Cara Lengkap Root Xiaomi Redmi 6 (cereus) MIUI 10 Dengan Magisk 1

Cara Lengkap Root Xiaomi Redmi 6 (cereus) MIUI 10 Dengan Magisk

Cara Root Xiaomi Redmi 6 – Mungkin saat ini kamu baru saja mempunyai Xiaomi Redmi 6 dan terbesit keinginan untuk membuka akses rootnya agar bisa menyembunyikan lokasi untuk digunakan di OJOL. Sebenarnya hp tidaklah terlalu sulit dan berbelit untuk proses rootnya sama halnya dengan smartphone Xiaomi Mi 6 tidak menggunakan komputer. Untuk lebih lengkapnya proses root di Xiaomi Redmi 6, silahkan lihat ikuti instruksinya di bawah ini.

Redmi 6 hadir dengan RAM 3GB dan 4GB, tentunya hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kinerja smartphone ini. Berbicara mengenai chipset vendor asal negeri tirai bambu akan bekerja sama dengan salah satu perusahaan semi konduktor ternama Mediatek Helio P22.

Dari segi tampilan luar tak kalah penting, ukuran smartphone 5,45 inci yang menggunakan teknologi Super Amoled yang responsif. Menjamin segala aktifitas multimedia, entah itu browsing, bermain game online, menonton film atau aktifitas komunikasi video call. Berbicara mengenai video call tentu membutuhkan koneksi internet, nah ponsel Redmi 6 ini sudah mengadopsi jaringan 4G LTE. Wajib dimiliki smartphone masa kini yang guna mengikuti era perkembangan teknologi yang ada.

Dalam perkembangan saat ini, smartphone bukan hanya sebagai media komunikasi saja, sudah mulai bergeser sebagai media hiburan. Banyak aktifitas kita yang bisa digunakan di smartphone, salah satunya adalah dengan memodifikasi sistem yang ada.

Dulu kita kenal dengan modifikasi motor atau mobil saja, sekarang banyak pengguna yang berkeinginan untuk memodifikasi Hp mereka. Salah satunya adalah dengan memasang custom ROM, mengganti file sistem dan sebagainya.

Tapi untuk itu semua ada beberapa proses yang harus kamu jalani. Salah satu proses pentingnya adalah dengan melakukan root. Nah, untuk pengguna Redmi 6 bisa mengikuti tutorial root dibawah ini.

Arti Root

Root adalah sebuah tindakan proses untuk mengizinkan pengguna smartphone pintar seperti tablet, dan perangkat lain yang berjalan pada system operasi Android untuk mendapatkan penggunaan yang lebih maksimal yang biasa dikenal sebagai akses root pada berbagai perangkat Android. Root dilakukan untuk mendapatkan hak akses yang lebih tinggi yang kini telah dibatasi oleh Xiaomi pada beberapa perangkat smartphone mereka seperti Redmi 6.

Manfaat Root Redmi 6

  1. 3rd party app di safe mode – Dengan mengconvert 3rd party app menjadi aplikasi sistem, maka kita bisa menggunakannya dalam kondisi safe mode sekalipun. Ataupun bisa diakalin dengan Quick setting dari Gravity box.
  2. Tweak CPU scaling governor – Dengan akses root, kita bisa melakukan tweaking supaya CPU selalu performa saat dijalanka, atau power save mode dengan cara set max dan min frequency. Bisa juga suspend/sleep beberapa corenya dengan tujuan menghemat batere.
  3. Mengembalikan file yang terhapus – DEngan ini, kamu bisa mengembalikan file yang tidak sengaja terhapus dari SDcard, tanpa bantuan PC. Untuk mengakses keseluruhan MBR dari sdcard diperlukan akses root. File yang bisa diundelete tergantung jumlah free memory di SDcard dan lama file yang terhapus (kalau barusan terhapus, lebih besar kemungkinan bisa di kembalikan).
  4. Mengubah tampilan setiap aplikasi – Kmau bisa kustomisasi tampilan chrome jadi tablet version, ataupun besarin ukuran font untuk BBM, Lock orientation saat baca PDF, dan lain sebagainya.
  5. Cheat game – Rata-rata aplikasi cheat game seperti Game killer, Hex editor, SQlite editor membutuhkan akses root agar bisa berjalan. Dengan cheat game ini, kamu bisa buat score dari Candy Crush jadi 2.147.483.647, Stat di chaos ring 2 jadi 9999, unlimited money, unlimited items. Ataupun hanya sekedar mengintip jawaban kuis logo/tebak-tebakan melalui database SQL nya.
  6. Unlock limitasi network dari vendor – Dengan root juga, kamu bisa melakukan bypass kecepatan internet yang dibatasin hingga speed tertentu oleh operator.

Resiko Root Redmi 6

  1. Garansi hilang secara software – kalau kamu klaim dalam kondisi root dan modif. Untuk smartphone tertentu ada yang agak susah untuk dibalikkan ke original. Tapi dalam kebanyakan kasus, semua modif bisa dikembalikan seperti semula.
  2. Memperbesar resiko terjadi error – Pastinya kalau kamu salah memodifikasi, smartphone kamu bisa error.
  3. Memperbesar potensi adanya malware – Apabila kamu sembarangan menginstall aplikasi tentunya akan beresiko masuknya malware. Untuk membersihkannya hanya cukup dengan uninstall app yang dicurigai sebagai malware.

Syarat Root Redmi 6

  1. Sebelum mengikuti tutorial root ini, kamu harus sudah unlock bootloader terlebih dahulu. Untuk caranya ikuti Tutorial Unlock Bootloader Redmi 6 ini.
  2. Yang kedua kamu sudah terlebih dahulu memasang TWRP. Bagi yang belum tahu silahkan mengikuti Tutorial Cara Pasang TWRP Redmi 6.
  3. Pastikan baterai HP kamu masih tersisa setidaknya 50%, untuk menjaga kehabisan daya saat proses rooting berjalan.

Cara Root Xiaomi Redmi 6 Dengan Magisk

  1. Unduh Official Magisk Root Tool dan Magisk uninstaller (gunakan file ini apabila ingin di unroot dan juga berfungsi untuk atasi bootloop)
  2. Pindahkan kedua file Magisk tersebut ke Internal storage supaya mudah ditemukan nanti. Lebih direkomendasikan tempatkan di Memory Card.
    magisk file
  3. Sekarang matikan Redmi 6 terlebih dahulu dan biarkan beberapa detik, kemudian tekan tombol Volume Atas dan Power bersamaan dan tahan sejenak kemudian lepaskan kalau sudah muncul logo MI.
    twrp xiaomi redmi 6
  4. Kalau prosesnya berhasil akan masuk ke menu TWRP dan pilih menu Install yang ada dibagian atas.
    menu install twrp
  5. Temukan file Magisk-v18.0.zip. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
    temukan file magisk di twrp
  6. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System. Jika muncul permintaan pemasangan SuperSU, pilih Do Not Install
    tombol reboot sistem twrp

Sekarang proses lengkap cara root Redmi 6 sudah sukses kamu jalani. Apabila suatu saat berniat untuk menghapus root atau Unroot bisa mengikuti caranya dibawah ini.

Cara Unroot Magisk

Masuk lagi ke TWRP tekan tombol Power dan Volume Atas lepaskan kalau sudah tampak logo Mi.

Pilih menu Install. Cari dan klik file Magisk-uninstaller-20180113.zip.

Pada bagian bawah geser Swipe To Confirm Flash. Kalau sudah selesai Reboot System.

Penutup

Itulah Cara Root Xiaomi Redmi 6 tanpa PC. Semoga tutorial di atas bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan. Terima kasih sudah berkunjung, salam dan sampai jumpa di tutorial berikutnya tentang cara root Redmi 6A.

Leave a Reply