Cara UBL / Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 6 (cereus) Tanpa SMS

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 6 – Kali ini LinkROM.com akan memberikan tutorial tentang cara UBL Xiaomi Redmi 6 MIUI 8 / MIUI 9 dan MIUI 10. Xiaomi memutuskan untuk mengunci bootloader semua perangkat android mereka, dan tentunya kita akan lebih sulit untuk melakukan flashing custom ROM. Untuk itu kita harus membuka kunci bootloader Xiaomi Redmi 6 terlebih dahulu.

Redmi 6 ini berbeda dengan pendahulu yang mengusung lensa utama lebih besar daripada lensa sekunder nya. Kali ini Redmi 6 berinovasi dengan usung kamera utama berukuran 13MP, sedangkan kamera sekunder memiliki ukuran lebih besar yakni 16MP.

Kamera yang baik saat dipakai berfoto serta merekam video berkualitas 4K mencapai ukuran 2160p@30fps. Berbagai fitur pendukung seperti Phase Detection Autofocus dan dual-LED flash akan meramaikan sisi fitur pendamping lensa. Kualitas alat dokumentasi terbaik era modern dengan segala kepraktisan nya.

Fitur lainya seperti Bluetooth serta Micro USB v 2.0, USB OTG merupakan fitur konektivitas yang berguna bagi kita yang ingin melakukan proses transfer data. Kemampuan mentransfer lebih cepat akan dirasakan yang dimana ke semua fitur tersebut telah ada pada Redmi 6.

Support koneksi paling stabil 4G yang diklaim merupakan jaringan tercepat dan paling stabil saat ini. Jaringan tersebut telah didampingi 2 koneksi cadangan yang dapat dipakai saat berada pada wilayah yang tak ada sinyal 4G nya. kemampuan yang menjamin kelancaran akses internet sehingga menjamin kenyamanan untuk segala aktifitas mobile yang di lakukan.

Apa itu Bootloader

Bootloader adalah sebuah program yang berfungsi untuk memuat OS ketika Xiaomi Redmi 6 dalam proses booting. Konsep bootloader bersifat universal untuk semua jenis OS yang sistemnya tertanam di PC, laptop, smartphone , dll. Bootloader sendiri terbagi dalam 2 macam yakni locked bootloader dan unlocked bootloader.

Pihak XIAOMI sendiri selama ini mendukung para pemilik smartphone bikinannya agar lebih leluasa untuk melakukan modifikasi smartpohne secara mandiri dengan membuka kunci bootloader. XIAOMI mengizinkan para penggunanya untuk mengajukan pembukaan bootloader terlebih dahulu lewat layanan Unlock Bootloader agar nantinya tak digunakan untuk hal negatif.

Cara Unlock Bootloader Redmi 6

  1. Buat Akun MI terlebih dahulu melalui smartphone Xiaomi kamu.
  2. Aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging.
  3. Caranya Buka SetelanTentang Ponsel – dan klik sebanyak 7x pada tulisan Versi MIUI sampai muncul notifikasi “anda telah menjadi pengembang”.
  4. Buka SetelanSetelan TambahanOpsi Pengembang dan Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock
  5. Pilih menu Status Mi Unlock klik tombol Tambah akun dan Perangkat.
  6. Download File UBL Xiaomi
  7. Extract filenya di PC atau laptop Windows dengan software seperti Winrar atau Winzip
  8. Buka file MiFlashUnlock.exe dan klik Agree untuk konfirmasi disclaimer.
  9. Masukan Akun Mi yang sudah dibuat tadi.
  10. Matikan Redmi 6 kamu dan masuk ke Fastboot Mode, Dengan cara dalam keadaan mati kamu tekan dan tahan tombol Power serta Volume Bawah bersamaan sampai masuk ke Fastboot Mode.
  11. Sambungkan Xiaomi Redmi 6 ke komputer/laptop dengan menggunakan Kabel USB.
  12. Klik tombol Unlock untuk memulai proses unlock.
  13. Jika sukses akan ada tulisan Unlocked Successfully
  14. Selamat kamu berhasil membuka kunci Bootloader Xiaomi Redmi 6

Kalau mengalami kegagalan seperti ini “Couldn’t Unlock, After 720 hours of trying to unlock the device” itu berarti harus menunggu selama 720 jam atau 30 hari untuk bisa melakukan UBL lagi.

Cara Cek Status Unlock Bootloader Redmi 6

Pastikan sudah mengaktifkan Opsi Pengembang, Caranya masuk Setelan > Tentang Ponsel > Kemudian tap 7 kali pada MIUI Version.
Sekarang masuk menu Opsi Pengembang, Caranya masuk Setelan > Setelan Tambahan > Pilih Opsi Pengembang.
Buka Mi Unlock Status, jika Xiaomi Redmi 6 sudah ter-unlock akan seperti tampak seperti dibawah ini.
cek status UBL Xiaomi Redmi 6

Sebenarnya proses UBL tidaklah sulit, cuma masalah waktu saja yang memang lama kalau di suruh menunggu. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi pengguna Redmi 6 ini dan sampai jumpa di tutorial berikutnya mengenai Cara UBL Xiaomi Redmi 5A. Semoga berguna!.

Posting terkait: