Cara Root Xiaomi Redmi Pro Marshmallow Dan Nougat via Magisk

Cara Root Redmi Pro – Di malam yang sunyi ini saya akan memberikan tutorial tentang bagaimana cara mendapatkan akses root pada Redmi Pro. Setiap orang menggunakan perangkat Android dengan bermacam-macam tujuanya ada yang cuma buat mendengarkan lagu, mengabadikan momen dengan kamera, telponan sama pacar. Bahkan ada yang lebih ekstrim lagi seperti install custom rom, overclock CPU, memodifikasi systemUI, dan masih banyak lagi. Untuk melakukan itu ada persyaratan khusus dimana Xiaomi Redmi Pro harus sudah di root terlebih dahulu.

Untuk root di Xiaomi Redmi Pro sebenarnya sama saja dengan proses ngeroot di Xiaomi Redmi 3s Plus yang bisa kita gunakan dan disini saya share lagi beberapa metode yang cukup ampuh untuk membuka akses root Android ini.

Panduan Terkait

Xiaomi Redmi Pro ini diperkenalkan pada bulan Agustus 2016 ini. Muncul dengan desain yang elegan serta terbuat dari bahan metal sehingga menampakan sisi Smartphone kelas premium. Jika dilihat dari desain, Xiaomi Redmi Pro ini tak ubahnya Xiaomi Redmi 3 ataupun Xiaomi Redmi 3 Pro.

Bekal hardware yang di berikan pada Redmi Pro sudah termasuk hardware kelas atas. Pihak Xiaomi menggunakan Chipset dari Mediatek serta Prosesor yang sudah Deca Core sehingga performanya luar biasa gahar.

Tak dapur pacunya saja yang sudah sangat gahar, sisi kamera juga akan membuat kamu takjub karena hasil yang sangat jernih dengan kemampuan lensa 13 MP-nya.

Nah untuk detailnya, kamu bisa melihat tutorial root Xiaomi Redmi Pro dibawah ini.

Arti Root

Root adalah proses mengambil hak akses tertinggi ke file system di android, dalam hal ini Redmi Pro, sehingga bisa dilakukan modifikasi tingkat lanjut. Ibaratnya kalau di PC adalah kita mendapatkan akses administrator tertinggi. Dalam bahasa awam, artinya kamu bebas melakukan apapun terhadap Xiaomi Redmi Pro kamu.

Manfaat Root Redmi Pro

  1. Integrate updated system app ke ROM – sehingga menghemat memory di partisi /data. Selain itu juga melindungi updated app tadi dari factory reset.
  2. Memperbesar memory internal via link2sd – Kalau terasa internal memory HP kalian kurang, bisa dilink semua app internal storage ke sd-ext di microsd.
  3. Undelete file yang terhapus – Mengembalikan file yang tidak sengaja terhapus dari sdcard, tanpa bantuan PC. Untuk mengakses keseluruhan MBR dari sdcard diperlukan akses root. File yang bisa diundelete tergantung jumlah free memory di sdcard, lama file dihapus (kalau barusan terhapus, lebih besar kemungkinan bisa direcover).
  4. Mengubah prioritas Default App dan Share – Ini bisa dicapai dengan menggunakan Xposed Module Complete Action Plus. Jadi kamu bisa menyembunyikan default app yang menjadi terlalu panjang untuk discroll karena sudah install banyak app. Default share juga bisa ditata ulang supaya app share favorit kamu berada di list paling atas.
  5. Cheat game – via game killer, hex editor, sqlite editor. Kamu bisa buat score dari Candy Crush jadi 2.147.483.647, Stat di chaos ring 2 jadi 9999, unlimited money, unlimited items. Ataupun hanya sekedar mengintip jawaban kuis logo/tebak2an di database SQL nya.
  6. Unlock limitasi network dari vendor – Misalnya kecepatan network yang dibatasin hingga speed tertentu bisa dibuka hingga speed maksimal.

Resiko Root Redmi Pro

  1. Garansi hilang secara software – kalau kamu klaim dalam kondisi root dan modif. Untuk smartphone tertentu ada yang agak susah untuk dibalikkan ke original. Tapi dalam kebanyakan kasus, semua modif bisa dikembalikan seperti semula.
  2. Memperbesar resiko terjadi error – Pastinya kalau kamu salah memodifikasi, smartphone kamu bisa error.
  3. Memperbesar potensi adanya malware – Apabila kamu sembarangan menginstall aplikasi tentunya akan beresiko masuknya malware. Untuk membersihkannya hanya cukup dengan uninstall app yang dicurigai sebagai malware.

Untuk mendapatkan akses root di Redmi Pro kita bisa menggunakan Magisk yang dikembangkan oleh topjhonwu. Sedangkan Magisk ini proses instalasinya memerlukan custom recovery. Jadi pastikan kalian sudah mengikuti tutorial “Cara Install TWRP Redmi Pro“.

Langkah-langkah Root Redmi Pro Dengan Magisk

  1. Unduh Official Magisk Root Tool dan Magisk uninstaller (gunakan file ini apabila ingin di unroot dan juga berfungsi untuk atasi bootloop)
  2. Pindahkan kedua file magisk ke Internal storage supaya mudah ditemukan nanti.
  3. Matikan Redmi Pro, kemudian tekan tombol Volume Atas dan Power bersamaan dan tahan sejenak kemudian lepaskan kalau sudah muncul logo MI.
  4. Kalau prosesnya berhasil akan masuk ke menu TWRP dan pilih Install
  5. Temukan file Magisk-v16.0.zip. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System
  7. Jika muncul permintaan pemasangan SuperSU, pilih Do Not Install

Cara Unroot Magisk

  1. Masuk lagi ke TWRP tekan tombol Power dan Volume Atas lepaskan kalau sudah tampak logo Mi.
  2. Pilih menu Install
  3. Cari dan klik file Magisk-uninstaller-20180113.zip
  4. Pada bagian bawah geser Swipe To Confirm Flash
  5. Kalau sudah selesai Reboot System

Penutup

Itulah cara mudah untuk root Xiaomi Redmi Pro yang bisa kamu lakukan tanpa menggunakan PC.

Leave a Comment