Manfaat dan Resiko Cara Root Xiaomi Redmi Pro 2 Lewat Magisk

Xiaomi Redmi Pro 2 – Saat ini banyak pengguna Android XIAOMI yang kesulitan dalam melakukan root pada Xiaomi Redmi Pro 2 mereka. Karena saat ini XIAOMI telah melakukan pembaharuan dengan meningkatkan fitur keamanannya. Meskipun begitu, beberapa pengguna ternyata lebih membutuhkan proses root ini dengan tujuan seperti kustomisasi smartphone , overclock CPU dan lain-lain. Kalau kamu tetap bersikeras untuk merootnya, disini saya kasih tutorial paling mudah yang bisa di coba.

Redmi Pro 2 andalkan RAM berkapasitas 4 dan 6GB jika menurut informasi yang dirilis oleh Xiaomi. Redmi PRO 2 ini memang hadir dalam 2 varian internal dan RAM. Sedangkan untuk internal nya memiliki ruang kapasitas 64GB serta 128GB sebagai ruang penyimpanan yang dapat di pilih sesuai kebutuhan penggunanya.

Hak akses root bisa kamu dapatkan di smartphone ini dengan bantuan magisk root, adapun untuk tutorial lengkapnya serta manfaat dan resiko yang akan ditimbulkan dari root ini bisa kamu baca di bawah ini.

Arti Root

Root adalah proses mengambil hak akses tertinggi ke file system di android, dalam hal ini Redmi Pro 2, sehingga bisa dilakukan modifikasi tingkat lanjut. Ibaratnya kalau di PC adalah kita mendapatkan akses administrator tertinggi. Dalam bahasa awam, artinya kamu bebas melakukan apapun terhadap Xiaomi Redmi Pro 2 kamu.

Manfaat Root Redmi Pro 2

  1. Integrate updated system app ke ROM – sehingga menghemat memory di partisi /data. Selain itu juga melindungi updated app tadi dari factory reset.
  2. Memperbesar memory internal via link2sd – Kalau terasa internal memory HP kalian kurang, bisa dilink semua app internal storage ke sd-ext di microsd.
  3. Emulate GPU – Menurunkan kualitas grafik demi perfomance. Lewat GLTools, kita bisa emulate GPU lain, meskipun secara hardware beda GPU. Ini tentunya berguna jika ada game yang didesain hanya untuk GPU tertentu, sementara smartphone kita memakai GPU tipe lain. GLTools juga bisa digunakan untuk nurunin kualitas gambar/resolusi warna, supaya perfomance/fps nya naik.
  4. Mengubah tampilan per app – Bisa Customize tampilan chrome jadi tablet version, ataupun besarin ukuran font untuk BBM, Lock orientation pas baca pdf, dan lain sebagainya.
  5. Pause game – Terutama untuk game puzzle yang memiliki timer, sehingga kita punya banyak waktu untuk mencari solusinya.
  6. Bisa backup melalui Titanium Backup – Backup dan restore bawaan sebenarnya sudah cukup mantap. Hanya saja fiturnya terbatas. Titanium backup memiliki segudang fitur yang membuatnya app wajib bagi yang uda root. Contohnya multi backup profile, filter, labeling, scheduling, attach note, protect backup, dan masih banyak lainnya

Resiko Root Redmi Pro 2

  1. Garansi hilang secara software – kalau kamu klaim dalam kondisi root dan modif. Untuk smartphone tertentu ada yang agak susah untuk dibalikkan ke original. Tapi dalam kebanyakan kasus, semua modif bisa dikembalikan seperti semula.
  2. Memperbesar resiko terjadi error – Pastinya kalau kamu salah memodifikasi, smartphone kamu bisa error.
  3. Memperbesar potensi adanya malware – Apabila kamu sembarangan menginstall aplikasi tentunya akan beresiko masuknya malware. Untuk membersihkannya hanya cukup dengan uninstall app yang dicurigai sebagai malware.

Langkah-langkah Root Redmi Pro 2 Dengan Magisk

  1. Unduh Official Magisk Root Tool dan Magisk uninstaller (gunakan file ini apabila ingin di unroot dan juga berfungsi untuk atasi bootloop)
  2. Pindahkan kedua file magisk ke Internal storage supaya mudah ditemukan nanti.
  3. Matikan Redmi Pro 2, kemudian tekan tombol Volume Atas dan Power bersamaan dan tahan sejenak kemudian lepaskan kalau sudah muncul logo MI.
  4. Kalau prosesnya berhasil akan masuk ke menu TWRP dan pilih Install
  5. Temukan file Magisk-v18.0.zip. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System
  7. Jika muncul permintaan pemasangan SuperSU, pilih Do Not Install

Cara Unroot Magisk

  1. Masuk lagi ke TWRP tekan tombol Power dan Volume Atas lepaskan kalau sudah tampak logo Mi.
  2. Pilih menu Install
  3. Cari dan klik file Magisk-uninstaller-20180113.zip
  4. Pada bagian bawah geser Swipe To Confirm Flash
  5. Kalau sudah selesai Reboot System

Itulah cara melakukan root smartphone Android Xiaomi Redmi Pro 2. Jika kamu masih bingung, kamu bisa bertanya di kolom komentar. Selamat mencoba!

Baca Juga
  1. Cara Hard Reset Xiaomi Mi A3 / A2 / A1 via Recovery
  2. Cara Factory / Hard Reset Xiaomi Mi Mix 3
  3. Tutorial Hard / Factory Reset Xiaomi Mi Mix 2 / Mix 2s

Leave a Comment