Cara Root Xiaomi Redmi 5 Plus “Vince” MIUI 10 / 11 (100% Sukses)

Cara Root Redmi 5 Plus MIUI 11 / 10 – Memiliki smartphone Android seperti Xiaomi Redmi 5 Plus sangat mengasyikan, banyak hal yang bisa kita lakukan seperti streaming video, video call dengan orang tua, sharing foto di Instagram, install aplikasi dan seabreak fungsi dasar lainya.

Bagi beberapa user hal dasar tersebut belumlah cukup, karena banyak hal yang bisa kita lakukan dengan Xiaomi Redmi 5 Plus kita cuma memang di batasi penggunaanya. Untuk menghilangkan pembatasan hal pertama yang harus di lakukan adalah membuka akses root terlebih dulu. Kesempatan kali ini LinkROM akan memberikan tutorial cara root Xiaomi Redmi 5 Plus tanpa PC.

Panduan Terkait

Pada tahun ini Xiaomi kembali merilis perangkat Android terbarunya sebagai pelengkap dari Redmi 5 series. Setelah sukses merilis Redmi 5 dan Redmi Note 5A Xiaomi kembali merilis perangkat Android terbarunya yang diberi nama Redmi 5 Plus.

Xiaomi Redmi 5 Plus ini merupakan anggota dari Xiaomi Redmi 5 series yang memiliki spesifikasi tertinggi. Spesifikasi yang diusung Redmi 5 Plus merupakan spesifikasi unggulan yang dipilih oleh produsen Xiaomi sebagai senjata agar mampu bersaing di pasar global.

Dari segi penampilan Xiaomi Redmi 5 Plus dibekali dengan desain tampilan yang mewah yang mengusung desain bodi yang terbuat dari bahan full Metal. Ukuran yang ditampilkan Xiaomi Redmi 5 Plus ini juga sangat lebar yaitu 5,99 inchi pada bagian layarnya.

Sementara itu pada bagian spesifikasi Xiaomi Redmi 5 Plus yang lain juga tak kalah menariknya untuk dibahas, Misalnya saja pada bagian kamera yang memiliki resolusi 12 MP dan didukung beberapa fitur pelengkap yang canggih.

Arti Root

Root merupakan proses modifikasi sistem operasi Android sehingga pengguna memiliki akses tanpa batas yang mana pengguna diijinkan untuk melakukan perubahan seperti menambah, menghapus bahkan merusak elemen-elemen yang tedapat dalam Android OS. Kata root sebenarnya mengacu pada SuperUser yang merupakan administrator dalam semua sistem operasi yang berbasis Linux termasuk Android.

Manfaat Root Redmi 5 Plus

  1. 3rd party app di safe mode – dengan mengconvert 3rd party app menjadi system app, maka kita bisa menggunakannya dalam kondisi safe mode sekalipun. Ataupun bisa diakalin dengan quick setting dari Gravity box.
  2. Tweak CPU scaling governor – Bisa ditweak supaya CPU selalu running top perfomance, atau power save mode dengan cara set max dan min frequency. Bisa juga suspend/sleep beberapa corenya dengan tujuan menghemat batere.
  3. Merubah hardware key – Swap tombol back dengan menu. Ganti ulang semua coding tombol hardware, matiin LED, matiin Hardware key dan backlightnya.
  4. Mengubah prioritas Default App dan Share – Ini bisa dicapai dengan menggunakan Xposed Module Complete Action Plus. Jadi kamu bisa menyembunyikan default app yang menjadi terlalu panjang untuk discroll karena sudah install banyak app. Default share juga bisa ditata ulang supaya app share favorit kamu berada di list paling atas.
  5. Pause game – Terutama untuk game puzzle yang memiliki timer, sehingga kita punya banyak waktu untuk mencari solusinya.
  6. Unlock limitasi network dari vendor – Misalnya kecepatan network yang dibatasin hingga speed tertentu bisa dibuka hingga speed maksimal.

Resiko Root Redmi 5 Plus

  1. Garansi hilang secara software – kalau kamu klaim dalam kondisi root dan modif. Untuk smartphone tertentu ada yang agak susah untuk dibalikkan ke original. Tapi dalam kebanyakan kasus, semua modif bisa dikembalikan seperti semula.
  2. Memperbesar resiko terjadi error – Pastinya kalau kamu salah memodifikasi, smartphone kamu bisa error.
  3. Memperbesar potensi adanya malware – Apabila kamu sembarangan menginstall aplikasi tentunya akan beresiko masuknya malware. Untuk membersihkannya hanya cukup dengan uninstall app yang dicurigai sebagai malware.

Sekarang kita akan memulai proses rooting di Redmi 5 Plus tapi terlebih dahulu kamu harus memasang TWRP terlebih dahulu. Untuk caranya bisa ikuti panduan “Cara mudah pasang TWRP di Redmi 5 Plus“.

Cara Root Redmi 5 Plus Dengan Magisk

  1. Unduh Official Magisk Root Tool dan Magisk uninstaller (gunakan file ini apabila ingin di unroot dan juga berfungsi untuk atasi bootloop)
  2. Pindahkan kedua file magisk ke Internal storage supaya mudah ditemukan nanti.
  3. Matikan Redmi 5 Plus, kemudian tekan tombol Volume Atas dan Power bersamaan dan tahan sejenak kemudian lepaskan kalau sudah muncul logo MI.
  4. Kalau prosesnya berhasil akan masuk ke menu TWRP dan pilih Install
  5. Temukan file Magisk-v17.0.zip. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System
  7. Jika muncul permintaan pemasangan SuperSU, pilih Do Not Install

Cara Unroot Magisk

  1. Masuk lagi ke TWRP tekan tombol Power dan Volume Atas lepaskan kalau sudah tampak logo Mi.
  2. Pilih menu Install
  3. Cari dan klik file Magisk-uninstaller-20180113.zip
  4. Pada bagian bawah geser Swipe To Confirm Flash
  5. Kalau sudah selesai Reboot System

Penutup

Sekarang, kamu sudah mengerti cara root Xiaomi 5 Plus MIUI 10 dan MIUI 11 berbasi Android Nougat atau Oreo. Semoga dengan adanya tutorial ini bisa membantu kamu agar dapat dengan mudah membuka akses root di HP ini.

Bagikan tutorial ini ke para pengguna Redmi 5 Plus lain, agar mereka juga tahu cara menggunakan Magisk baik itu untuk root ataupun unroot (hapus root).

Itulah cara melakukan root smartphone Android Xiaomi Redmi 5 Plus. Jika kamu masih bingung, kamu bisa bertanya di kolom komentar. Selamat mencoba!

Leave a Comment