Cara Root Xiaomi Mi A1 (Tissot) Dengan Magisk

Cara Root Xiaomi Mi A1 – Pada saat ini saya berkesempatan menulis tentang cara mendapatkan akses root di Xiaomi Mi A1 dengan mudah tanpa perlu menggunakan perangkat PC. Android yang sudah di Root memang menyenangkan banyak hal yang bisa kamu pelajari tentang Android, tapi sebagai konsekuensinya garansi akan hangus. Apabila kamu tertarik ingin me-root Xiaomi Mi A1, disini saya akan memberikan tutorial termudah agar bisa mendapatkan akses root.

Smartphone terbaru dari Xiaomi kali ini diberi nama MI A1. Xiaomi Mi A1 dibekali dengan berbagai spesifikasi yang unggul dengan sasaran pasar masyarakat kelas menengah ke atas. Xiaomi MI A1 ini merupakan smartphone yang diberi label Android one.

Mi A1 ini adalah smartphone pertama hasil kerjasama antara Xiaomi dengan Google. Meskipun spesifikasi yang diusung sangat unggul dan sasaran pasarnya adalah masyarakat kelas menengah ke atas.

Xiaomi MI A1 ini mengusung teknologi yang canggih dan memiliki keistimewaan di setiap sisinya. Selain teknologi yang diusung adalah teknologi yang unggulan dari segi penampilan luar Xiaomi MI A1 juga memiliki tampilan yang elegan.

Meskipun begitu untuk mendapatkan akses root tidaklah berbeda jauh dengan smartphone Xiaomi yang menggunakan MIUI, asalkan kalian sudah sukses memasang TWRP dan telah berhasil membuka akses bootloader Mi A1 ini.

Arti Root

Arti kata Root merupakan istilah di OS Linux yang bearti admin atau Superuser yang memiliki kuasa penuh dalam mengatur sebuah sistem. Berhubung Android berasal dari Linux maka kata root sering digunakan. Dengan menjadikan kita SuperUser kita bisa memodifikasi, mengizinkan, mengakses, menghapus file yang ada di sistem Android.

Manfaat Root Xiaomi Mi A1

  1. Membuat hotspot dengan fitur advance – routing enabled, memilih subnet, mengurangi daya transmisi, menggunakan enkripsi ataupun open, membuat access control list, dsb.
  2. Share screen ke device lain – Dengan ini kita bisa mirror tampilan di smartphone ke PC, smartphone lain, ataupun android TV box. Untuk smartphone samsul dengan app bawaan, root tidak diperlukan. Tapi untuk smartphone lain yang screennya terlock di system, root diperlukan untuk mengakses frame dari screennya. Salah satu app mirroring yang paling mantap adalah mirrorop sender, yang memiliki framerate tertinggi di antara semuanya.
  3. Memakai Custom Gesture – Draw gesture tertentu untuk melakukan action tertentu. Sangat powerful apabila dikombinasi lagi dengan tasker. Penggunaan touchscreen benar2 dimaksimalkan sampai ke batas imajinasi.
  4. Capture video/screen recorder – merekam tampilan smartphone (videoshot). Ini hanya bisa dicapai dengan root, karena akses frame video hanya ada di root. Jadi bukan hanya sekedar SS statis biasa, kamu bisa merekam apapun yang terjadi di smartphone . Mungkin untuk buat tutorial, sekedar showoff, ataupun untuk dokumentasi.
  5. Purchase IAP secara free – Untuk beberapa app/games tertentu. Pastinya dilakukan dengan freedom, yang berfungsi sebagai proxy IAP untuk app Freemium, sehingga bisa unlock content yang sebenarnya sudah ada, hanya saja terhalang IAP

Resiko Root Xiaomi Mi A1

  1. Garansi hilang secara software – kalau kamu klaim dalam kondisi root dan modif. Untuk smartphone tertentu ada yang agak susah untuk dibalikkan ke original. Tapi dalam kebanyakan kasus, semua modif bisa dikembalikan seperti semula.
  2. Memperbesar resiko terjadi error – Pastinya kalau kamu salah memodifikasi, smartphone kamu bisa error.
  3. Memperbesar potensi adanya malware – Apabila kamu sembarangan menginstall aplikasi tentunya akan beresiko masuknya malware. Untuk membersihkannya hanya cukup dengan uninstall app yang dicurigai sebagai malware.

Langkah-langkah Root Xiaomi Mi A1 Dengan Magisk

  1. Unduh Official Magisk Root Tool dan Magisk uninstaller (gunakan file ini apabila ingin di unroot dan juga berfungsi untuk atasi bootloop)
  2. Pindahkan kedua file magisk ke Internal storage supaya mudah ditemukan nanti.
  3. Matikan Xiaomi Mi A1, kemudian tekan tombol Volume Atas dan Power bersamaan dan tahan sejenak kemudian lepaskan kalau sudah muncul logo MI.
  4. Kalau prosesnya berhasil akan masuk ke menu TWRP dan pilih Install
  5. Temukan file Magisk-v16.0.zip. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System
  7. Jika muncul permintaan pemasangan SuperSU, pilih Do Not Install

Cara Unroot Magisk

  1. Masuk lagi ke TWRP tekan tombol Power dan Volume Atas lepaskan kalau sudah tampak logo Mi.
  2. Pilih menu Install
  3. Cari dan klik file Magisk-uninstaller-20180113.zip
  4. Pada bagian bawah geser Swipe To Confirm Flash
  5. Kalau sudah selesai Reboot System

Mudah kan cara root Xiaomi Mi A1 ini. Selamat mencoba!

Baca Juga
  1. Cara Hard Reset Xiaomi Mi A3 / A2 / A1 via Recovery
  2. Cara Factory / Hard Reset Xiaomi Mi Mix 3
  3. Tutorial Hard / Factory Reset Xiaomi Mi Mix 2 / Mix 2s

Leave a Comment