Cara Root Xiaomi Redmi 5 “Rosy”

Cara Root Redmi 5 MIUI 9 / 10 – Di pagi yang cerah ini saya akan memberikan tutorial tentang bagaimana cara mendapatkan akses root pada Redmi 5. Setiap orang menggunakan perangkat Android dengan bermacam-macam tujuanya ada yang cuma buat bermain game, mengabadikan momen dengan kamera, video call dengan orang tua. Bahkan ada yang lebih ekstrim lagi seperti install custom rom, overclock CPU, memodifikasi systemUI, dan masih banyak lagi.

Untuk melakukan itu ada persyaratan khusus dimana Xiaomi Redmi 5 harus sudah di root terlebih dahulu. Untuk root di Xiaomi Redmi 5 sebenarnya sama saja dengan proses ngeroot di Xiaomi Redmi Note 5 yang bisa kita gunakan dan disini saya share lagi beberapa metode yang cukup ampuh untuk membuka akses root Android ini.

Redmi 5 yang dibawa sang generasi penerus dijamin tidak kalah gahar bila dibandingkan dengan sang pendahulu yang telah lebih dulu diperkenalkan. Mesin masih sama akan mengandalkan tipe yang juga dipakai oleh Redmi 4 yakni Snapdragon 625 namun dipastikan smartphone Redmi 5 akan hadir dengan 2 varian RAM dan Internal yang berbeda berukuran 3 GB serta 4GB RAM. Sedangkan Internal akan menggunakan internal berkapasitas 32GB serta 64GB.

Selain terjadi perubahan dibeberapa lini, Redmi 5 akan dibekali dengan kamera super canggih yang berguna sebagai kamera saku saat kita sedang bepergian dan ingin mengabadikan moment berharga yang dimiliki. Lensa beresolusi 16 MP untuk kamera utama serta 8MP yang terdapat kamera sekunder memberikan jaminan kualitas hasil foto saat membidik objek foto yang di ambil.

Kualitas fot dari kamera bawaan Redmi 5 ini bagi sebagian pengguna merasa kurang dan mereka biasanya akan menggantinya dengan Google Camera Mod yang memiliki fitur canggih.

Untuk memasang Google Camera ini, kamu harus melakukan root terlebih dahulu. Bagi kalian yang memang berkeinginan untuk root Redmi 5 ini, bisa mengikuti panduan lengkap dari saya dibawah ini.

Arti Root

Root adalah sebuah tindakan proses untuk mengizinkan pengguna smartphone pintar seperti tablet, dan perangkat lain yang berjalan pada system operasi Android untuk mendapatkan penggunaan yang lebih maksimal yang biasa dikenal sebagai akses root pada berbagai perangkat Android. Root dilakukan untuk mendapatkan hak akses yang lebih tinggi yang kini telah dibatasi oleh XIAOMI pada beberapa perangkat smartphone mereka seperti Redmi 5.

Manfaat Root Redmi 5

  1. Mengetahui Password wifi dari SSID yang pernah disave – Kalau smartphone kita sudah root, kita bisa melihat password yang tadi dia input. Kalau tadi dia input di PC, tinggal pilih show password sudah nampak. Kalau di smartphone wajib root dulu.
  2. SMB server – Membuat folder sharing yang bisa discan dan akses langsung dari windows network. Berbeda dengan FTP yang biasanya memerlukan caching ke temporary folder ataupun browser, SMB share bisa langsung diedit layaknya harddisk eksternal. Perlu root, karena protocol SMB wajib menggunakan priveleged port 137, 138, 139 dan 445.
  3. Mapping bluetooth gamepad – Supaya kamu bisa memakai bluetooth gamepad untuk game2 yang tidak support native gamepad sekalipun. Untuk pairing gamepadnya tidak perlu root, dan beberapa game yang sudah support native bluetooth gamepad tidak perlu root. Contohnya emulator PS1 (epsxe), PSP (PPSSPP) dan berbagai game lainnya. Sedangkan untuk game yang tidak support (kebanyakan game lain), perlu dimap manual via gamekeyboard sejenis, yang pastinya butuh root untuk bisa mapping hardware keynya.
  4. Membuat Macro touchscreen – Bisa merekam touch yang sudah dilakukan dan mereplaynya kembali, via repetitiouch. Cukup berbahaya kalau kamu tidak tahu apa resikonya. Tapi sangat berguna kalau kamu ada rutinitas yang perlu dilakukan berulang kali. Contohnya pas ngecheat game, supaya kamu tidak perlu tap berulang2, tinggal rekam dan replay infinitely.
  5. Purchase IAP secara free – Untuk beberapa app/games tertentu. Pastinya dilakukan dengan freedom, yang berfungsi sebagai proxy IAP untuk app Freemium, sehingga bisa unlock content yang sebenarnya sudah ada, hanya saja terhalang IAP

Resiko Root Redmi 5

  1. Garansi hilang secara software – kalau kamu klaim dalam kondisi root dan modif. Untuk smartphone tertentu ada yang agak susah untuk dibalikkan ke original. Tapi dalam kebanyakan kasus, semua modif bisa dikembalikan seperti semula.
  2. Memperbesar resiko terjadi error – Pastinya kalau kamu salah memodifikasi, smartphone kamu bisa error.
  3. Memperbesar potensi adanya malware – Apabila kamu sembarangan menginstall aplikasi tentunya akan beresiko masuknya malware. Untuk membersihkannya hanya cukup dengan uninstall app yang dicurigai sebagai malware.

Untuk cara root di Redmi 5 ini kita membutuhkan custom recovery TWRP, Bagi yang belum pasang bisa ikuti panduannya di postingan Cara Install TWRP Redmi 5 “Rosy”.

Cara Root Redmi 5 (Rosy) Dengan Magisk

  1. Unduh Official Magisk Root Tool dan Magisk uninstaller (gunakan file ini apabila ingin di unroot dan juga berfungsi untuk atasi bootloop)
  2. Pindahkan kedua file Magisk tersebut ke Internal storage supaya mudah ditemukan nanti. Lebih direkomendasikan tempatkan di Memory Card.
    magisk file
  3. Sekarang matikan Redmi 6 terlebih dahulu dan biarkan beberapa detik, kemudian tekan tombol Volume Atas dan Power bersamaan dan tahan sejenak kemudian lepaskan kalau sudah muncul logo MI.
    twrp xiaomi redmi 5
  4. Kalau prosesnya berhasil akan masuk ke menu TWRP dan pilih menu Install yang ada dibagian atas.
    menu install twrp
  5. Temukan file Magisk-v18.0.zip. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
    temukan file magisk di twrp
  6. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System. Jika muncul permintaan pemasangan SuperSU, pilih Do Not Install
    tombol reboot sistem twrp

Itulah cara melakukan root smartphone Android Xiaomi Redmi 5. Jika kamu masih bingung, kamu bisa bertanya di kolom komentar. Selamat mencoba!

Leave a Reply