Mengenal Metode Root Xiaomi Mi 6X serta Manfaat dan Resiko 1

Mengenal Metode Root Xiaomi Mi 6X serta Manfaat dan Resiko

Cara Root Xiaomi Mi 6X – Mungkin saat ini kamu baru saja memiliki Xiaomi Mi 6X dan terbesit keinginan untuk membuka akses rootnya agar bisa menyembunyikan lokasi untuk digunakan di OJOL. Sebenarnya Perangkat Android tidaklah terlalu sulit dan berbelit untuk proses rootnya sama halnya dengan smartphone Xiaomi Redmi 6 tidak menggunakan laptop. Untuk lebih lengkapnya proses root di Xiaomi Mi 6X, silahkan lihat ikuti instruksinya di bawah ini.

Xiaomi pertama kali memulai debut internasionalnya di Singapura dan serta beberapa negara Asia Tenggara lainnya. Markas internasional juga akan dibangun di Singapura, yang akan mengkoordinasikan semua kegiatan termasuk peluncuran smartphone di wilayah tersebut pada masa yang akan datang.

Indonesia yang saat ini mulai menjadi salah satu vendor paling di gemari yakni Xiaomi ynag mulai ramai pemasaran nya dalam beberapa tahun ini di kota kota besar.

Sampai saat ini sudah ada berbagai smartphone Xiaomi generasi pertama hingga kali terakhir merilis series Xiaomi MI6. seperti Xiaomi Mi6, Xiaomi Mi6c, serta Xiaomi Redmi Note 6 merupakan beberapa HP Xiaomi yang dihadirkan pada awal tahun 2017. Selain seri nama tersebut terdapat nama lain yang belum kami ulas yakni Xiaomi Mi 6X, Phablet berkualitas yang juga akan masuk dalam kategori smartphone flaghsip terbaik.

Kehandalan smartphone ini tidak usah di ragukan lagi meskipun begitu banyak juga yang ingin memodifikasi Mi 6X ini, berbagai metode root telah mereka coba tapi berakhir dengan kegagalan.

Disini saya akan memberikan tutorial metode root yang sukses di Mi 6X ini tapi sebelum mencobanya sebaiknya kamu mengerti tentang root serta manfaat dan resiko yang akan ditimbulkannya.

Apa Arti Root itu?

Istilah Root sangat akrab bagi para pengguna Linux dan perlu kamu ketahui Android menggunakan source code Linux. Root sendiri merupakan sebuah akun yang ada pada perangkat Linux yang digunakan administrasi sistem. Hal ini menandakan bahwa Rooting merupakan sebuah langkah untuk mendapatkan akses admin sistem sehingga tidak ada lagi akses yang dibatasi. Dengan akses root, pengguna bisa melakukan akses apa pun pada sebuah perangkat, sampai dengan mengganti ROM dan Kernel Xiaomi Mi 6X.

Manfaat Root Xiaomi Mi 6X

  1. Menghapus bloatware – sehingga tidak running di background maupun makan memory
  2. wallpaper
  3. Merubah hardware key – Swap tombol back dengan menu. Ganti ulang semua coding tombol hardware, matiin LED, matiin Hardware key dan backlightnya.
  4. Mengubah tampilan per app – Bisa Customize tampilan chrome jadi tablet version, ataupun besarin ukuran font untuk BBM, Lock orientation pas baca pdf, dan lain sebagainya.
  5. Pause game – Terutama untuk game puzzle yang memiliki timer, sehingga kita punya banyak waktu untuk mencari solusinya.
  6. Bisa backup melalui Titanium Backup – Backup dan restore bawaan sebenarnya sudah cukup mantap. Hanya saja fiturnya terbatas. Titanium backup memiliki segudang fitur yang membuatnya app wajib bagi yang uda root. Contohnya multi backup profile, filter, labeling, scheduling, attach note, protect backup, dan masih banyak lainnya

Resiko Root Xiaomi Mi 6X

  1. Garansi hilang secara software – kalau kamu klaim dalam kondisi root dan modif. Untuk smartphone tertentu ada yang agak susah untuk dibalikkan ke original. Tapi dalam kebanyakan kasus, semua modif bisa dikembalikan seperti semula.
  2. Memperbesar resiko terjadi error – Pastinya kalau kamu salah memodifikasi, smartphone kamu bisa error.
  3. Memperbesar potensi adanya malware – Apabila kamu sembarangan menginstall aplikasi tentunya akan beresiko masuknya malware. Untuk membersihkannya hanya cukup dengan uninstall app yang dicurigai sebagai malware.

Sebelum mengikuti tutorial root Mi 6X ini, kamu harus sudah Unlock Bootloader dan terinstall Custom Recovery TWRP.

Proses Root Xiaomi Mi 6X Dengan Magisk

  1. Unduh Official Magisk Root Tool dan Magisk uninstaller (gunakan file ini apabila ingin di unroot dan juga berfungsi untuk atasi bootloop)
  2. Pindahkan kedua file magisk ke Internal storage supaya mudah ditemukan nanti.
  3. Matikan Xiaomi Mi 6X, kemudian tekan tombol Volume Atas dan Power bersamaan dan tahan sejenak kemudian lepaskan kalau sudah muncul logo MI.
  4. Kalau prosesnya berhasil akan masuk ke menu TWRP dan pilih Install
  5. Temukan file Magisk-v16.0.zip. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System
  7. Jika muncul permintaan pemasangan SuperSU, pilih Do Not Install

Cara Unroot Magisk

  1. Masuk lagi ke TWRP tekan tombol Power dan Volume Atas lepaskan kalau sudah tampak logo Mi.
  2. Pilih menu Install
  3. Cari dan klik file Magisk-uninstaller-20180113.zip
  4. Pada bagian bawah geser Swipe To Confirm Flash
  5. Kalau sudah selesai Reboot System

Itulah cara mudah untuk root Xiaomi Mi 6X yang bisa kamu lakukan tanpa menggunakan PC.

Leave a Reply