Cara UBL / Unlock Bootloader Xiaomi Mi 5s Plus (Natrium) MIUI 9 / MIUI 10

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Mi 5s Plus – Bagi yang ingin membuka kunci bootloader Xiaomi Mi 5s Plus dan belum mengetahui bagaimana caranya, berikut ini adalah panduan lengkap cara unlock bootloader Mi 5s Plus yang bisa kamu gunakan.

Xiaomi Mi 5s Plus dengan codename Natrium dibanderol dengan harga yang cukup mahal, karena Xiaomi membekalinya dengan teknologi 4G cat9 dengan kecepatan 450 Mbps dan upload 50 Mbps. Selain itu dibekali juga dengan teknologi WiFi Dual Chanel (WiFi 802.11 a/b/g/n/ac) dan Bluetooth. Sementara untuk akses navigasinya mengandalkan GPS berteknologi A-GPS, Glonass dan Beidou.

Mi 5 Plus ini memiliki dual lensa kamera yang cukup besar. Dari lensa utama, kamera belakang mempunyai lensa kamera sebesar 13 MP dan disertakan teknologi OIS ( Optimal Image Stabilization) dan lampu flash dual-tone yang berada diposisi belakang, dari semua fitur yang diberikan mampu menghasilkan sebuah foto berkualitas tinggi, dan bisa dipakai untuk mengoptimalkan hasil rekaman video beresolusi 4k (2160p).

Sektor kamera smartphone Xiaomi ini beresolusi lebih tinggi dari 13 MP, dan pada sisi depan, dipasangkan lensa 4 MP. Walaupun resolusinya masih dibawah smartphone sekelas premium yang rata-rata memiliki kamera 5 MP atau 8 MP. Namun Xiaomi memberikan sensor terbaik dengan lensa berukuran 2 Micronpixels, sehingga kualitas fotonya mampu mengalahkan kamera beresolusi lebih besar dari smartphone ini.

Apa itu Bootloader

Bootloader adalah software kecil yang dijalankan sebelum Xiaomi Mi 5s Plus menjalani proses booting. Bootloader secara umum mengecek apakah perangkat menjalankan software resmi/asli atau tidak. Bootloader sendiri terbagi dalam 2 macam yakni locked bootloader dan unlocked bootloader.

Unlock Bootloader adalah posisi bootloader yang tidak terkunci, bisa dari bawaan pabrik, atau bisa melalui proses UBL. Xiaomi Mi 5s Plus yang sudah unlock bootloader secara default sudah terinstall Recovery.

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Mi 5s Plus

  1. Buat Akun MI terlebih dahulu melalui smartphone Xiaomi kamu.
  2. Aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging.
  3. Caranya Buka SetelanTentang Ponsel – dan klik sebanyak 7x pada tulisan Versi MIUI sampai muncul notifikasi “anda telah menjadi pengembang”.
  4. Buka SetelanSetelan TambahanOpsi Pengembang dan Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock
  5. Pilih menu Status Mi Unlock klik tombol Tambah akun dan Perangkat.
  6. Download File UBL Xiaomi Mi 5s Plus
  7. Extract filenya di PC atau laptop Windows dengan software seperti Winrar atau Winzip
  8. Buka file MiFlashUnlock.exe dan klik Agree untuk konfirmasi disclaimer.
  9. Masukan Akun Mi yang sudah dibuat tadi.
  10. Matikan Mi 5s Plus kamu dan masuk ke Fastboot Mode, Dengan cara dalam keadaan mati kamu tekan dan tahan tombol Power serta Volume Bawah bersamaan sampai masuk ke Fastboot Mode.
  11. Sambungkan Xiaomi Mi 5s Plus ke komputer/laptop dengan menggunakan Kabel USB.
  12. Klik tombol Unlock untuk memulai proses unlock.
  13. Jika sukses akan ada tulisan Unlocked Successfully
    unlocked successfully
  14. Selamat kamu berhasil membuka kunci Bootloader Xiaomi Mi 5s Plus

Jika tertulis “Couldn’t Unlock, After 360 hours of trying to unlock the device” itu berarti harus menunggu selama 360 jam atau 15 hari untuk bisa melakukan Unlock lagi.

Cara Cek Status Unlock Bootloader Xiaomi Mi 5s Plus

Pastikan sudah mengaktifkan Opsi Pengembang, Caranya masuk Setelan > Tentang Ponsel > Kemudian tap 7 kali pada MIUI Version.
Sekarang masuk menu Opsi Pengembang, Caranya masuk Setelan > Setelan Tambahan > Pilih Opsi Pengembang.
Buka Mi Unlock Status, jika Xiaomi Mi 5s Plus sudah ter-unlock akan seperti tampak seperti dibawah ini.
cek status UBL Xiaomi Mi 5s Plus

Baiklah mungkin itu saja tutorial kali ini tentang Cara UBL Xiaomi Mi 5s Plus di MIUI 8, MIUI 9 ataupun MIUI 10. Saya harapkan untuk membaca artikel lainnya juga seperti Tutorial lengkap Pasang TWRP Mi 5s Plus. Semoga informasi yang saya tulis bermanfaat.

Posting terkait: