Cara Sukses Root Xiaomi Redmi Note 5 PRO Whyred Dengan TWRP + Magisk 1

Cara Sukses Root Xiaomi Redmi Note 5 PRO Whyred Dengan TWRP + Magisk

Cara Root Redmi Note 5 Pro – Buat kamu yang hobi mengutak-atik smartphone Android, aktivitas rooting tampaknya sudah menjadi satu hal yang lumrah untuk kamu kerjakan. Terlebih untuk melakukan root pada smartphone Xiaomi Redmi Note 5 Pro. Tentu ini merupakan pekerjaan gampang untuk kamu lakukan. Bahkan, kamu bisa melakukannya tanpa menggunakan PC. Melalui artikel ini, saya berikan langkah-langkah mudahnya. Jadi, kamu wajib membaca artikel ini sampai selesai.

Xiaomi Redmi Note 5 Pro menggunakan sistem pengoperasian Android 7.1 Nougat dengan User Interface MIUI 9. Walaupun tergolong berbeda dari seri 5 lainnya yang telah mengadopsi OS Oreo. Namun kinerja serta tampilan smartphone ini masih tetap di atas rata-rata.

Sementara ruang penyimpanan data ada dua versi berbeda dengan ukuran 32GB serta 64GB. Dapat di pilih berdasarkan aktifitas serta budget penggunanya, di karenakan ukuran lebih besar di pastikan akan dibanderol lebih mahal.

Kepuasan fotografie maupun dokumentasi video akan terealisasi dengan adanya dua lensa terbaik. Usung kamera utama beresolusi 16MP yang telah didampingi fitur lensa Phase Detection Autofocus, dual-LED (dual tone) flash. Mampu menghasilkan foto berkualitas serta rekaman video mencapai ukuran 4K 2160p@30fps.

Arti Root

Root adalah untuk memberikan hak istimewa SuperUser (disingkat SU) kepada penggunanya agar kita sebagai pengguna Redmi Note 5 Pro lebih leluasa dalam melakukan setting atau bahkan mengutak-atik Xiaomi Redmi Note 5 Pro sedemikian rupa. Masih bingung? Oke, lebih mudahnya root pada Android mirip dengan Administrator pada Windows.

Manfaat Root Redmi Note 5 Pro

  1. 3rd party app di safe mode – dengan mengconvert 3rd party app menjadi system app, maka kita bisa menggunakannya dalam kondisi safe mode sekalipun. Ataupun bisa diakalin dengan quick setting dari Gravity box.
  2. Memperbesar memory internal via link2sd – Kalau terasa internal memory HP kalian kurang, bisa dilink semua app internal storage ke sd-ext di microsd.
  3. Undelete file yang terhapus – Mengembalikan file yang tidak sengaja terhapus dari sdcard, tanpa bantuan PC. Untuk mengakses keseluruhan MBR dari sdcard diperlukan akses root. File yang bisa diundelete tergantung jumlah free memory di sdcard, lama file dihapus (kalau barusan terhapus, lebih besar kemungkinan bisa direcover).
  4. Mengubah tampilan per app – Bisa Customize tampilan chrome jadi tablet version, ataupun besarin ukuran font untuk BBM, Lock orientation pas baca pdf, dan lain sebagainya.
  5. Speedup ataupun slowmo – Untuk beberapa game yang menggunakan clock system, kecepatan game bisa dihack sehingga menjadi sangat cepat, sehingga progress lebih cepat selesai (misalnya bangun tower defense lebih cepat selesai). Atau untuk game yang memerlukan respon yang cepat, bisa diperlambat, sehingga lebih gampang melewatin momen2 critical, contohnya di game runner ataupun puzzle yang ada timernya.
  6. Bisa backup melalui Titanium Backup – Backup dan restore bawaan sebenarnya sudah cukup mantap. Hanya saja fiturnya terbatas. Titanium backup memiliki segudang fitur yang membuatnya app wajib bagi yang uda root. Contohnya multi backup profile, filter, labeling, scheduling, attach note, protect backup, dan masih banyak lainnya

Untuk mengikuti prosedur root di Redmi Note 5 Pro ini, kamu harus sudah terlebih dahulu melakukan Unlock Bootloader dan memasang TWRP.

Resiko Root Redmi Note 5 Pro

  1. Garansi hilang secara software – kalau kamu klaim dalam kondisi root dan modif. Untuk smartphone tertentu ada yang agak susah untuk dibalikkan ke original. Tapi dalam kebanyakan kasus, semua modif bisa dikembalikan seperti semula.
  2. Memperbesar resiko terjadi error – Pastinya kalau kamu salah memodifikasi, smartphone kamu bisa error.
  3. Memperbesar potensi adanya malware – Apabila kamu sembarangan menginstall aplikasi tentunya akan beresiko masuknya malware. Untuk membersihkannya hanya cukup dengan uninstall app yang dicurigai sebagai malware.

Cara Root Redmi Note 5 Pro Dengan Magisk

  1. Unduh Official Magisk Root Tool dan Magisk uninstaller (gunakan file ini apabila ingin di unroot dan juga berfungsi untuk atasi bootloop)
  2. Pindahkan kedua file magisk ke Internal storage supaya mudah ditemukan nanti.
  3. Matikan Redmi Note 5 Pro, kemudian tekan tombol Volume Atas dan Power bersamaan dan tahan sejenak kemudian lepaskan kalau sudah muncul logo MI.
  4. Kalau prosesnya berhasil akan masuk ke menu TWRP dan pilih Install
  5. Temukan file Magisk-v18.0.zip. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System
  7. Jika muncul permintaan pemasangan SuperSU, pilih Do Not Install

Cara Unroot Magisk

  1. Masuk lagi ke TWRP tekan tombol Power dan Volume Atas lepaskan kalau sudah tampak logo Mi.
  2. Pilih menu Install
  3. Cari dan klik file Magisk-uninstaller-20180113.zip
  4. Pada bagian bawah geser Swipe To Confirm Flash
  5. Kalau sudah selesai Reboot System

Itulah cara melakukan root smartphone Android Xiaomi Redmi Note 5 Pro. Jika kamu masih bingung, kamu bisa bertanya di kolom komentar. Selamat mencoba!

Leave a Reply