset Qualcomm MSM8992 Snapdragon 808 dengan kombinasi CPU prosesor Hexa-core (4×1.4 GHz Cortex-A53 dan 2×1.8 GHz Cortex-A57) dan GPU Adreno 418.

Arti Root

Root adalah sebuah tindakan proses untuk mengizinkan pengguna smartphone pintar seperti tablet, dan perangkat lain yang berjalan pada system operasi Android untuk mendapatkan penggunaan yang lebih maksimal yang biasa dikenal sebagai akses root pada berbagai perangkat Android. Root dilakukan untuk mendapatkan hak akses yang lebih tinggi yang kini telah dibatasi oleh XIAOMI pada beberapa perangkat smartphone mereka seperti Xiaomi Mi 4s.

Manfaat Root Xiaomi Mi 4s

  1. Menghapus bloatware – sehingga tidak running di background maupun makan memory
  2. Tweak CPU scaling governor – Bisa ditweak supaya CPU selalu running top perfomance, atau power save mode dengan cara set max dan min frequency. Bisa juga suspend/sleep beberapa corenya dengan tujuan menghemat batere.
  3. Emulate GPU – Menurunkan kualitas grafik demi perfomance. Lewat GLTools, kita bisa emulate GPU lain, meskipun secara hardware beda GPU. Ini tentunya berguna jika ada game yang didesain hanya untuk GPU tertentu, sementara smartphone kita memakai GPU tipe lain. GLTools juga bisa digunakan untuk nurunin kualitas gambar/resolusi warna, supaya perfomance/fps nya naik.
  4. Mengubah prioritas Default App dan Share – Ini bisa dicapai dengan menggunakan Xposed Module Complete Action Plus. Jadi kamu bisa menyembunyikan default app yang menjadi terlalu panjang untuk discroll karena sudah install banyak app. Default share juga bisa ditata ulang supaya app share favorit kamu berada di list paling atas.
  5. Speedup ataupun slowmo – Untuk beberapa game yang menggunakan clock system, kecepatan game bisa dihack sehingga menjadi sangat cepat, sehingga progress lebih cepat selesai (misalnya bangun tower defense lebih cepat selesai). Atau untuk game yang memerlukan respon yang cepat, bisa diperlambat, sehingga lebih gampang melewatin momen2 critical, contohnya di game runner ataupun puzzle yang ada timernya.
  6. Unlock LTE full band – Hanya berlaku untuk chipset yang sudah support full band dari awal. Contohnya SoC Qualcomm yang sudah support RF360 Gobi Multimode atau modem X series. Secara hardware SoC nya sudah support semua band, tinggal unlock dari firmware.

Resiko Root Xiaomi Mi 4s

  1. Garansi hilang secara software – kalau kamu klaim dalam kondisi root dan modif. Untuk smartphone tertentu ada yang agak susah untuk dibalikkan ke original. Tapi dalam kebanyakan kasus, semua modif bisa dikembalikan seperti semula.
  2. Memperbesar resiko terjadi error – Pastinya kalau kamu salah memodifikasi, smartphone kamu bisa error.
  3. Memperbesar potensi adanya malware – Apabila kamu sembarangan menginstall aplikasi tentunya akan beresiko masuknya malware. Untuk membersihkannya hanya cukup dengan uninstall app yang dicurigai sebagai malware.

Langkah-langkah Root Xiaomi Mi 4s Dengan Magisk

  1. Unduh Official Magisk Root Tool dan Magisk uninstaller (gunakan file ini apabila ingin di unroot dan juga berfungsi untuk atasi bootloop)
  2. Pindahkan kedua file magisk ke Internal storage supaya mudah ditemukan nanti.
  3. Matikan Xiaomi Mi 4s, kemudian tekan tombol Volume Atas dan Power bersamaan dan tahan sejenak kemudian lepaskan kalau sudah muncul logo MI.
  4. Kalau prosesnya berhasil akan masuk ke menu TWRP dan pilih Install
  5. Temukan file Magisk-v17.0.zip. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System
  7. Jika muncul permintaan pemasangan SuperSU, pilih Do Not Install

Cara Unroot Magisk

  1. Masuk lagi ke TWRP tekan tombol Power dan Volume Atas lepaskan kalau sudah tampak logo Mi.
  2. Pilih menu Install
  3. Cari dan klik file Magisk-uninstaller-20180113.zip
  4. Pada bagian bawah geser Swipe To Confirm Flash
  5. Kalau sudah selesai Reboot System

Penutup

Itulah cara melakukan root smartphone Android Xiaomi Mi 4s. Jika kamu masih bingung, kamu bisa bertanya di kolom komentar. Selamat mencoba!

Leave a Reply