Cara Root Redmi 3X Di MIUI 8 / 9 / 10 Manfaat serta Resiko

Cara Root Redmi 3X – Buat kamu yang hobi mengoprek smartphone Android, aktivitas rooting tampaknya sudah menjadi satu hal yang lumrah untuk kamu kerjakan. Terlebih untuk melakukan root pada smartphone Xiaomi Redmi 3X.

Tentu ini merupakan pekerjaan gampang untuk kamu lakukan. Bahkan, kamu bisa melakukannya tanpa menggunakan PC. Melalui artikel ini, saya berikan langkah-langkah mudahnya. Jadi, kamu wajib membaca artikel ini sampai selesai.

Tak hanya murah, smartphone ini juga memiliki desain premium yang di balut material full metal dengan layar HD berukuran 5 inchi. Bahkan Redmi 3X akan siap bersaing melawan Meizu M3S yang sama-sama di pasarkan untuk segmen entry-level. Namun antara Xiaomi dan Meizu telah memiliki karakteristik yang berbeda dalam hal sistem operasi.

Redmi 3X mengandalkan User Interface MIUI, sedangkan Meizu mengandalkan User Interface Flyme OS. Selain itu, smartphone ini juga mengandalkan chipset buatan Qualcomm, sedangkan Meizu memilih memakai Mediatek.

Dengan dukungan komponen hardware terbaik tersebut membuktikan jika Xiaomi Redmi 3X memiliki performa lebih mumpuni dan kinerja gaming lebih powerfull dengan mengusung GPU Adreno 505.

Selain itu, desain yang di bawa juga sangat premium, dimana Xiaomi telah membalutnya dengan bodi full metal berbahan magnesium alloy yang memiliki ukuran dimensi panjang 139.4 mm, lebar 69.7 mm, dan ketebalan 8.5 mm.

Sedangkan untuk bobotnya sendiri mencapai 146 gram, yang tergolong ringan dan mudah ketika digunakan dengan satu tangan, walaupun untuk ukuran layar yang digunakan juga sangat lebar seluas 5 inchi. Selain itu, di bagian belakang juga ditempatkan sensor pemindai sidik jari layaknya Redmi 3 Pro dan Redmi 3S.

Arti Root

Root adalah untuk memberikan hak istimewa SuperUser (disingkat SU) kepada penggunanya agar kita sebagai pengguna Redmi 3X lebih leluasa dalam melakukan setting atau bahkan mengutak-atik Xiaomi Redmi 3X sedemikian rupa. Masih bingung? Oke, lebih mudahnya root pada Android mirip dengan Administrator pada Windows.

Manfaat Root Redmi 3X

  1. Wifi Kill – Tidak merekam data, tapi hanya sebatas “membunuh” koneksi wifi dari device lain, dengan menggunakan deauthentication packet. Sehingga semua bandwidth internet bisa dinikmati oleh pengguna wifi kill
  2. Mount External Drive sebagai internal – Dengan Mountfs, kita bisa mount folder sharing dari Windows, FTP maupun SFTP (SSH) server layaknya seperti sdcard di smartphone . Sehingga selama kamu masih bisa konek ke folder sharing tadi, itu ibaratnya kita membawa harddisk eksternal di smartphone kita ke mana2. Tentunya lebih efektif kalau kamu masih berada di jaringan lokal wifi sendiri, dimana akses wifi mencakup keseluruhan rumah.
  3. Mapping bluetooth gamepad – Supaya kamu bisa memakai bluetooth gamepad untuk game2 yang tidak support native gamepad sekalipun. Untuk pairing gamepadnya tidak perlu root, dan beberapa game yang sudah support native bluetooth gamepad tidak perlu root. Contohnya emulator PS1 (epsxe), PSP (PPSSPP) dan berbagai game lainnya. Sedangkan untuk game yang tidak support (kebanyakan game lain), perlu dimap manual via gamekeyboard sejenis, yang pastinya butuh root untuk bisa mapping hardware keynya.
  4. Capture video/screen recorder – merekam tampilan smartphone (videoshot). Ini hanya bisa dicapai dengan root, karena akses frame video hanya ada di root. Jadi bukan hanya sekedar SS statis biasa, kamu bisa merekam apapun yang terjadi di smartphone . Mungkin untuk buat tutorial, sekedar showoff, ataupun untuk dokumentasi.
  5. Bisa backup full ROM – Kamu bisa gunakan MDT (khusus CPU mediatek), atau via EFS Pro (khusus CPU Snapdragon). Untuk mendapatkan akses ke seluruh partisi smartphone , pastinya diperlukan akses root. Tanpa root, tidak ada full backup yang bisa dilakukan melalui MDT.

Resiko Root Redmi 3X

  1. Garansi hilang secara software – kalau kamu klaim dalam kondisi root dan modif. Untuk smartphone tertentu ada yang agak susah untuk dibalikkan ke original. Tapi dalam kebanyakan kasus, semua modif bisa dikembalikan seperti semula.
  2. Memperbesar resiko terjadi error – Pastinya kalau kamu salah memodifikasi, smartphone kamu bisa error.
  3. Memperbesar potensi adanya malware – Apabila kamu sembarangan menginstall aplikasi tentunya akan beresiko masuknya malware. Untuk membersihkannya hanya cukup dengan uninstall app yang dicurigai sebagai malware.

Langkah-langkah Root Redmi 3X Dengan Magisk

  1. Unduh Official Magisk Root Tool dan Magisk uninstaller (gunakan file ini apabila ingin di unroot dan juga berfungsi untuk atasi bootloop)
  2. Pindahkan kedua file magisk ke Internal storage supaya mudah ditemukan nanti.
  3. Matikan Redmi 3X, kemudian tekan tombol Volume Atas dan Power bersamaan dan tahan sejenak kemudian lepaskan kalau sudah muncul logo MI.
  4. Kalau prosesnya berhasil akan masuk ke menu TWRP dan pilih Install
  5. Temukan file Magisk-v16.0.zip. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System
  7. Jika muncul permintaan pemasangan SuperSU, pilih Do Not Install

Cara Unroot Magisk

  1. Masuk lagi ke TWRP tekan tombol Power dan Volume Atas lepaskan kalau sudah tampak logo Mi.
  2. Pilih menu Install
  3. Cari dan klik file Magisk-uninstaller-20180113.zip
  4. Pada bagian bawah geser Swipe To Confirm Flash
  5. Kalau sudah selesai Reboot System

Penutup

Itulah Cara Root Redmi 3X tanpa komputer. Semoga tutorial di atas bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan. Terima kasih sudah berkunjung, salam dan sampai jumpa di tutorial berikutnya.

Apabila kamu menemukan masalah yang berhubungan dengan cara root Redmi 3X MIUI 7, MIUI 8 dan MIUI 9 ini, Silahkan berkomentar di bawah ini, dan saya akan mencoba membantu kamu untuk mengatasi masalah yang dialami.