Cara Sukses Unlock Bootloader Xiaomi Redmi Note 5 Pro Whyred Secara Resmi

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi Note 5 Pro – Pada kesempatan kali ini, LinkROM.com akan menjelaskan bagaimana cara membuka bootloader perangkat Xiaomi Redmi Note 5 Pro secara resmi. Unlock bootloader perlu dilakukan apabila kamu ingin memasang TWRP dan root Xiaomi Redmi Note 5 Pro.

Pada kamera smartphone Xiaomi Redmi Note 5 Pro ini juga dibekali dengan kamera yang berlensa besar. Untuk memanjakan pengguna pada kamera utama dibekali dengan kamera berlensa 16 MP, yang mampu menghasilkan beresolusi 3264 x 2448 pixels, pada kameranya juga dibackup dengan fitur Autofocus, LED flash. Sedangkan untuk kamera depan dibekali dengan kamera beresolusi 8 MP.

Untuk fungsi perekaman smartphone ini mampu merekam baik dengan kualitas HD 1080p@30fps. Kelengkapan smartphone ini juga dibekali dengan baterai Non-Removable Li-Po 5000 mAh. Hanya saja tipe baterai yang digunakan adalah non removeable jadi jika smartphone mengalami masalah pada baterainya, Kamu tidak bisa langsung mencopot dan menggantinya. baterai yang juga dilengkapi fitur fast charging sebagai percepatan pengisian daya isi ulang saat proses charging.

Satu lagi keunggulan Xiaomi Redmi Note 5 Pro ini adalah mendukung untuk koneksi dengan teknologi terbaru yakni 4G. Dengan koneksi akses internet cepat ala 4G, aktifitas browsing, streaming, download dan upload akan terasa lebih menyenangkan. Selain fitur 4G ini, juga sudah mendukung dua generasi teknologi internet sebelumnya, yakni 2G dan 3G. Pada sisi wifinya mendukung Wi-Fi 802.11 b/g/n. Sedangkan fitur konektivitas lainnya adalah hotspot, Micro USB , Bluetooth ,A2DP.

Smartphone ini telah mengadopsi software terbaru, bahkan yang paling baru. OS Android v7.0 Nougat merupakan komponen sistem pengoperasian smartphone yang akan hadir dengan User Interface MIUI 8.0. Kelebihan software ini selain kece dan banyak hadir aplikasi di plays store, juga berfungsi menghemat daya baterai bila dibandingkan dengan sistem pengoperasian terdahulu seperti Android Marsmallow.

Rata-rata smartphone di era sekarang telah dibekali dengan kemampuan dual SIM stanby. SIM bertipe Nano yang dimana kedua SIM tersebut dapat diaktifkan secara bersamaan sehingga menunjang aktifitas komunikasi penggunanya. Entah itu komunikasi seluler ataupun akses internet. Untuk koneksi internet sendiri pengguna dapat mengandalkan support 4G yang masih akan didampingi koneksi lain 2G, 3G HSDPA.

Bekalan RAM 4GB akan sangat berdampak terhadap kinerja dari lini mesin yang terbantu ruang pengelolaan data aplikasi tersebut. RAM yang akan berdampingan dengan internal luas berukuran 64GB yang berguna menyimpan file yang bersifat statis. Internal tersebut pun masih dapat di ekpsansi dengan slot MicroSD yang menyatu dengan SMI 2 berukuran 256GB.

Apa itu Bootloader

Bootloader adalah software kecil yang dijalankan sebelum Xiaomi Redmi Note 5 Pro menjalani proses booting. Bootloader secara umum mengecek apakah perangkat menjalankan software resmi/asli atau tidak. Bootloader sendiri terbagi dalam 2 macam yakni locked bootloader dan unlocked bootloader.

Pertanyaannya kemudian adalah kenapa bootloader dikunci oleh Xiaomi? Ini bertujuan agar kamu tidak memasang custom ROM yang bukan buatan XIAOMI. Manfaatnya jelas adalah garansi smartphone kamu tetap valid, dan juga terhindar dari bricked.

Cara Unlock Bootloader Redmi Note 5 Pro

  1. Buat Akun MI terlebih dahulu melalui smartphone Xiaomi kamu.
  2. Aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging.
  3. Caranya Buka SetelanTentang Ponsel – dan klik sebanyak 7x pada tulisan Versi MIUI sampai muncul notifikasi “anda telah menjadi pengembang”.
  4. Buka SetelanSetelan TambahanOpsi Pengembang dan Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock
  5. Pilih menu Status Mi Unlock klik tombol Tambah akun dan Perangkat.
  6. Download File UBL Xiaomi Redmi Note 5 Pro
  7. Extract filenya di PC atau laptop Windows dengan software seperti Winrar atau Winzip
  8. Buka file MiFlashUnlock.exe dan klik Agree untuk konfirmasi disclaimer.
  9. Masukan Akun Mi yang sudah dibuat tadi.
  10. Matikan Redmi Note 5 Pro kamu dan masuk ke Fastboot Mode, Dengan cara dalam keadaan mati kamu tekan dan tahan tombol Power serta Volume Bawah bersamaan sampai masuk ke Fastboot Mode.
  11. Sambungkan Xiaomi Redmi Note 5 Pro ke komputer/laptop dengan menggunakan Kabel USB.
  12. Klik tombol Unlock untuk memulai proses unlock.
  13. Jika sukses akan ada tulisan Unlocked Successfully
    unlocked successfully
  14. Selamat kamu berhasil membuka kunci Bootloader Xiaomi Redmi Note 5 Pro

Jika tertulis “Couldn’t Unlock, After 360 hours of trying to unlock the device” itu berarti harus menunggu selama 360 jam atau 15 hari untuk bisa melakukan Unlock lagi.

Cara Cek Status Unlock Bootloader Redmi Note 5 Pro

Pastikan sudah mengaktifkan Opsi Pengembang, Caranya masuk Setelan > Tentang Ponsel > Kemudian tap 7 kali pada MIUI Version.
Sekarang masuk menu Opsi Pengembang, Caranya masuk SetelanSetelan Tambahan – Pilih Opsi Pengembang.
Buka Mi Unlock Status, jika Xiaomi Redmi Note 5 Pro sudah ter-unlock akan seperti tampak seperti dibawah ini.
cek status UBL Xiaomi Redmi Note 5 Pro

Sebenarnya proses UBL tidaklah sulit, cuma masalah waktu saja yang memang lama kalau di suruh menunggu. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi pengguna Redmi Note 5 Pro ini dan sampai jumpa di tutorial berikutnya mengenai Cara Pasang TWRP Redmi Note 5 Pro (Whyred). Semoga berguna!.

Baca Juga
  1. Cara Hard Reset Xiaomi Mi A3 / A2 / A1 via Recovery
  2. Cara Factory / Hard Reset Xiaomi Mi Mix 3
  3. Tutorial Hard / Factory Reset Xiaomi Mi Mix 2 / Mix 2s