Cara Root Xiaomi Redmi 6a (cactus) Dengan Menggunakan Magisk

Cara Root Redmi 6A – Merupakan salah satu smartphone terbaik yang dibuat oleh XIAOMI dan dijual dengan harga lumayan terjangkau. Jika kamu adalah salah satu pengguna Redmi 6A, kurang lengkap rasanya jika belum melakukan root Redmi 6A. Kali ini saya berikan tutorial mudah root Redmi 6A tanpa menggunakan PC.

Redmi 6A di lncurkan pada tahun 2018 ini. Masih mengusung desain yang hampir mirip dengan pendahulunya smartphone asal negeri tirai bambu ini menjadi incaran para penggemar smartphone canggih dengan spesifikasi terbaik dan harga yang terjangkau.

Xiaomi dari dulu memang terkenal akan kualitasnya serta harganya yang terjangkau. Layar smartphone Redmi 6A berukuran 5,45 inci dan telah berteknologi IPS capacitive touchscreen, sehingga sangat responsif ketika di operasikan. Prosesor Redmi 6A dibekali dengan teknologi 12nm, yang mampu menghemat daya dan dioptimalkan untuk penggunaan dengan MIUI 9 agar daya lebih tahan lama.

Apabila saat ini kamu sudah memiliki smartphone ini dan ingin sudah sukses Unlock Bootloader serta memasang TWRP di Redmi 6A ini, langkah selanjutnya sudah bisa kamu root dengan menggunakan Magisk.

Arti Root

Arti kata Root merupakan istilah di OS Linux yang bearti admin atau Superuser yang memiliki kuasa penuh dalam mengatur sebuah sistem. Berhubung Android berasal dari Linux maka kata root sering digunakan. Dengan menjadikan kita SuperUser kita bisa memodifikasi, mengizinkan, mengakses, menghapus file yang ada di sistem Android.

Manfaat Root Redmi 6A

  1. Wifi Kill – Tidak merekam data, tapi hanya sebatas “membunuh” koneksi wifi dari device lain, dengan menggunakan deauthentication packet. Sehingga semua bandwidth internet bisa dinikmati oleh pengguna wifi kill
  2. SMB server – Membuat folder sharing yang bisa discan dan akses langsung dari windows network. Berbeda dengan FTP yang biasanya memerlukan caching ke temporary folder ataupun browser, SMB share bisa langsung diedit layaknya harddisk eksternal. Perlu root, karena protocol SMB wajib menggunakan priveleged port 137, 138, 139 dan 445.
  3. Memakai Custom Gesture – Draw gesture tertentu untuk melakukan action tertentu. Sangat powerful apabila dikombinasi lagi dengan tasker. Penggunaan touchscreen benar2 dimaksimalkan sampai ke batas imajinasi.
  4. Membuat Macro touchscreen – Bisa merekam touch yang sudah dilakukan dan mereplaynya kembali, via repetitiouch. Cukup berbahaya kalau kamu tidak tahu apa resikonya. Tapi sangat berguna kalau kamu ada rutinitas yang perlu dilakukan berulang kali. Contohnya pas ngecheat game, supaya kamu tidak perlu tap berulang2, tinggal rekam dan replay infinitely.
  5. Bisa backup full ROM – Kamu bisa gunakan MDT (khusus CPU mediatek), atau via EFS Pro (khusus CPU Snapdragon). Untuk mendapatkan akses ke seluruh partisi smartphone , pastinya diperlukan akses root. Tanpa root, tidak ada full backup yang bisa dilakukan melalui MDT.

Resiko Root Redmi 6A

  1. Garansi hilang secara software – kalau kamu klaim dalam kondisi root dan modif. Untuk smartphone tertentu ada yang agak susah untuk dibalikkan ke original. Tapi dalam kebanyakan kasus, semua modif bisa dikembalikan seperti semula.
  2. Memperbesar resiko terjadi error – Pastinya kalau kamu salah memodifikasi, smartphone kamu bisa error.
  3. Memperbesar potensi adanya malware – Apabila kamu sembarangan menginstall aplikasi tentunya akan beresiko masuknya malware. Untuk membersihkannya hanya cukup dengan uninstall app yang dicurigai sebagai malware.

Cara Root Redmi 6A Dengan Magisk

  1. Download Magisk Root Tool dan Magisk uninstaller
  2. Pindahkan kedua file magisk ke Internal storage agar mudah ditemukan nanti.
  3. Masuk ke TWRP, dengan cara tekan tombol Volume Atas dan Power bersamaan dan tahan sejenak kemudian lepaskan.
  4. Di menu TWRP pilih Install
  5. Pilih file Magisk-v17.0.zip.
  6. Geser tombol Swipe to Confirm Flash
  7. Setelah itu, lanjut dengan memilih Reboot to System

Cara Unroot

  1. Masuk lagi ke TWRP tekan tombol Power dan Volume Atas lepaskan kalau sudah tampak logo Mi.
  2. Pilih menu Install
  3. Cari dan klik file Magisk-uninstaller-20180113.zip
  4. Pada bagian bawah geser Swipe To Confirm Flash
  5. Kalau sudah selesai Reboot System

Itulah cara melakukan root smartphone Android Redmi 6A. Jika kamu masih bingung, kamu bisa bertanya di kolom komentar. Selamat mencoba!

Posting terkait:

Leave a Comment