Cara UBL / Unlock Bootloader Xiaomi Mi 4c Tanpa SMS (100% Berhasil)

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Mi 4c – Bagi yang ingin membuka kunci bootloader Xiaomi Mi 4c dan belum mengetahui bagaimana caranya, berikut ini adalah panduan lengkap cara unlock bootloader Xiaomi Mi 4c yang bisa kamu gunakan.

Xiaomi Mi 4c disematkan processor Quallcom Snapdragon 808 pada ponselnya. Berbekal 6 inti processor (Hexa Core) yang didalamnya memadukan 4 inti berkecepatan 1.44 GHz Cortex-A53, dan 2 inti 1.82 GHz Cortex-A57.

Panduan Terkait

Bukan itu saja kecanggihan dalam smartphone ini, karena processor yang dibuat dengan teknologi 20 nm dan mempunyai arsitektur 64 Bit, dan juga tidak ketinggalan pada chipset grafis yang sudah dilengkapi dengan Adreno 418, serta adanya RAM yang besar yakni 2 GB yang dipercaya untuk memberikan kualitas gambar terbaik saat memainkan aplikasi multimedia dengan resolusi tinggi.

Xiaomi Mi 4c ini telah tersemat sistem operasi MIUI v.7 didalam Android Lollipop 5.1.1. Uniknya, MIUI v.7 ini sangat memiliki tingkat efisien baterai yang lebih baik dibandingkan dengan MIUI v.6, yang tentunya kinerja yang dihasilkan pun akan meningkat dan juga lebih stabil dibanding dengan versi sebelumnya.

Pada kamera depan smartphone ini dilengkapi dengan lensa kamera 5 MP yang tentunya bisa dipastikan kamu akan merasakan sensasi foto selfie yang menakjubkan karena telah dilengkapi pula dengan diafragma F/1.8 yang tebukti optimal ketika dipakai saat berfoto selfie dimalam hari. Jadi kamu tak perlu meragukan tentang kualitas jepretan foto selfienya, maupun dengan kualitas videonya ketika dipakai berkomunikasi lewat video call ataupun video chat.

Kemudian lensa kamera belakang, Xiaomi telah melengkapinya dengan lensa kamera 13 MP (4128 x 3096) pixels. Tidak lupa kamera yang mempunyai resolusi yang besar itu telah dilengkapi dengan autofocus, dual tone, LED Flash dan fitur face.

Namun yang paling menarik adalah hadirnya Aperture F/2.0 dan 5 element lensa, yang mampu meningkatkan ketajaman foto ketika dipakai memotret dalam keadaan gelap atau foto dimalam hari dan merekam video berkualitas Full HD.

Dibalik dengan keseluruhan desain yang bisa dibilang tipis dengan ketebalan cuma 7.8 mm. Kini smartphone ini dilengkapi dengan baterai berjenis Li-Ion berdaya 3120 mAh yang terbukti cukup tahan lama jika dipakai berkomunikasi maupun untuk memainkan semua aplikasi multimedia sehari-hari dalam waktu yang lama.

Apa itu Bootloader

Bootloader adalah sebuah kode yang harus dieksekusi sebelum sistem operasi (OS) mulai berjalan, termasuk HP Xiaomi Mi 4c. Dengan mengunci Bootloader, Xiaomi Mi 4c kita sepenuhnya berada dalam tanggung jawab XIAOMI, termasuk memberikan update. Jika smartphone Xiaomi Mi 4c sudah di-unlock Bootloader-nya, maka tidak akan lagi mendapat dukungan update dan jaminan keamanan langsung dari XIAOMI. Bootloader sendiri terbagi dalam 2 macam yakni locked bootloader dan unlocked bootloader.

Pihak XIAOMI sendiri selama ini mendukung para pemilik smartphone bikinannya agar lebih leluasa untuk melakukan modifikasi smartpohne secara mandiri dengan membuka kunci bootloader. XIAOMI mengizinkan para penggunanya untuk mengajukan pembukaan bootloader terlebih dahulu lewat layanan Unlock Bootloader agar nantinya tak digunakan untuk hal negatif.

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Mi 4c

  1. Buat Akun MI terlebih dahulu melalui smartphone Xiaomi kamu.
  2. Aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging.
  3. Caranya Buka SetelanTentang Ponsel – dan klik sebanyak 7x pada tulisan Versi MIUI sampai muncul notifikasi “anda telah menjadi pengembang”.
  4. Buka SetelanSetelan TambahanOpsi Pengembang dan Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock
  5. Pilih menu Status Mi Unlock klik tombol Tambah akun dan Perangkat.
  6. Download File UBL Xiaomi
  7. Extract filenya di PC atau laptop Windows dengan software seperti Winrar atau Winzip
  8. Buka file MiFlashUnlock.exe dan klik Agree untuk konfirmasi disclaimer.
  9. Masukan Akun Mi yang sudah dibuat tadi.
  10. Matikan Xiaomi Mi 4c kamu dan masuk ke Fastboot Mode, Dengan cara dalam keadaan mati kamu tekan dan tahan tombol Power serta Volume Bawah bersamaan sampai masuk ke Fastboot Mode.
  11. Sambungkan Xiaomi Mi 4c ke komputer/laptop dengan menggunakan Kabel USB.
  12. Klik tombol Unlock untuk memulai proses unlock.
  13. Jika sukses akan ada tulisan Unlocked Successfully
  14. Selamat kamu berhasil membuka kunci Bootloader Xiaomi Mi 4c

Apabila di Mi Unlock tertera “Couldn’t Unlock, After 72 hours of trying to unlock the device” itu berarti harus menunggu selama 72 jam atau 3 hari untuk bisa melakukan Unlock lagi.

Cara Cek Status Unlock Bootloader Xiaomi Mi 4c

Pastikan sudah mengaktifkan Opsi Pengembang, Caranya masuk Setelan > Tentang Ponsel > Kemudian tap 7 kali pada MIUI Version.
Sekarang masuk menu Opsi Pengembang, Caranya masuk Setelan > Setelan Tambahan > Pilih Opsi Pengembang.
Buka Mi Unlock Status, jika Xiaomi Mi 4c sudah ter-unlock akan seperti tampak seperti dibawah ini.

Sebenarnya proses UBL tidaklah sulit, cuma masalah waktu saja yang memang lama kalau di suruh menunggu. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi pengguna Xiaomi Mi 4c ini dan sampai jumpa di tutorial berikutnya mengenai Cara PAsang TWRP Xiaomi Redmi Note 4. Semoga berguna!.