Cara Mudah Root Xiaomi Redmi 6 Pro (Sakura) MIUI 9 / 10 Lewat Magisk 1

Cara Mudah Root Xiaomi Redmi 6 Pro (Sakura) MIUI 9 / 10 Lewat Magisk

Cara Root Redmi 6 Pro – Di minggu yang lalu saya sudah membahas prosedur pemasangan TWRP Xiaomi Redmi 6 Pro dan sekarang kita akan mencoba mendapatkan akses root pada salah satu perangkat Android Xiaomi yaitu Redmi 6 Pro. Tujuan orang melakukan root bermacam-macam, meskipun ada konsekuensi yang harus mereka hadapi setelah melakukan rooting.

Proses root di Xiaomi tidaklah jauh berbeda dengan yang lain. Kalian bisa mengikuti tutorial ini dengan kalau memang berniat ingin membuka akses root Xiaomi Redmi 6 Pro.

Redmi 6 Pro membawa bekalan hardware chipset dari Qualcomm tipe Snapdragon 625 terintegrasi prosesor Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53 yang akan dikombinasikan dengan pengolah grafis GPU Adreno 506. Sehingga kinerja saat operasikan sangat powerfull dan mumpuni yang mampu melahap berbagai aplikasi dan game yang berjalan bersamaan tanpa adanya lag dan kendala.

Untuk lebih meningkatkan kinerja smartphone ini, kamu butuh beberapa aplikasi tambahan seperti Kernel Auditur yang akan memanage prosessor dari Redmi 6 Pro ini. Dengan aplikasi ini kamu bisa menurunkan kecepatan prosessor sehingga bisa lebih menghemat baterai.

Untuk menjalankan aplikasi Kernel Auditur, Kamu harus root Redmi 6 Pro terlebih dahulu. Untuk caranya sangatlah mudah karena tanpa menggunakan PC, kamu cukup menginstall Magisk Root melalui TWRP. Lihat disini untuk cara install TWRP Reedmi 6 Pro.

Arti Root

Istilah Root sangat akrab bagi para pengguna Linux dan perlu kamu ketahui Android menggunakan source code Linux. Root sendiri merupakan sebuah akun yang ada pada perangkat Linux yang digunakan administrasi sistem. Hal ini menandakan bahwa Rooting merupakan sebuah langkah untuk mendapatkan akses admin sistem sehingga tidak ada lagi akses yang dibatasi. Dengan akses root, pengguna bisa melakukan akses apa pun pada sebuah perangkat, sampai dengan mengganti ROM dan Kernel Xiaomi Redmi 6 Pro.

Manfaat Root Redmi 6 Pro

  1. Wifi Kill – Tidak merekam data, tapi hanya sebatas mematikan koneksi wifi dari device lain, dengan menggunakan deauthentication packet. Sehingga semua bandwidth internet bisa dinikmati oleh pengguna wifi kill
  2. Share screen ke device lain – Dengan ini kita bisa mirror tampilan di smartphone ke PC, smartphone lain, ataupun android TV box. Untuk smartphone samsul dengan app bawaan, root tidak diperlukan. Tapi untuk smartphone lain yang screennya terlock di system, root diperlukan untuk mengakses frame dari screennya. Salah satu app mirroring yang paling mantap adalah mirrorop sender, yang memiliki framerate tertinggi di antara semuanya.
  3. Mapping bluetooth gamepad – Supaya kamu bisa memakai bluetooth gamepad untuk game2 yang tidak support native gamepad sekalipun. Untuk pairing gamepadnya tidak perlu root, dan beberapa game yang sudah support native bluetooth gamepad tidak perlu root. Contohnya emulator PS1 (epsxe), PSP (PPSSPP) dan berbagai game lainnya. Sedangkan untuk game yang tidak support (kebanyakan game lain), perlu dimap manual via gamekeyboard sejenis, yang pastinya butuh root untuk bisa mapping hardware keynya.
  4. Capture video/screen recorder – merekam tampilan smartphone (videoshot). Ini hanya bisa dicapai dengan root, karena akses frame video hanya ada di root. Jadi bukan hanya sekedar SS statis biasa, kamu bisa merekam apapun yang terjadi di smartphone . Mungkin untuk buat tutorial, sekedar showoff, ataupun untuk dokumentasi.
  5. Purchase IAP secara free – Untuk beberapa app/games tertentu. Pastinya dilakukan dengan freedom, yang berfungsi sebagai proxy IAP untuk app Freemium, sehingga bisa unlock content yang sebenarnya sudah ada, hanya saja terhalang IAP

Resiko Root Redmi 6 Pro

  1. Garansi hilang secara software – kalau kamu klaim dalam kondisi root dan modif. Untuk smartphone tertentu ada yang agak susah untuk dibalikkan ke original. Tapi dalam kebanyakan kasus, semua modif bisa dikembalikan seperti semula.
  2. Memperbesar resiko terjadi error – Pastinya kalau kamu salah memodifikasi, smartphone kamu bisa error.
  3. Memperbesar potensi adanya malware – Apabila kamu sembarangan menginstall aplikasi tentunya akan beresiko masuknya malware. Untuk membersihkannya hanya cukup dengan uninstall app yang dicurigai sebagai malware.

Cara Root Redmi 6 Pro Lewat Magisk

  1. Unduh Official Magisk Root Tool dan Magisk uninstaller (gunakan file ini apabila ingin di unroot dan juga berfungsi untuk atasi bootloop)
  2. Pindahkan kedua file Magisk tersebut ke Internal storage supaya mudah ditemukan nanti. Lebih direkomendasikan tempatkan di Memory Card.
    magisk file
  3. Sekarang matikan Redmi 6 terlebih dahulu dan biarkan beberapa detik, kemudian tekan tombol Volume Atas dan Power bersamaan dan tahan sejenak kemudian lepaskan kalau sudah muncul logo MI.
    twrp xiaomi redmi 5
  4. Kalau prosesnya berhasil akan masuk ke menu TWRP dan pilih menu Install yang ada dibagian atas.
    menu install twrp
  5. Temukan file Magisk-v18.0.zip. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
    temukan file magisk di twrp
  6. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System. Jika muncul permintaan pemasangan SuperSU, pilih Do Not Install
    tombol reboot sistem twrp

Cara Uninstall Magisk

  1. Masuk lagi ke TWRP tekan tombol Power dan Volume Atas lepaskan kalau sudah tampak logo Mi.
  2. Pilih menu Install
  3. Cari dan klik file Magisk-uninstaller-20180113.zip
  4. Pada bagian bawah geser Swipe To Confirm Flash
  5. Kalau sudah selesai Reboot System

Itulah cara melakukan root smartphone Android Xiaomi Redmi 6 Pro. Jika kamu masih bingung, kamu bisa bertanya di kolom komentar. Selamat mencoba!

Leave a Reply