Manfaat dan Resiko Root Xiaomi Redmi Note 4X Menggunakan Magisk 1

Manfaat dan Resiko Root Xiaomi Redmi Note 4X Menggunakan Magisk

Cara Root Redmi Note 4X – Bulan kemarin saya sudah membahas prosedur root tanpa PC Xiaomi Mi 5C dan sekarang kita akan mencoba mendapatkan akses root pada salah satu perangkat Android XIAOMI yaitu Xiaomi Redmi Note 4X. Tujuan orang melakukan root bermacam-macam, meskipun ada konsekuensi yang harus mereka hadapi setelah melakukan rooting. Proses root di XIAOMI tidaklah jauh berbeda dengan yang lain. Kalian bisa mengikuti tutorial ini dengan kalau memang berniat ingin membuka akses root Xiaomi Redmi Note 4X.

Redmi Note 4X mengusung layar berukuran 5,5 inci yang berteknologi IPS LCD Capacitive yang responsif terhadap semua sentuhan. Menariknya layar tersebut berkualitas full HD mencapai resolusi 1080 x 1920 pixels yang cocok digunakan untuk bermain game berkualitas 3D. Bahan material berkualitas yang kokoh namun tetap ringan memberikan efek aman terhadap jeroan yang di balut bodi.

Dalm hal performa Redmi Note 4X ini menandalkan Chipset Qualcomm MSM8976 Snapdragon 653 Octa-core berkecepatan 1,9 GHz yang merupakan pengembangan dari smartphone sebelumnya. Dengan GPU Adreno 510 memberikan efek ringan disaat membuka aplikasi tanpa harus menutup aplikasi lain yang telah berjalan.

Menariknya smartphone ini telah mengadopsi sistem pengoperasian berbasis android marsmallow dan saat ini sudah mendapatkan update ke Android Nougat.

Arti Root

Arti kata Root merupakan istilah di OS Linux yang bearti admin atau Superuser yang memiliki kuasa penuh dalam mengatur sebuah sistem. Berhubung Android berasal dari Linux maka kata root sering digunakan. Dengan menjadikan kita SuperUser kita bisa memodifikasi, mengizinkan, mengakses, menghapus file yang ada di sistem Android.

Manfaat Root Redmi Note 4X

  1. 3rd party app di safe mode – dengan mengconvert 3rd party app menjadi system app, maka kita bisa menggunakannya dalam kondisi safe mode sekalipun. Ataupun bisa diakalin dengan quick setting dari Gravity box.
  2. wallpaper
  3. Undelete file yang terhapus – Mengembalikan file yang tidak sengaja terhapus dari sdcard, tanpa bantuan PC. Untuk mengakses keseluruhan MBR dari sdcard diperlukan akses root. File yang bisa diundelete tergantung jumlah free memory di sdcard, lama file dihapus (kalau barusan terhapus, lebih besar kemungkinan bisa direcover).
  4. Mengubah prioritas Default App dan Share – Ini bisa dicapai dengan menggunakan Xposed Module Complete Action Plus. Jadi kamu bisa menyembunyikan default app yang menjadi terlalu panjang untuk discroll karena sudah install banyak app. Default share juga bisa ditata ulang supaya app share favorit kamu berada di list paling atas.
  5. Cheat game – via game killer, hex editor, sqlite editor. Anda bisa buat score dari Candy Crush jadi 2.147.483.647, Stat di chaos ring 2 jadi 9999, unlimited money, unlimited items. Ataupun hanya sekedar mengintip jawaban kuis logo/tebak2an di database SQL nya.
  6. Unlock limitasi network dari vendor – Misalnya kecepatan network yang dibatasin hingga speed tertentu bisa dibuka hingga speed maksimal.

Resiko Root Redmi Note 4X

  1. Garansi hilang secara software – kalau kamu klaim dalam kondisi root dan modif. Untuk smartphone tertentu ada yang agak susah untuk dibalikkan ke original. Tapi dalam kebanyakan kasus, semua modif bisa dikembalikan seperti semula.
  2. Memperbesar resiko terjadi error – Pastinya kalau kamu salah memodifikasi, smartphone kamu bisa error.
  3. Memperbesar potensi adanya malware – Apabila kamu sembarangan menginstall aplikasi tentunya akan beresiko masuknya malware. Untuk membersihkannya hanya cukup dengan uninstall app yang dicurigai sebagai malware.

Root Redmi 4X menggunakan Magisk membutuhkan custom recovery TWRP. Lihat disini untuk cara install TWRP di Redmi 4X ini.

Cara Root Redmi Note 4X Dengan Magisk

  1. Unduh Official Magisk Root Tool dan Magisk uninstaller (gunakan file ini apabila ingin di unroot dan juga berfungsi untuk atasi bootloop)
  2. Pindahkan kedua file magisk ke Internal storage supaya mudah ditemukan nanti.
  3. Matikan Redmi Note 4X, kemudian tekan tombol Volume Atas dan Power bersamaan dan tahan sejenak kemudian lepaskan kalau sudah muncul logo MI.
  4. Kalau prosesnya berhasil akan masuk ke menu TWRP dan pilih Install
  5. Temukan file Magisk-v17.0.zip. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System
  7. Jika muncul permintaan pemasangan SuperSU, pilih Do Not Install

Cara Unroot Magisk

  1. Masuk lagi ke TWRP tekan tombol Power dan Volume Atas lepaskan kalau sudah tampak logo Mi.
  2. Pilih menu Install
  3. Cari dan klik file Magisk-uninstaller-20180113.zip
  4. Pada bagian bawah geser Swipe To Confirm Flash
  5. Kalau sudah selesai Reboot System

Itulah Cara Root Redmi Note 4X tanpa komputer. Semoga tutorial di atas bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan. Terima kasih sudah berkunjung, salam dan sampai jumpa di tutorial berikutnya.

Leave a Reply