Cara Root Xiaomi Mi Note 2 (Scorpio) via TWRP Dan Magisk 1

Cara Root Xiaomi Mi Note 2 (Scorpio) via TWRP Dan Magisk

Cara Root Xiaomi Mi Note 2 – Mungkin saat ini kamu baru saja memiliki Xiaomi Mi Note 2 dan terbesit keinginan untuk membuka akses rootnya agar bisa install custom rom.

Sebenarnya hp tidaklah terlalu sulit dan berbelit untuk proses rootnya sama halnya dengan smartphone Xiaomi Redmi 3s Prime tidak menggunakan komputer. Untuk lebih lengkapnya proses root di Xiaomi Mi Note 2, silahkan lihat ikuti instruksinya di bawah ini.

Xiaomi Mi Note 2 membawa layar yang lebih besar mencapai 5.7 inchi, sehingga akan lebih mengasyikkan digunakan bermain game ataupun menonton film dibandingkan memakai Mi5 yang memiliki layar lebih kecil, yakni 5.15 inchi.

Selain itu, dapur pacunya juga di perkuat oleh komponen hardware terbaru, seperti chipset Snapdragon 820 dengan kecepatan processor Dual-core 2.15 GHz Kryo dan dual-core 1.6 GHz Kryo.

Selain itu tersedia pula pengolahan grafis Adreno 530 dan sistem operasi Android Marshmallow yang di percantik dengan user interface atraktif MIUI 7, yang memungkinkan kinerja powerfull dan performa responsif. Bahkan smartphone ini siap bersaing melawan smartphone premium, namun di tawarkan yang lebih terjangkau.

Xiaomi Mi Note 2 ada beberapa varaian yang dibedakan dengan kapasitas penyimpanan internalnya. Dimana terdapat pilihan memori, mulai dari 32 GB, 64 GB, 128 GB, bahkan ada yang mencapai 256 GB. 

Arti Root

Root merupakan proses modifikasi sistem operasi Android sehingga pengguna memiliki akses tanpa batas yang mana pengguna diijinkan untuk melakukan perubahan seperti menambah, menghapus bahkan merusak elemen-elemen yang tedapat dalam Android OS. Kata root sebenarnya mengacu pada SuperUser yang merupakan administrator dalam semua sistem operasi yang berbasis Linux termasuk Android.

Manfaat Root Xiaomi Mi Note 2

  1. 3rd party app di safe mode – dengan mengconvert 3rd party app menjadi system app, maka kita bisa menggunakannya dalam kondisi safe mode sekalipun. Ataupun bisa diakalin dengan quick setting dari Gravity box.
  2. Memperbesar memory internal via link2sd – Kalau terasa internal memory HP kalian kurang, bisa dilink semua app internal storage ke sd-ext di microsd.
  3. Emulate GPU – Menurunkan kualitas grafik demi perfomance. Lewat GLTools, kita bisa emulate GPU lain, meskipun secara hardware beda GPU. Ini tentunya berguna jika ada game yang didesain hanya untuk GPU tertentu, sementara smartphone kita memakai GPU tipe lain. GLTools juga bisa digunakan untuk nurunin kualitas gambar/resolusi warna, supaya perfomance/fps nya naik.
  4. Advance freeze – Kita tidak freeze keseluruhan app, tapi hanya component yang kita rasa tidak perlu. Contohnya kita tidak perlu startup component, bisa kita matikan cuma activities onboot nya saja, lebih gampang via app manager dari ROM Toolbox.
  5. Speedup ataupun slowmo – Untuk beberapa game yang menggunakan clock system, kecepatan game bisa dihack sehingga menjadi sangat cepat, sehingga progress lebih cepat selesai (misalnya bangun tower defense lebih cepat selesai). Atau untuk game yang memerlukan respon yang cepat, bisa diperlambat, sehingga lebih gampang melewatin momen2 critical, contohnya di game runner ataupun puzzle yang ada timernya.
  6. Bisa backup melalui Titanium Backup – Backup dan restore bawaan sebenarnya sudah cukup mantap. Hanya saja fiturnya terbatas. Titanium backup memiliki segudang fitur yang membuatnya app wajib bagi yang uda root. Contohnya multi backup profile, filter, labeling, scheduling, attach note, protect backup, dan masih banyak lainnya

Resiko Root Xiaomi Mi Note 2

  1. Garansi hilang secara software – kalau kamu klaim dalam kondisi root dan modif. Untuk smartphone tertentu ada yang agak susah untuk dibalikkan ke original. Tapi dalam kebanyakan kasus, semua modif bisa dikembalikan seperti semula.
  2. Memperbesar resiko terjadi error – Pastinya kalau kamu salah memodifikasi, smartphone kamu bisa error.
  3. Memperbesar potensi adanya malware – Apabila kamu sembarangan menginstall aplikasi tentunya akan beresiko masuknya malware. Untuk membersihkannya hanya cukup dengan uninstall app yang dicurigai sebagai malware.

Agar Xiaomi Mi Note 2 ini bisa di root, kamu membutuhkan custom recovery TWRP yang terpasang di smartphone ini. Bagi yang belum memasangnya bisa ikuti tutorial Cara Install TWRP Xiaomi Note 2.

Cara Root Xiaomi Mi Note 2 Dengan Magisk

  1. Unduh Official Magisk Root Tool dan Magisk uninstaller (gunakan file ini apabila ingin di unroot dan juga berfungsi untuk atasi bootloop)
  2. Pindahkan kedua file magisk ke Internal storage supaya mudah ditemukan nanti.
  3. Matikan Xiaomi Mi Note 2, kemudian tekan tombol Volume Atas dan Power bersamaan dan tahan sejenak kemudian lepaskan kalau sudah muncul logo MI.
  4. Kalau prosesnya berhasil akan masuk ke menu TWRP dan pilih Install
  5. Temukan file Magisk-v16.0.zip. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System
  7. Jika muncul permintaan pemasangan SuperSU, pilih Do Not Install

Cara Unroot Magisk

  1. Masuk lagi ke TWRP tekan tombol Power dan Volume Atas lepaskan kalau sudah tampak logo Mi.
  2. Pilih menu Install
  3. Cari dan klik file Magisk-uninstaller-20180113.zip
  4. Pada bagian bawah geser Swipe To Confirm Flash
  5. Kalau sudah selesai Reboot System

Penutup

Itulah cara mudah untuk root Xiaomi Mi Note 2 yang bisa kamu lakukan tanpa menggunakan PC.

Leave a Reply