Cara UBL / Unlock Bootloader Redmi 8 dan Redmi 8A 1

Cara UBL / Unlock Bootloader Redmi 8 dan Redmi 8A

Cara UBL Redmi 8 / 8A – baru saja merilis smartphone terbaru mereka yakni Redmi 8 dan Redmi 8A yang mana bootlaoder kedua smartphone ini terkunci. Untuk yang ingin Unlock Bootloader Redmi 8 dan Redmi 8A, bisa mengikuti tutorial disini.

Unlock Bootloader adalah hal yang harus dilakukan apabila ingin memasang TWRP, custom ROM dan root. Bisa dibilang mengunci bootloader merupakan proteksi tingkat tinggi yang diterapkan oleh vendor smartphone.

Xiaomi selaku vendor smartphone Android, mulai menerapkan bootloader terkunci sejak mereka merilis Redmi 3. Hal ini memang sangat mengecewakan para penggunanya, sebab dulunya Xiaomi terkenal user friendly dengan dunia oprekan.

Dalam dunia oprekan, custom ROM MIUI buatan Xiaomi sangat terkenal karena memiliki fitur kustomisasi yang paling lengkap. Meskipun begitu Xiaomi masih memberikan kita kebebasan untuk melakukan Unlock Bootloader.

Untuk melakukan UBL atau Unlock Bootloader pada Redmi 8 dan Redmi 8A, kamu harus menyiapkan perangkat komputer atau PC yang menggunakan OS Windows 7 keatas.

Bagi yang belum tahu bagaimana cara UBL Redmi 8 / 8A ini, bisa mengikuti panduan dari Linkrom dibawah ini.

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 8 / 8A

  1. Pastikan kamu sudah Akun Mi dan sudah berhasil login di Redmi 8 yang akan di UBL.
  2. Aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging. Caranya Buka SetelanTentang Ponsel – dan klik sebanyak 7x pada tulisan Versi MIUI sampai muncul notifikasi “anda telah menjadi pengembang”.
    mengaktifkan opsi pengembang
  3. Langkah berikutnya, aktifkan USB Debugging dan Buka Kunci OEM. Untuk caranya buka SetelanSetelan TambahanOpsi Pengembang dan Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock.
    Cara UBL / Unlock Bootloader Redmi 8 dan Redmi 8A 2
  4. Sekarang pilih menu Status Mi Unlock klik tombol Tambah akun dan Perangkat yang ada dibawah. Kalau sukses akan muncul tulisan “Berhasil ditambahkan. Akun Mi tertaut dengan perangkat ini sekarang“.
    Cara UBL / Unlock Bootloader Redmi 8 dan Redmi 8A 3
  5. Berikutnya, kamu download terlebih dahuluFile UBL Xiaomi Redmi 8 / 8A ini. Kemudian extract filenya di PC atau laptop Windows dengan software seperti Winrar atau Winzip di drive C:\ ataupun D:\
  6. Buka file MiFlashUnlock.exe dan klik Agree untuk konfirmasi disclaimer. Setelah itu masukan Akun Mi yang terhubung dengan Redmi 8 yang akan kamu UBL.
    sign akun mi
  7. Matikan Redmi 8 / 8A kamu dan masuk ke Fastboot Mode, Dengan cara dalam keadaan mati kamu tekan dan tahan tombol Power serta Volume Bawah bersamaan sampai masuk ke Fastboot Mode.
    Cara UBL / Unlock Bootloader Redmi 8 dan Redmi 8A 4
  8. Sambungkan Xiaomi Redmi 8 / 8A ke komputer/laptop dengan menggunakan Kabel USB. Sekarang pastikan di Mi Unlock Tool tersebut status berubah menjadi “Phone connected“. Itu bearti kamu bisa langsung melakukan UBL dengan klik tombol Unlock yang ada dibawah. Kalau muncul pop-up, klik Unlock anyway.
    klik tombol unlock
  9. Jika sukses akan ada tulisan Unlocked Successfully dan silahkan klik Reboot. Selamat kamu berhasil membuka kunci Bootloader Xiaomi Redmi 8 / 8A.
    unlocked successfully

Kalau mengalami kegagalan, terlihat notifikasi “Couldn’t unlock. After 72 hours of trying to unlock the device” itu bearti kamu baru bisa mencobanya lagi setelah 72 jam atau kurang lebih 3 hari berikutnya.

Cara Cek Status Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 8 / 8A

Pastikan sudah mengaktifkan Opsi Pengembang, Caranya masuk Setelan > Tentang Ponsel > Kemudian tap 7 kali pada MIUI Version.
Sekarang masuk menu Opsi Pengembang, Caranya masuk Setelan > Setelan Tambahan > Pilih Opsi Pengembang.
Buka Mi Unlock Status, jika Xiaomi Redmi 8 / 8A sudah ter-unlock akan seperti tampak seperti dibawah ini.
cek status UBL Xiaomi Redmi 8 / 8A

Nah selesai sudah postingan Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 8 / 8A. Jika masih bingung, silahkan bertanya di kolom komentar dan juga silahkan untuk share ke teman atau membaca tutorial berikutnya tentang Unlock Bootloader Xiaomi Redmi Note 7. Selamat mencoba!.