Tutorial Cara Root Redmi Note 5A = UGGLITE 1

Tutorial Cara Root Redmi Note 5A = UGGLITE

Cara Root Redmi Note 5A – Di pagi yang cerah ini saya akan memberikan tutorial tentang bagaimana cara mendapatkan akses root pada Redmi Note 5A. Setiap orang menggunakan perangkat Android dengan bermacam-macam tujuanya ada yang cuma buat bermain game, menyimpan file penting, video call dengan orang tua. Bahkan ada yang lebih ekstrim lagi seperti install custom rom, overclock CPU, memodifikasi systemUI, dan masih banyak lagi.

Untuk melakukan itu ada persyaratan khusus dimana Xiaomi Redmi Note 5A harus sudah di root terlebih dahulu. Untuk root di Xiaomi Redmi Note 5A sebenarnya sama saja dengan proses ngeroot di Xiaomi Mi5 Pro yang bisa kita gunakan dan disini saya share lagi beberapa metode yang cukup ampuh untuk membuka akses root Android ini.

Redmi Note 5A tergolong gahar serta desain menarik. Selain harga yang murah nan terjangkau, hal yang menjadi pertimbangan bagi kita saat berniat mengganti Hp yang lebih baik lagi. RAM 4GB serta Internal 64GB adalah ruang penyimpanan yang dimiliki Redmi Note 5A. Selain itu Chipset Snapdragon 625 bertugas menghandle kinerja smartphone saat berjalan.

Lini kamera tak tanggung-tanggung, kemampuan Dual kamera beresolusi 12 + 13 MP tertanam pada kamera utama. Sementara untuk sisi lensa sekundernya sama dengan pendahulu yakni 5MP akan bertugas sebagai kamera selfie. Selain itu, internal besar dan RAM besar seri smartphone ini akan berpadu dengan fitur keamanan fingerprint sensor atau yang biasa kita kenal dengan pemindai sidik jari.

Arti Root

Root adalah untuk memberikan hak istimewa SuperUser (disingkat SU) kepada penggunanya agar kita sebagai pengguna Redmi Note 5A lebih leluasa dalam melakukan setting atau bahkan mengutak-atik Xiaomi Redmi Note 5A sedemikian rupa. Masih bingung? Oke, lebih mudahnya root pada Android mirip dengan Administrator pada Windows.

Manfaat Root Redmi Note 5A

  1. 3rd party app di safe mode – dengan mengconvert 3rd party app menjadi system app, maka kita bisa menggunakannya dalam kondisi safe mode sekalipun. Ataupun bisa diakalin dengan quick setting dari Gravity box.
  2. Memperbesar memory internal via link2sd – Kalau terasa internal memory HP kalian kurang, bisa dilink semua app internal storage ke sd-ext di microsd.
  3. Undelete file yang terhapus – Mengembalikan file yang tidak sengaja terhapus dari sdcard, tanpa bantuan PC. Untuk mengakses keseluruhan MBR dari sdcard diperlukan akses root. File yang bisa diundelete tergantung jumlah free memory di sdcard, lama file dihapus (kalau barusan terhapus, lebih besar kemungkinan bisa direcover).
  4. Mengubah prioritas Default App dan Share – Ini bisa dicapai dengan menggunakan Xposed Module Complete Action Plus. Jadi kamu bisa menyembunyikan default app yang menjadi terlalu panjang untuk discroll karena sudah install banyak app. Default share juga bisa ditata ulang supaya app share favorit kamu berada di list paling atas.
  5. Speedup ataupun slowmo – Untuk beberapa game yang menggunakan clock system, kecepatan game bisa dihack sehingga menjadi sangat cepat, sehingga progress lebih cepat selesai (misalnya bangun tower defense lebih cepat selesai). Atau untuk game yang memerlukan respon yang cepat, bisa diperlambat, sehingga lebih gampang melewatin momen2 critical, contohnya di game runner ataupun puzzle yang ada timernya.
  6. Bisa backup melalui Titanium Backup – Backup dan restore bawaan sebenarnya sudah cukup mantap. Hanya saja fiturnya terbatas. Titanium backup memiliki segudang fitur yang membuatnya app wajib bagi yang uda root. Contohnya multi backup profile, filter, labeling, scheduling, attach note, protect backup, dan masih banyak lainnya

Resiko Root Redmi Note 5A

  1. Garansi hilang secara software – kalau kamu klaim dalam kondisi root dan modif. Untuk smartphone tertentu ada yang agak susah untuk dibalikkan ke original. Tapi dalam kebanyakan kasus, semua modif bisa dikembalikan seperti semula.
  2. Memperbesar resiko terjadi error – Pastinya kalau kamu salah memodifikasi, smartphone kamu bisa error.
  3. Memperbesar potensi adanya malware – Apabila kamu sembarangan menginstall aplikasi tentunya akan beresiko masuknya malware. Untuk membersihkannya hanya cukup dengan uninstall app yang dicurigai sebagai malware.

Sekarang pasti sudah ngerti apa kelebihan serta kekurangan root, nah saatnya kita melakukan rooting di Redmi Note 5A dengan Magisk tapi sebelumnya harus sudah terapasang TWRP terlebih dahulu. Untuk yang belum berhasil memasang bisa ikuti tutorialnya Cara Pasang Custom Recovery TWRP Redmi Note 5A.

Root Redmi Note 5A Dengan Magisk

  1. Unduh Official Magisk Root Tool dan Magisk uninstaller (gunakan file ini apabila ingin di unroot dan juga berfungsi untuk atasi bootloop)
  2. Pindahkan kedua file magisk ke Internal storage atau SDcard supaya mudah ditemukan nanti.
    magisk file
  3. Matikan Redmi Note 5A, kemudian tekan tombol Volume Atas dan Power bersamaan dan tahan sejenak kemudian lepaskan kalau sudah muncul logo MI.
    twrp xiaomi redmi note 5a
  4. Kalau prosesnya berhasil akan masuk ke menu TWRP dan pilih Install.
    menu install twrp
  5. Kemudian cari file Magisk-v17.0.zip. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash.
    temukan file magisk di twrp
  6. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System. Jika muncul permintaan pemasangan SuperSU, pilih Do Not Install
    tombol reboot sistem twrp

Baiklah mungkin itu saja Tutorial kali ini tentang Cara Root Redmi Note 5A Tanpa PC. Saya harapkan untuk melihat artikel lainnya juga hehehe. Semoga tutorialnya bermanfaat.

Leave a Reply