Cara Root Xiaomi Mix Evo 1

Cara Root Xiaomi Mix Evo

Cara Root Xiaomi Mix Evo – Memiliki smartphone Android seperti Xiaomi Mix Evo sangat mengasyikan, banyak hal yang bisa kita lakukan seperti bermain game, telponan sama pacar, Facebookan, menyimpan file penting dan seabreak fungsi dasar lainya. Bagi sebagian pengguna hal dasar tersebut belumlah cukup, karena banyak hal yang bisa kita lakukan dengan Xiaomi Mix Evo kita cuma memang di batasi penggunaanya. Untuk menghilangkan pembatasan hal pertama yang harus di lakukan adalah membuka akses root terlebih dulu. Kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial cara root Xiaomi Mix Evo tanpa PC.

Xiaomi mix Evo berukuran 6,4 inci yang masuk dalam kategori Phablet berdesain premium di karenakan roduk Xiaomi ini terbuat dari perpaduan bahan metal dan keramik. Metal sendiri menetapkan kesan kokoh sedangkan keramik nan elegant dan mengkilat memberikan efek mengkilat nan premium yang menampilkan kesan mewah dari tampilan fisik casing. Layar nya berkualitas FHD berteknologi IPS LCD Capacitive yang responsif terhadap tangan kita ketika di operasikan.

Yang menjadi perbedaan Xiaomi Mix dan Xiaomi Mix Evo adalah pada sisi mesin pacu yang terjadi perubahan. Kedua nya memang bisa di bilang memiliki spesifikasi mesin paling gahar jika dibandingkan dengan ponmsel lain Xiaomi yang lebih dulu ada. Jika pada Xiaomi Mix memekai CPU Quad-core (2×2.35 GHz Kryo dan 2×1.6 GHz Kryo) berbeda dengan Xiaomi Mix Evo yang terjadi perubahan signifikan yang menyematkan Prosesor Octa-core (4×2.45 GHz Kryo dan 4×1.9 GHz Kryo). Sehingga tentu saja merupakan performa mesin gahar yang dapat diandalkan oleh sispapun dalam aktifitas multitasking nya.

Arti Root

Definisi root secara sederhana dapat dijelaskan sebagai sistem akun yang memberikan akses penuh terhadap sistem file perangkat Android. Atau disebut juga sebagai akses super user yang merupakan hak akses tertinggi dalam sistem operasi Android. Dengan melakukan root, maka kamu pengguna Xiaomi Mix Evo memegang penuh hak atas akses dan eksuksi file, aplikasi, dan semua bagian piranti lunak Android.

Manfaat Root Xiaomi Mix Evo

  1. Menghapus bloatware – sehingga tidak running di background maupun makan memory
  2. Memperbesar memory internal via link2sd – Kalau terasa internal memory HP kalian kurang, bisa dilink semua app internal storage ke sd-ext di microsd.
  3. Emulate GPU – Menurunkan kualitas grafik demi perfomance. Lewat GLTools, kita bisa emulate GPU lain, meskipun secara hardware beda GPU. Ini tentunya berguna jika ada game yang didesain hanya untuk GPU tertentu, sementara smartphone kita memakai GPU tipe lain. GLTools juga bisa digunakan untuk nurunin kualitas gambar/resolusi warna, supaya perfomance/fps nya naik.
  4. Mengubah prioritas Default App dan Share – Ini bisa dicapai dengan menggunakan Xposed Module Complete Action Plus. Jadi kamu bisa menyembunyikan default app yang menjadi terlalu panjang untuk discroll karena sudah install banyak app. Default share juga bisa ditata ulang supaya app share favorit kamu berada di list paling atas.
  5. Pause game – Terutama untuk game puzzle yang memiliki timer, sehingga kita punya banyak waktu untuk mencari solusinya.
  6. Bisa backup melalui Titanium Backup – Backup dan restore bawaan sebenarnya sudah cukup mantap. Hanya saja fiturnya terbatas. Titanium backup memiliki segudang fitur yang membuatnya app wajib bagi yang uda root. Contohnya multi backup profile, filter, labeling, scheduling, attach note, protect backup, dan masih banyak lainnya

Resiko Root Xiaomi Mix Evo

  1. Garansi hilang secara software – kalau kamu klaim dalam kondisi root dan modif. Untuk smartphone tertentu ada yang agak susah untuk dibalikkan ke original. Tapi dalam kebanyakan kasus, semua modif bisa dikembalikan seperti semula.
  2. Memperbesar resiko terjadi error – Pastinya kalau kamu salah memodifikasi, smartphone kamu bisa error.
  3. Memperbesar potensi adanya malware – Apabila kamu sembarangan menginstall aplikasi tentunya akan beresiko masuknya malware. Untuk membersihkannya hanya cukup dengan uninstall app yang dicurigai sebagai malware.

Langkah-langkah Root Xiaomi Mix Evo Dengan Magisk

  1. Unduh Official Magisk Root Tool dan Magisk uninstaller (gunakan file ini apabila ingin di unroot dan juga berfungsi untuk atasi bootloop)
  2. Pindahkan kedua file magisk ke Internal storage supaya mudah ditemukan nanti.
  3. Matikan Xiaomi Mix Evo, kemudian tekan tombol Volume Atas dan Power bersamaan dan tahan sejenak kemudian lepaskan kalau sudah muncul logo MI.
  4. Kalau prosesnya berhasil akan masuk ke menu TWRP dan pilih Install
  5. Temukan file Magisk-v16.0.zip. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System
  7. Jika muncul permintaan pemasangan SuperSU, pilih Do Not Install

Cara Unroot Magisk

  1. Masuk lagi ke TWRP tekan tombol Power dan Volume Atas lepaskan kalau sudah tampak logo Mi.
  2. Pilih menu Install
  3. Cari dan klik file Magisk-uninstaller-20180113.zip
  4. Pada bagian bawah geser Swipe To Confirm Flash
  5. Kalau sudah selesai Reboot System

Penutup

Itulah cara melakukan root smartphone Android Xiaomi Mix Evo. Jika kamu masih bingung, kamu bisa bertanya di kolom komentar. Selamat mencoba!

Leave a Reply