Cara UBL / Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 5 Plus MIUI 9 / 10 + Android Nougat Dan Oreo

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 5 Plus – Kali ini LinkROM.com akan memberikan tutorial tentang cara UBL Xiaomi Redmi 5 Plus MIUI 9 dan MIUI 10 baik itu di Android 7.1.2 Nougat maupun 8.0 Oreo. Sejak Xiaomi memutuskan untuk mengunci bootloader semua perangkat android mereka, dan tentunya kita akan lebih sulit untuk melakukan flashing custom ROM. Untuk itu kita harus membuka kunci bootloader Xiaomi Redmi 5 Plus terlebih dahulu.

Dilihat dari segi dapur pacunya Redmi 5 Plus ini memiliki beberapa keunggulan karena sudah menggunakan prosesor Snapdragon 625 yang merupakan prosesor buatan Qualcomm dengan fabrikasi 14 nanometer. Processor ini juga dipadukan dengan CPU yang terdiri dari 8 core inti.

Sementara itu prosesor yang unggul tersebut juga mendapat dukungan dari ukuran RAM yang besar yaitu 3 dan 4 GB. Xiaomi Redmi 5 Plus memang memiliki dua varian sebagai pilihan kita yaitu yang memiliki RAM 3GB dan yang memiliki RAM 4GB. Pada bagian grafisnya didukung dengan GPU adreno 506 sebagai teknologi pengolahan grafis yang memberikan Efek kejernihan pada layar.

Dukungan kamera yang dibekalkan pada Redmi 5 Plus untuk sarana fotografi dibekali dengan kamera yang memiliki resolusi 12 MP. Kamera ini dilengkapi dengan beberapa fitur unggulan seperti PDAF dan Dual-LED (dual tone) Flash.Dengan adanya fitur dual LED Flash tersebut tentu pengguna dapat mengabadikan foto-foto pada momen-momen pentingnya meskipun di tempat yang kurang pencahayaan.

Pihak Xiaomi juga tidak mengabaikan dengan hobi yang sekarang ini banyak diminati oleh para pengguna smartphone , yaitu berfoto selfie. Kegiatan berfoto selfie sekarang ini bisa dikatakan menjadi sesuatu kebutuhan bagi setiap pengguna smartphone karena kebanyakan dari mereka menggunakan Smartphone untuk berfoto selfie dengan tujuan untuk dipamerkan di sosial media. Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan tersebut Xiaomi Redmi 5 Plus dibekali dengan kamera depan dengan resolusi 5 MP dengan apeture f/2.0.

Memori internal yang diusung Redmi 5 Plus baik itu yang 32GB ataupun yang 64GB sudah lebih dari cukup untuk menyimpan file-file foto ataupun file video serta dokumen dokumen penting yang dimiliki pengguna. Meski demikian Xiaomi Redmi 5 Plus masih dilengkapi dengan slot micro SD yang mampu memperluas media penyimpanan hingga 128 GB. Penambahan memori eksternal yang menggunakan micro SD dengan ukuran maksimal 128gb ini dimaksudkan agar memberikan keleluasaan kepada para pengguna Redmi 5 Plus agar tidak merasa kekurangan media penyimpanan.

Apa itu Bootloader

Bootloader adalah sebuah perangkat lunak yang dijalankan saat Xiaomi Redmi 5 Plus dinyalakan. Perangkat lunak ini bertanggung jawab menentukan program apa saja yang dimuat saat Xiaomi Redmi 5 Plus menyala. Karena fungsinya yang krusial, bootloader biasanya berada pada memori (ROM) tersendiri, terpisah dari memori yang digunakan oleh sistem operasi Android. Bootloader sendiri terbagi dalam 2 macam yakni locked bootloader dan unlocked bootloader.

Unlock Bootloader adalah posisi bootloader yang tidak terkunci, bisa dari bawaan pabrik, atau bisa melalui proses unlock bootloader. Xiaomi Redmi 5 Plus yang sudah unlock bootloader secara default sudah terinstall Recovery.

Cara Unlock Bootloader Redmi 5 Plus

  1. Buat Akun MI terlebih dahulu melalui smartphone Xiaomi kamu.
  2. Aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging.
  3. Caranya Buka SetelanTentang Ponsel – dan klik sebanyak 7x pada tulisan Versi MIUI sampai muncul notifikasi “anda telah menjadi pengembang”. Untuk detailnya cara mengaktifkan usb debugging dan oem unlock di Redmi 5 Plus
  4. Buka SetelanSetelan TambahanOpsi Pengembang dan Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock
  5. Pilih menu Status Mi Unlock klik tombol Tambah akun dan Perangkat.
  6. Download File UBL Xiaomi
  7. Extract filenya di PC atau laptop Windows dengan software seperti Winrar atau Winzip
  8. Buka file MiFlashUnlock.exe dan klik Agree untuk konfirmasi disclaimer.
  9. Masukan Akun Mi yang sudah dibuat tadi.
  10. Matikan Redmi 5 Plus kamu dan masuk ke Fastboot Mode, Dengan cara dalam keadaan mati kamu tekan dan tahan tombol Power serta Volume Bawah bersamaan sampai masuk ke Fastboot Mode.
  11. Sambungkan Xiaomi Redmi 5 Plus ke komputer/laptop dengan menggunakan Kabel USB.
  12. Klik tombol Unlock untuk memulai proses unlock.
  13. Jika sukses akan ada tulisan Unlocked Successfully
    unlocked successfully
  14. Selamat kamu berhasil membuka kunci Bootloader Xiaomi Redmi 5 Plus

Apabila di Mi Unlock tertera “Couldn’t Unlock, After 72 hours of trying to unlock the device” itu berarti harus menunggu selama 72 jam atau 3 hari untuk bisa melakukan Unlock lagi.

Cara Cek Status Unlock Bootloader Redmi 5 Plus

Pastikan sudah mengaktifkan Opsi Pengembang, Caranya masuk Setelan > Tentang Ponsel > Kemudian tap 7 kali pada MIUI Version.
Sekarang masuk menu Opsi Pengembang, Caranya masuk Setelan > Setelan Tambahan > Pilih Opsi Pengembang.
Buka Mi Unlock Status, jika Xiaomi Redmi 5 Plus sudah ter-unlock akan seperti tampak seperti dibawah ini.
cek status UBL Xiaomi Redmi 5 Plus

Baiklah mungkin itu saja tutorial kali ini tentang Cara UBL Xiaomi Redmi 5 Plus. Saya harapkan untuk membaca artikel lainnya juga seperti