Cara Mudah Root Xiaomi Mi 4i Tanpa PC "100% Berhasil" 1

Cara Mudah Root Xiaomi Mi 4i Tanpa PC “100% Berhasil”

Cara Root Xiaomi Mi 4i 32 GB – Di siang hari yang terik ini saya akan memberikan tutorial tentang bagaimana cara mendapatkan akses root pada Xiaomi Mi 4i 32 GB. Setiap orang menggunakan perangkat Android dengan bermacam-macam tujuanya ada yang cuma buat streaming video, menyimpan file penting, telponan sama pacar. Bahkan ada yang lebih ekstrim lagi seperti install custom rom, overclock CPU, memodifikasi systemUI, dan masih banyak lagi.

Untuk melakukan hal seperti yang saya sebutkan diatas ada persyaratan khusus dimana Xiaomi Mi 4i harus sudah di root terlebih dahulu. Untuk root di Xiaomi Mi 4i sebenarnya sama saja dengan proses ngeroot di Xiaomi Mix Evo yang bisa kita gunakan dan disini saya share lagi beberapa metode yang cukup ampuh untuk membuka akses root Android ini.

Xiaomi rilis Mi 4i dengan internal storage 32 GB cukup murah, dan mempunyai selisih sedikit dibandingkan dengan versi 16 GB. Spesifikasi dari Mi 4i ini bisa dibilang mumpuni, karena untuk prosesornya sendiri diotaki processor 64 Bit buatan Qualcomm yaitu Snapdragon 615, ditambah dengan penyimpanan internal yang lebih besar 32 GB. Seperti yang sudah diketahui bahwa Xiaomi tidak menyertakan slot memori eksternal pada HP ini, sehingga banyak pengguna yang kebingungan saat menginstal game-game HD atau file berukuran jumbo. Untuk itulah Xiaomi Mi 4i 32 GB diciptakan untuk menjadi solusi dalam penyimpanan data yang sudah berkapasitas 32 GB.

Mi 4i ini menggunakan layar berukuran 5 Inchi dengan teknologi panel IPS LCD 16 juta warna dan resolusi 1080 x 1920 pixels dengan kerapatan layar mencapai 441 ppi pixel density. Smartphone gahar ini menggunakan processor Quad-core 1.7 GHz Cortex-A53 dan Quad-core 1.1 GHz Cortex-A53 dengan arsitektur 64 Bit tentu akan sangat tangguh dibanding dengan smartphone lainnya, tidak lupa dilengkapi dengan GPU Andreno 405 yang tidak diragukan lagi kemampuannya mengenai kualitas gambar yang diberikan.

Arti Root

Istilah Root sangat akrab bagi para pengguna Linux dan perlu kamu ketahui Android menggunakan source code Linux. Root sendiri merupakan sebuah akun yang ada pada perangkat Linux yang digunakan administrasi sistem. Hal ini menandakan bahwa Rooting merupakan sebuah langkah untuk mendapatkan akses admin sistem sehingga tidak ada lagi akses yang dibatasi. Dengan akses root, pengguna bisa melakukan akses apa pun pada sebuah perangkat, sampai dengan mengganti ROM dan Kernel Xiaomi Mi 4i.

Manfaat Root Xiaomi Mi 4i

  1. Wifi Kill – Tidak merekam data, tapi hanya sebatas “membunuh” koneksi wifi dari device lain, dengan menggunakan deauthentication packet. Sehingga semua bandwidth internet bisa dinikmati oleh pengguna wifi kill
  2. SMB server – Membuat folder sharing yang bisa discan dan akses langsung dari windows network. Berbeda dengan FTP yang biasanya memerlukan caching ke temporary folder ataupun browser, SMB share bisa langsung diedit layaknya harddisk eksternal. Perlu root, karena protocol SMB wajib menggunakan priveleged port 137, 138, 139 dan 445.
  3. Auto reply app chatting – Dengan memakai kombinasi tasker (dan autoinput), hampir semua app chatting bisa diset auto reply. Sehingga tidak perlu bersusah payah untuk merogoh smartphone mengetikkan kata-kata Saya sedang sibuk, Lagi mengemudi ataupun Lagi meeting. Semua nya sudah bisa dibuat otomatis.
  4. Membuat Macro touchscreen – Bisa merekam touch yang sudah dilakukan dan mereplaynya kembali, via repetitiouch. Cukup berbahaya kalau kamu tidak tahu apa resikonya. Tapi sangat berguna kalau kamu ada rutinitas yang perlu dilakukan berulang kali. Contohnya pas ngecheat game, supaya kamu tidak perlu tap berulang2, tinggal rekam dan replay infinitely.
  5. Firewall android – Membatasi koneksi internet mobile data, wifi ataupun tethering pada app tertentu.

Resiko Root Xiaomi Mi 4i

  1. Garansi hilang secara software – kalau kamu klaim dalam kondisi root dan modif. Untuk smartphone tertentu ada yang agak susah untuk dibalikkan ke original. Tapi dalam kebanyakan kasus, semua modif bisa dikembalikan seperti semula.
  2. Memperbesar resiko terjadi error – Pastinya kalau kamu salah memodifikasi, smartphone kamu bisa error.
  3. Memperbesar potensi adanya malware – Apabila kamu sembarangan menginstall aplikasi tentunya akan beresiko masuknya malware. Untuk membersihkannya hanya cukup dengan uninstall app yang dicurigai sebagai malware.

Langkah-langkah Root Xiaomi Mi 4i Dengan Magisk

  1. Unduh Official Magisk Root Tool dan Magisk uninstaller (gunakan file ini apabila ingin di unroot dan juga berfungsi untuk atasi bootloop)
  2. Pindahkan kedua file magisk ke Internal storage supaya mudah ditemukan nanti.
  3. Matikan Xiaomi Mi 4i 32 GB, kemudian tekan tombol Volume Atas dan Power bersamaan dan tahan sejenak kemudian lepaskan kalau sudah muncul logo MI.
  4. Kalau prosesnya berhasil akan masuk ke menu TWRP dan pilih Install
  5. Temukan file Magisk-v18.0.zip. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System
  7. Jika muncul permintaan pemasangan SuperSU, pilih Do Not Install

Cara Unroot Magisk

  1. Masuk lagi ke TWRP tekan tombol Power dan Volume Atas lepaskan kalau sudah tampak logo Mi.
  2. Pilih menu Install
  3. Cari dan klik file Magisk-uninstaller-20180113.zip
  4. Pada bagian bawah geser Swipe To Confirm Flash
  5. Kalau sudah selesai Reboot System

Penutup

Mudah kan cara root Xiaomi Mi 4i 32 GB ini. Selamat mencoba!

Leave a Reply