Cara Mudah Root Redmi Note 5A Prime (Ugg) Di MIUI 8 / 9 / 10 via Magisk

Cara Root Redmi Note 5A Prime – Saat ini banyak pengguna Android XIAOMI yang kesulitan dalam melakukan root pada Xiaomi Redmi Note 5A Prime mereka. Karena saat ini Xiaomi telah melakukan pembaharuan dengan meningkatkan fitur keamanannya. Meskipun begitu, beberapa pengguna ternyata lebih membutuhkan proses root ini dengan tujuan seperti kustomisasi smartphone, overclock CPU dan lain-lain. Kalau kamu tetap bersikeras untuk merootnya, disini saya kasih tutorial paling mudah yang bisa di coba.

Produk Xiaomi banyak diburu oleh para pecinta smartphone khususnya kalangan anak muda karena memiliki keunggulan pada kameranya yaitu kamera yang memiliki resolusi unggul dan sangat jernih. Melihat hal tersebut banyak sekali Para produsen smartphone yang berlomba-lomba merilis perangkat Android terbarunya dengan spesifikasi kamera selfie sebagai senjata utamanya untuk memikat hati para pelanggannya.

Melihat kondisi persaingan pasar yang sekarang ini menjadikan kamera selfie sebagai senjata utama, maka produsen Xiaomi juga merilis perangkat Android terbarunya yang lebih mengandalkan kamera selfie sebagai fitur unggulannya.Produk Xiaomi terbaru yang lebih mengunggulkan kamera selfie tersebut diberi nama Redmi Note 5A Prime.

Arti Root

Root merupakan sebuah cara untuk mengakses, mengedit, menambahkan file sistem dengan mudah. Dengan memiliki akses root di Redmi Note 5A Prime, kamu bisa melakukan banyak hal, seperti menghilangkan iklan, uninstall aplikasi bawaan, mengetahui password WiFi, memutuskan koneksi Internet orang lain dan masih banyak lagi.

Manfaat Root Redmi Note 5A Prime

  1. Membuat hotspot dengan fitur advance – routing enabled, memilih subnet, mengurangi daya transmisi, menggunakan enkripsi ataupun open, membuat access control list, dsb.
  2. SMB server – Membuat folder sharing yang bisa discan dan akses langsung dari windows network. Berbeda dengan FTP yang biasanya memerlukan caching ke temporary folder ataupun browser, SMB share bisa langsung diedit layaknya harddisk eksternal. Perlu root, karena protocol SMB wajib menggunakan priveleged port 137, 138, 139 dan 445.
  3. Mapping bluetooth gamepad – Supaya kamu bisa memakai bluetooth gamepad untuk game2 yang tidak support native gamepad sekalipun. Untuk pairing gamepadnya tidak perlu root, dan beberapa game yang sudah support native bluetooth gamepad tidak perlu root. Contohnya emulator PS1 (epsxe), PSP (PPSSPP) dan berbagai game lainnya. Sedangkan untuk game yang tidak support (kebanyakan game lain), perlu dimap manual via gamekeyboard sejenis, yang pastinya butuh root untuk bisa mapping hardware keynya.
  4. Menginstall Viper4android – Untuk membuat suara speaker maupun headset menjadi berefek seperti di studio. Bisa digabungin lagi dengan library dolby dari smartphone lain.
  5. Purchase IAP secara free – Untuk beberapa app/games tertentu. Pastinya dilakukan dengan freedom, yang berfungsi sebagai proxy IAP untuk app Freemium, sehingga bisa unlock content yang sebenarnya sudah ada, hanya saja terhalang IAP

Resiko Root Redmi Note 5A Prime

  1. Garansi hilang secara software – kalau kamu klaim dalam kondisi root dan modif. Untuk smartphone tertentu ada yang agak susah untuk dibalikkan ke original. Tapi dalam kebanyakan kasus, semua modif bisa dikembalikan seperti semula.
  2. Memperbesar resiko terjadi error – Pastinya kalau kamu salah memodifikasi, smartphone kamu bisa error.
  3. Memperbesar potensi adanya malware – Apabila kamu sembarangan menginstall aplikasi tentunya akan beresiko masuknya malware. Untuk membersihkannya hanya cukup dengan uninstall app yang dicurigai sebagai malware.

Untuk mendapatkan akses root di Redmi Note 5A Prime ini dengan Magisk, hal pertama yang harus sudah kamu lakukan adalah membuka akses bootloader dan memasang custom recovery TWRP di Redmi Note 5A Prime.

Cara Root Redmi Note 5A Prime Dengan Magisk

  1. Unduh Official Magisk Root Tool dan Magisk uninstaller (gunakan file ini apabila ingin di unroot dan juga berfungsi untuk atasi bootloop)
  2. Pindahkan kedua file magisk ke Internal storage (rekomendasi seh di Sdcard) supaya mudah ditemukan nanti.
  3. Matikan Redmi Note 5A Prime, kemudian tekan tombol Volume Atas dan Power bersamaan dan tahan sejenak kemudian lepaskan kalau sudah muncul logo MI.
  4. Kalau prosesnya berhasil akan masuk ke menu TWRP dan pilih tombol menu Install yang ada di paling atas.
  5. Selanjutnya, cari file Magisk-v17.0.zip yang sudah didownload tadi. Setelah itu geser tombol Swipe to Confirm Flash yang ada di bagian bawah.
  6. Proses install Magisk dimulai, dan setelah prosesnya sudah selesai, kamu lanjut dengan memilih tombol Reboot to System.
  7. Apabila muncul permintaan pemasangan SuperSU, pilih Do Not Install. Proses booting akan memakan waktu sekitar 3-5 menit. Silahkan ditunggu.

OK, sekarang Redmi Note 5A Prime (UGG) telah berhasil di root, untuk meyakinkan apakah root memang telah berhasil atau belum, silahkan buka aplikasi Magisk. Kalau terlihat seperti screenshot dibawah ini, itu bearti root sukses dijalankan.

Nah, sekarang pasti kamu bertanya-tanya, Bagaimana cara menghapus root di Redmi Note 5A Prime ini?. Untuk menghilangkan root magisk ini, caranya juga tidaklah sulit, cukup install file Magisk Uninstaller yang saya share diatas.

Cara Unroot Redmi Note 5A Prime via Magisk

  1. Masuk lagi ke TWRP tekan tombol Power dan Volume Atas lepaskan kalau sudah tampak logo Mi.
  2. Pilih menu Install
  3. Cari dan klik file Magisk-uninstaller-20180113.zip
  4. Pada bagian bawah geser Swipe To Confirm Flash
  5. Kalau sudah selesai Reboot System

Itulah Cara Root Redmi Note 5A Prime tanpa komputer dan untuk kamu menggunakan Redmi Note 5A versi UGG Lite bisa mengikuti caranya disini.

Semoga tutorial di atas bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan. Terima kasih sudah berkunjung, salam dan sampai jumpa di tutorial berikutnya.