Cara Root Xiaomi Redmi 1S Android Kitkat Menggunakan Magisk

Cara Root Redmi 1S – Salah satu yang saya sukai dari Xiaomi Redmi 1S adalah bisa di rubah-rubah tampilannya, bukan hanya sekedar ganti launcher atau ganti font saja tapi mengganti sistem androidnya dengan berbagai kustom rom. Pada dasarnya saya kurang suka dengan tampilan Xiaomi Redmi 1S, di tambah lagi sifat bosanan saya ini, selalu tiap tahun berkeinginan untuk mengganti HP. Dengan Android yang sudah di root memungkinakan kita untuk memasang kustom rom, install tweak agar kuat main game atau supaya daya tahan baterai lebih baik lagi ataupun hal ringan lainya seperti memasang Xposed agar bisa di modifikasi tampilan aplikasi sistem dari XIAOMI ini.

Xiaomi Redmi 1S juga dikenal dengan sebutan nama Hongmi 1S di Tiongkok, Hongmi sendiri berarti beras merah. Xiaomi Redmi 1S ini meneruskan generasi pendahulunya, Xiaomi Redmi. Tentu saja dengan penambahan upgrade spesifikasi mesin pacu. Xiaomi Redmi 1s ini menggunakan Chipset Qualcomm MSM8228 Snapdragon. Xiaomi juga sudah meningkatkan media penyimpanan internal menjadi 8 GB.

Spesifikasi Redmi 1S ini memiliki layar dengan 4,7 inchi dengan teknologi IPS. Dan untuk urusan mesin picunya dibekali dengan prosesor quad-core dengan kemampuan 1,6 Ghz. Bisa dibayangkan yang murah konsumen sudah mendapatkan spesifikasi yang tinggi, ini sangat gurih untuk dilewatkan. Untuk mendukung fungsi dapur pacu pada smartphone ini juga dibekali dengan RAM yang cukup besar yakni 1GB RAM.

Arti Root

Root adalah proses mengambil hak akses tertinggi ke file system di android, dalam hal ini Redmi 1S, sehingga bisa dilakukan modifikasi tingkat lanjut. Ibaratnya kalau di PC adalah kita mendapatkan akses administrator tertinggi. Dalam bahasa awam, artinya kamu bebas melakukan apapun terhadap Xiaomi Redmi 1S kamu.

Manfaat Root Redmi 1S

  1. Integrate updated system app ke ROM – sehingga menghemat memory di partisi /data. Selain itu juga melindungi updated app tadi dari factory reset.
  2. wallpaper
  3. Undelete file yang terhapus – Mengembalikan file yang tidak sengaja terhapus dari sdcard, tanpa bantuan PC. Untuk mengakses keseluruhan MBR dari sdcard diperlukan akses root. File yang bisa diundelete tergantung jumlah free memory di sdcard, lama file dihapus (kalau barusan terhapus, lebih besar kemungkinan bisa direcover).
  4. Mengubah prioritas Default App dan Share – Ini bisa dicapai dengan menggunakan Xposed Module Complete Action Plus. Jadi kamu bisa menyembunyikan default app yang menjadi terlalu panjang untuk discroll karena sudah install banyak app. Default share juga bisa ditata ulang supaya app share favorit kamu berada di list paling atas.
  5. Speedup ataupun slowmo – Untuk beberapa game yang menggunakan clock system, kecepatan game bisa dihack sehingga menjadi sangat cepat, sehingga progress lebih cepat selesai (misalnya bangun tower defense lebih cepat selesai). Atau untuk game yang memerlukan respon yang cepat, bisa diperlambat, sehingga lebih gampang melewatin momen2 critical, contohnya di game runner ataupun puzzle yang ada timernya.
  6. Unlock limitasi network dari vendor – Misalnya kecepatan network yang dibatasin hingga speed tertentu bisa dibuka hingga speed maksimal.

Resiko Root Redmi 1S

  1. Garansi hilang secara software – kalau kamu klaim dalam kondisi root dan modif. Untuk smartphone tertentu ada yang agak susah untuk dibalikkan ke original. Tapi dalam kebanyakan kasus, semua modif bisa dikembalikan seperti semula.
  2. Memperbesar resiko terjadi error – Pastinya kalau kamu salah memodifikasi, smartphone kamu bisa error.
  3. Memperbesar potensi adanya malware – Apabila kamu sembarangan menginstall aplikasi tentunya akan beresiko masuknya malware. Untuk membersihkannya hanya cukup dengan uninstall app yang dicurigai sebagai malware.

Langkah-langkah Root Redmi 1S Dengan Magisk

  1. Unduh Official Magisk Root Tool dan Magisk uninstaller (gunakan file ini apabila ingin di unroot dan juga berfungsi untuk atasi bootloop)
  2. Pindahkan kedua file magisk ke Internal storage supaya mudah ditemukan nanti.
  3. Matikan Redmi 1S, kemudian tekan tombol Volume Atas dan Power bersamaan dan tahan sejenak kemudian lepaskan kalau sudah muncul logo MI.
  4. Kalau prosesnya berhasil akan masuk ke menu TWRP dan pilih Install
  5. Temukan file Magisk-v17.0.zip. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System
  7. Jika muncul permintaan pemasangan SuperSU, pilih Do Not Install

Cara Unroot Magisk

  1. Masuk lagi ke TWRP tekan tombol Power dan Volume Atas lepaskan kalau sudah tampak logo Mi.
  2. Pilih menu Install
  3. Cari dan klik file Magisk-uninstaller-20180113.zip
  4. Pada bagian bawah geser Swipe To Confirm Flash
  5. Kalau sudah selesai Reboot System

Penutup

Mudah kan cara root Xiaomi Redmi 1S ini. Selamat mencoba!

Posting terkait:

Leave a Comment