Cara Unlock Bootloader / UBL Xiaomi Redmi Note 4 MTK Codename Nikel 1

Cara Unlock Bootloader / UBL Xiaomi Redmi Note 4 MTK Codename Nikel

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi Note 4 – Pada kesempatan kali ini, LinkROM.com akan menjelaskan bagaimana cara membuka bootloader perangkat Xiaomi Redmi Note 4 secara resmi. Unlock bootloader perlu dilakukan apabila kamu ingin memasang TWRP dan root Xiaomi Redmi Note 4 versi Mediatek.

Redmi Note 4 ini hadir dalam 2 pilihan chipset, Yang pertama menggunakan tipe Mediatek MT6797 Helio X20 muncul pada pertengahan Agustus 2016, sedangkan versi yang kedua hadirkan chipset Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625. Disini saya akan membahas mengenai cara Unlock Bootlaoder versi Medaitek.

Redmi Note 4 telah mengusung sistem operasi Android terbaru yang berpadu dengan tampilan antarmuka MIUI 8, sehingga user interfacenya tidak akan membosankan, dan bisa kita atur sesuai selera melalui berbagai pilihan thema, icon, hingga lock screen.

Kemudian untuk suplai daya, bahkan spesifikasi Xiaomi Redmi Note 4 juga sudah dibekali dengan baterai berkapasitas 4.100 mAh yang dilengkapi fitur Fast Charging.

Semua fitur yang ada di dalamnya akan mampu memanjakan pengguna Redmi Note 4. Terutama di kamera yang mengusung teknologi Dual Kamera beresolusi 13 Megapixel, serta didukung berbagai fitur, seperti Dual LED Flash, Phase Detection Autofocus, dll. Sedangkan untuk urusan berfoto selfie, Redmi Note 4 telah mengandalkan kamera depan beresolusi 5 Megapixel.

Merupakan penyempurna dari generasi Xiaomi Redmi 4 yang akan bersaing di kelas Mid Range. Berbagai keunggulan dihadirkan pada smartphone ini, selain desain premium usung bahan bodi material metal pilihan, hal tersebut juga akan di imbangi dengan perpaduan kombinasi komponen hardware dan software terbaik yang sangat gahar ketika menjalankan segala aktifitas komputasi.

Xiaomi Redmi Note 4 telah dibekali dengan layar berukuran 5,5 inci dengan ukuran resolusi 1080 x 1920 pixels mencapai erapatan layar ~401 ppi pixel density. Ukuran layar yang sangat menjamin kenyamanan ketika dipakai untuk segala macam aktifitas multimedia yang di lakukan.

Selain itu juga sudah dibekali slot MemoryCard external mencapai ukuran 256GB, smartphone ini juga memiliki penyimpanan internal yang besar.

Baterai berukuran 4100 mAh merupakan ukuran yang dapat di bilang sangat besar. Berfungsi sebagai salah satu tenaga utama yang bertugas menjalankan semua spesifikasi serta fitur yang tersemmat pada phablet. Unik nya Fast charging juga telah di bekal kan yang bertugas memberikan efisiensi waktu lebih cepat saat proses charging (pengisian daya).

Apa itu Bootloader

Bootloader adalah sebuah kode yang harus dieksekusi sebelum sistem operasi (OS) mulai berjalan, termasuk HP Xiaomi Redmi Note 4. Dengan mengunci Bootloader, Xiaomi Redmi Note 4 kita sepenuhnya berada dalam tanggung jawab XIAOMI, termasuk memberikan update.

Jika smartphone Xiaomi Redmi Note 4 sudah di-unlock Bootloader-nya, maka tidak akan lagi mendapat dukungan update dan jaminan keamanan langsung dari XIAOMI. Bootloader sendiri terbagi dalam 2 macam yakni locked bootloader dan unlocked bootloader.

Pertanyaannya kemudian adalah kenapa bootloader dikunci oleh Xiaomi? Ini bertujuan agar kamu tidak memasang custom ROM yang bukan buatan XIAOMI. Manfaatnya jelas adalah garansi smartphone kamu tetap valid, dan juga terhindar dari bricked.

Cara Unlock Bootloader Redmi Note 4

  1. Buat Akun MI terlebih dahulu melalui smartphone Xiaomi kamu.
  2. Aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging.
  3. Caranya Buka SetelanTentang Ponsel – dan klik sebanyak 7x pada tulisan Versi MIUI sampai muncul notifikasi “anda telah menjadi pengembang”.
  4. Buka SetelanSetelan TambahanOpsi Pengembang dan Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock
    Cara Unlock Bootloader / UBL Xiaomi Redmi Note 4 MTK Codename Nikel 2
  5. Pilih menu Status Mi Unlock klik tombol Tambah akun dan Perangkat.
    Cara Unlock Bootloader / UBL Xiaomi Redmi Note 4 MTK Codename Nikel 3
  6. Download File UBL Xiaomi
  7. Extract filenya di PC atau laptop Windows dengan software seperti Winrar atau Winzip
  8. Buka file MiFlashUnlock.exe dan klik Agree untuk konfirmasi disclaimer.
  9. Masukan Akun Mi yang sudah dibuat tadi.
  10. Matikan Redmi Note 4 kamu dan masuk ke Fastboot Mode, Dengan cara dalam keadaan mati kamu tekan dan tahan tombol Power serta Volume Bawah bersamaan sampai masuk ke Fastboot Mode.
    Cara Unlock Bootloader / UBL Xiaomi Redmi Note 4 MTK Codename Nikel 4
  11. Sambungkan Xiaomi Redmi Note 4 ke komputer/laptop dengan menggunakan Kabel USB.
  12. Klik tombol Unlock untuk memulai proses unlock.
  13. Jika sukses akan ada tulisan Unlocked Successfully
    unlocked successfully
  14. Selamat kamu berhasil membuka kunci Bootloader Xiaomi Redmi Note 4

Jika tertulis “Couldn’t Unlock, After 360 hours of trying to unlock the device” itu berarti harus menunggu selama 360 jam atau 15 hari untuk bisa melakukan Unlock lagi.

Cara Cek Status Unlock Bootloader Redmi Note 4

Pastikan sudah mengaktifkan Opsi Pengembang, Caranya masuk Setelan > Tentang Ponsel > Kemudian tap 7 kali pada MIUI Version.
Sekarang masuk menu Opsi Pengembang, Caranya masuk Setelan > Setelan Tambahan > Pilih Opsi Pengembang.
Buka Mi Unlock Status, jika Xiaomi Redmi Note 4 sudah ter-unlock akan seperti tampak seperti dibawah ini.
cek status UBL Xiaomi Redmi Note 4

Baiklah mungkin itu saja tutorial kali ini tentang Cara Unlock Bootloader Redmi Note 4 MTK “Nikel”. Saya harapkan untuk membaca artikel lainnya juga seperti Cara pasang TWRP Xiaomi Redmi Note 4x. Semoga informasi yang saya tulis bermanfaat.