Cara Instal TWRP Xiaomi Redmi 4 Pro Android Marshmallow dan Nougat

Cara Pasang TWRP Xiaomi Redmi 4 Pro – Apabila saat ini sudah sukses membuka akses bootloader Xiaomi Redmi 4 Pro dan ingin membuka akses rootnya hal pertama yang harus di lakukan adalah pasang custom recovery seperti TWRP. Tutorial yang akan saya share ini tidaklah sulit untuk kamu terapkan di Xiaomi Redmi 4 Pro.

Salah satu generasi HP premium yang berada di kelas MId Range yakni Xiaomi Redmi 4 Pro. Ponsel ini dibekali dengan layar berukuran 5 inci, ukuran yang memang sengaja disematkan agar pas dengan genggaman tangan kita sehingga memberikan kemudahan digunakan walau memakai satu tangan. Layar berteknologi IPS LCD Capacitive yang responsif berkualitas Full HD berukuran resolusi 1080 x 1920 pixels.

Sementara desain bodi pada smartphone ini memiliki ukuran dimmensi 141.3 x 69.6 x 8.9 mm. Tampilan tipis nan premium akan semakin lebih namoak dikarenakan bodi tersebut terbuat dari bahan material logam alluminium alloy. Bahan tipe logam yang tahan terhadap korosi maupun benturan sehingga memberikan keamanan ekstra saat smartphone terjatuh.

Apa Itu TWRP?

Team Win Recovery Project atau biasa di singkat dengan TWRP adalah custom recovery yang bertujuan untuk melakukan instalasi file unsigned. Hampir di setiap perangkat Android memiliki Recovery yang biasa di sebut Stock Recovery, cuma sayang kemampuannya terbatas, hanya bisa melakukan factory reset dan flashing file dari vendor pembuat HP tersebut yang biasanya filenya di signed. Nah TWRP ini menjadi solusi untuk memasang file yang bukan dari vendor Xiaomi Redmi 4 Pro.

Persyaratan Pemasangan TWRP Redmi 4 Pro

  1. Wajib sudah berhasil Unlock Bootloader / UBL Xiaomi Redmi 4 Pro
  2. Menyiapkan PC/Laptop Windows
  3. Sebaiknya baterai masih tersisa minimal 50%
  4. Usahakan menggunakan kabel usb bawaan Xiaomi dan pastikan masih baik
  5. Pastikan USB Debugging telah Aktif

Bahan TWRP Redmi 4 Pro

  1. Download dan install Minimal ADB and Fastboot di PC/Laptop
  2. Download TWRP khusus buat Xiaomi Redmi 4 Pro
  3. lazyflasher-no-verity-opt-encrypt.zip

Saatnya melanjutkan tahap terakhir yakni instal TWRP Xiaomi Redmi 4 Pro.

Cara Install/Pasang TWRP Xiaomi Redmi 4 Pro

  1. Ganti nama TWRP nya agar mempermudah kita saat pengetikan command prompt misalkan twrp-3.2.1-0.img menjadi twrp.img
  2. Lalu pindahkan file twrp.img yang sudah di rename ke :
    Jika Windows 64bit: C:Program Files (x86)Minimal ADB and Fastboot
    Jika Windows 32bit: C:Program FilesMinimal ADB and Fastboot
  3. Matikan Redmi 4 Pro kamu dan masuk ke Fastboot Mode. Caranya tekan dan tahan Volume Bawah dan Power secara bersamaan sampai Logo Fastboot Muncul.
  4. Sambungkan smartphone ke komputer atau laptop menggunakan kabel USB
  5. Double klik file py_cmd.exe yang ada di Folder installan minimal ADB and Fasbootnya
  6. Kemudian pada Command Prompt (CMD) ketikan Perintah seperti di bawah ini :
  7. fastboot devices
  8. Kemudian tekan ENTER
  9. Setelah itu lanjut dengan mengetikan perintah
  10. fastboot flash recovery twrp.img
  11. Dan klik ENTER
  12. Langkah teakhir ketik
  13. fastboot boot twrp.img
  14. Dan pencet ENTER
  15. Setelah itu Xiaomi Redmi 4 Pro kamu akan otomatis masuk ke Menu TWRP atau masuk ke TWRP secara manual dengan cara tekan dan tahan tombol Volume ATAS dan POWER.
  16. Jika sudah masuk ke TWRP, aktifkan Never show this screen during boot again kemudian geser Swipe to allow Modification.
  17. Berikutnya tekan Install lalu cari File lazyflasher-no-verity-opt-encrypts.zip lalu Swipe ke kanan pada Swipe to Confirm Flash.
  18. Silahkan di reboot dan selesai.

Itulah proses instalasi TWRP Xiaomi Redmi 4 Pro. Semoga tutorial di atas bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan. Terima kasih sudah berkunjung, salam dan sampai jumpa di tutorial berikutnya mengenai Cara Pasang TWRP Xiaomi Mi Note 2. Semoga berguna!.