Cara Root Xiaomi Mi 5s "Capricorn" Marshmallow / Nougat / Oreo 1

Cara Root Xiaomi Mi 5s “Capricorn” Marshmallow / Nougat / Oreo

Cara Root Xiaomi Mi 5s – Apakah sekarang sudah ada di antara kamu yang menggunakan smartphone canggih dari XIAOMI ini? Jika iya, kali ini kami berikan tutorial cara root Xiaomi Mi 5s. Mau? Kalo mau Xiaomi Mi 5s kamu semakin maksimal, wajib banget deh di-root. Untuk prosesnya tidaklah sulit sama seperti metode yang diterapkan di Xiaomi Mi Max.

Mungkin sudah banyak dikenal publik bahwa Xiaomi sering kali merilis smartphone sekitar 1 sampai 3 jutaan. Itupun smartphone spesifikasi yang diberikan sudah sangat tinggi. Nah untuk seri Xiaomi Mi 5s ini, Xiaomi akan memberikan sentuhan flagship didalamnya.

ini membawakan layar dengan bentang berukuran 5,15 inchi dengan teknologi panel IPS LCD. Tak hanya itu, fitur 3D Touch Display pun disematkan guna menambah nilai wah pada seir smartphone ini. Sistem operasinya menggunakan versi Android Masrhmallow, dengan kustomisasi dari MIUI versi 8.0 (versi 8.0 adalah versi paling baru saat ini dan versi ini merupakan versi paling stabil untuk market global).

Untuk mendapatkan akses root di xiaomi Capricorn ini tidaklah sulit, sebab saat ini sudah ada tool Magisk yang mampu membuka akses root sistem dari smartphone ini. Tapi sebelum mengikuti tutorial dibawah ini, terlebih dahulu Mi 5s kamu sudah terpasang custom recovery TWRP.

Arti Root

Istilah Root sangat akrab bagi para pengguna Linux dan perlu kamu ketahui Android menggunakan source code Linux. Root sendiri merupakan sebuah akun yang ada pada perangkat Linux yang digunakan administrasi sistem. Hal ini menandakan bahwa Rooting merupakan sebuah langkah untuk mendapatkan akses admin sistem sehingga tidak ada lagi akses yang dibatasi. Dengan akses root, pengguna bisa melakukan akses apa pun pada sebuah perangkat, sampai dengan mengganti ROM dan Kernel Xiaomi Mi 5s.

Manfaat Root Xiaomi Mi 5s

  1. Mengetahui Password wifi dari SSID yang pernah disave – Kalau smartphone kita sudah root, kita bisa melihat password yang tadi dia input. Kalau tadi dia input di PC, tinggal pilih show password sudah nampak. Kalau di smartphone wajib root dulu.
  2. Mount External Drive sebagai internal – Dengan Mountfs, kita bisa mount folder sharing dari Windows, FTP maupun SFTP (SSH) server layaknya seperti sdcard di smartphone . Sehingga selama kamu masih bisa konek ke folder sharing tadi, itu ibaratnya kita membawa harddisk eksternal di smartphone kita ke mana2. Tentunya lebih efektif kalau kamu masih berada di jaringan lokal wifi sendiri, dimana akses wifi mencakup keseluruhan rumah.
  3. Auto reply app chatting – Dengan memakai kombinasi tasker (dan autoinput), hampir semua app chatting bisa diset auto reply. Sehingga tidak perlu bersusah payah untuk merogoh smartphone mengetikkan kata-kata Saya sedang sibuk, Lagi mengemudi ataupun Lagi meeting. Semua nya sudah bisa dibuat otomatis.
  4. Capture video/screen recorder – merekam tampilan smartphone (videoshot). Ini hanya bisa dicapai dengan root, karena akses frame video hanya ada di root. Jadi bukan hanya sekedar SS statis biasa, kamu bisa merekam apapun yang terjadi di smartphone . Mungkin untuk buat tutorial, sekedar showoff, ataupun untuk dokumentasi.
  5. Firewall android – Membatasi koneksi internet mobile data, wifi ataupun tethering pada app tertentu.

Resiko Root Xiaomi Mi 5s

  1. Garansi hilang secara software – kalau kamu klaim dalam kondisi root dan modif. Untuk smartphone tertentu ada yang agak susah untuk dibalikkan ke original. Tapi dalam kebanyakan kasus, semua modif bisa dikembalikan seperti semula.
  2. Memperbesar resiko terjadi error – Pastinya kalau kamu salah memodifikasi, smartphone kamu bisa error.
  3. Memperbesar potensi adanya malware – Apabila kamu sembarangan menginstall aplikasi tentunya akan beresiko masuknya malware. Untuk membersihkannya hanya cukup dengan uninstall app yang dicurigai sebagai malware.

Langkah-langkah Root Xiaomi Mi 5s Dengan Magisk

  1. Unduh Official Magisk Root Tool dan Magisk uninstaller (gunakan file ini apabila ingin di unroot dan juga berfungsi untuk atasi bootloop)
  2. Pindahkan kedua file magisk ke Internal storage supaya mudah ditemukan nanti.
  3. Matikan Xiaomi Mi 5s, kemudian tekan tombol Volume Atas dan Power bersamaan dan tahan sejenak kemudian lepaskan kalau sudah muncul logo MI.
  4. Kalau prosesnya berhasil akan masuk ke menu TWRP dan pilih Install
  5. Temukan file Magisk-v17.0.zip. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System
  7. Jika muncul permintaan pemasangan SuperSU, pilih Do Not Install

Cara Unroot Magisk

  1. Masuk lagi ke TWRP tekan tombol Power dan Volume Atas lepaskan kalau sudah tampak logo Mi.
  2. Pilih menu Install
  3. Cari dan klik file Magisk-uninstaller-20180113.zip
  4. Pada bagian bawah geser Swipe To Confirm Flash
  5. Kalau sudah selesai Reboot System

Itulah cara mudah untuk root Xiaomi Mi 5s di Android 6.0 Marshmallow, 7.1 Nougat dan 8.0 oreo yang bisa kamu lakukan tanpa menggunakan PC. Semoga tutorial ini bisa bermanfaat buat kamu semua.

Leave a Reply