Cara Unlock Bootloader / UBL Xiaomi Redmi 4X (Santoni) MIUI 9 / 10

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 4X – Pada kesempatan kali ini, LinkROM.com akan menjelaskan bagaimana cara membuka bootloader perangkat Xiaomi Redmi 4X secara resmi. Unlock bootloader perlu dilakukan apabila kamu ingin memasang TWRP dan root Xiaomi Redmi 4X.

Semua smartphone Xiaomi kelas menengah dibekali dengan kamera belakang dengan resolusi 13 MP. Demikian juga dengan Redmi 4X ini. Lensa 13 MP yang masih akan di support fitur lensa f/2.0, Phase Detection Autofocus, LED flash. Hal yang memberikan hasil lebih baik saat mengabadikan moment berharga yang dimiliki.

Terdapat pula lensa sekunder 5MP sebagai salah satu fitur kamera sekunder Xiaomi REdmi 4X. Lensa yang dapat dimanfaatkan sebagai alat selfie danm komunikasi videi call. Kamera yang akan berjalan dengan daya baterai berkapasitas 4100 mAh jenis baterai tanam yang menyatu dengan desain bodi.

Fitur konektivitas lengkap USB, Bluetooth, GPS serta Wifi memberikan kemudahan saat beraktifitas memakai ponsel. Micro USB serta Bluetooth, A2DP, LE yang bermanfaat saat proses transfer data. GPS seri with A-GPS, GLONASS, BDS mampu menunjukkan lokasi lebih tepat ketika kamui sedang travellling serta WiFi, Hotspot yang di aman fitur seperti ini dapat berguna sekali dengan aktifitas yang berhubungan dengan internet.

Apa itu Bootloader

Bootloader adalah sebuah perangkat lunak yang dijalankan saat Xiaomi Redmi 4X dinyalakan. Perangkat lunak ini bertanggung jawab menentukan program apa saja yang dimuat saat Xiaomi Redmi 4X menyala. Karena fungsinya yang krusial, bootloader biasanya berada pada memori (ROM) tersendiri, terpisah dari memori yang digunakan oleh sistem operasi Android. Bootloader sendiri terbagi dalam 2 macam yakni locked bootloader dan unlocked bootloader.

Keuntungan memiliki Xiaomi Redmi 4X yang telah unlocked bootloader, kamu bisa dengan leluasa meng-install custom ROM seperti ViperOS. Tapi jika ternyata bootloader kamu terkunci, maka harus meng-unlock bootloader-nya dulu.

Cara Unlock Bootloader Redmi 4X

  1. Buat Akun MI terlebih dahulu melalui smartphone Xiaomi kamu.
  2. Aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging.
  3. Caranya Buka SetelanTentang Ponsel – dan klik sebanyak 7x pada tulisan Versi MIUI sampai muncul notifikasi “anda telah menjadi pengembang”.
  4. Buka SetelanSetelan TambahanOpsi Pengembang dan Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock
  5. Pilih menu Status Mi Unlock klik tombol Tambah akun dan Perangkat.
  6. Download File UBL Xiaomi
  7. Extract filenya di PC atau laptop Windows dengan software seperti Winrar atau Winzip
  8. Buka file MiFlashUnlock.exe dan klik Agree untuk konfirmasi disclaimer.
  9. Masukan Akun Mi yang sudah dibuat tadi.
  10. Matikan Redmi 4X kamu dan masuk ke Fastboot Mode, Dengan cara dalam keadaan mati kamu tekan dan tahan tombol Power serta Volume Bawah bersamaan sampai masuk ke Fastboot Mode.
  11. Sambungkan Xiaomi Redmi 4X ke komputer/laptop dengan menggunakan Kabel USB.
  12. Klik tombol Unlock untuk memulai proses unlock.
  13. Jika sukses akan ada tulisan Unlocked Successfully
    unlocked successfully
  14. Selamat kamu berhasil membuka kunci Bootloader Xiaomi Redmi 4X

Jika tertulis “Couldn’t Unlock, After 360 hours of trying to unlock the device” itu berarti harus menunggu selama 360 jam atau 15 hari untuk bisa melakukan Unlock lagi.

Cara Cek Status Unlock Bootloader Redmi 4X

Pastikan sudah mengaktifkan Opsi Pengembang, Caranya masuk Setelan > Tentang Ponsel > Kemudian tap 7 kali pada MIUI Version.
Sekarang masuk menu Opsi Pengembang, Caranya masuk Setelan > Setelan Tambahan > Pilih Opsi Pengembang.
Buka Mi Unlock Status, jika Xiaomi Redmi 4X sudah ter-unlock akan seperti tampak seperti dibawah ini.
cek status UBL Xiaomi Redmi 4X

Demikianlah artikel Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 4X MIUI 9 / 10. Semoga apa yang di share di blog LinkROM bisa sukses di terapkan di Android kamu. Jangan lupa untuk mengikuti tutorial berikutnya tentang Tips UBL Xiaomi Mi Note 2.

Posting terkait: