Cara Root Redmi 4X (Santoni) MIUI 9 / 10 Dengan Aplikasi Magisk Lewat TWRP 1

Cara Root Redmi 4X (Santoni) MIUI 9 / 10 Dengan Aplikasi Magisk Lewat TWRP

Cara Root Xiaomi Redmi 4X – Saat ini banyak pengguna Android XIAOMI yang kesulitan dalam melakukan root pada Xiaomi Redmi 4X mereka. Karena saat ini Xiaomi telah melakukan pembaharuan dengan meningkatkan fitur keamanannya. Meskipun begitu, beberapa pengguna ternyata lebih membutuhkan proses root ini dengan tujuan seperti kustomisasi smartphone, overclock CPU dan lain-lain. Kalau kamu tetap bersikeras untuk merootnya, disini saya kasih tutorial paling mudah yang bisa di coba.

Jika di awal Januari dan Februari Xiaomi merilis beberapa HP seperti Xiaomi Mi 5s Plus, Xiaomi Mi 5s, Xiaomi Redmi 5 serta yang paling terbaru adalah Xiaomi Redmi Note 4X di akhir Februari kemarin.

Di awal bulan Maret 2017 Xiaomi memperkenalkan varian terbaru Redmi 4 bernama Redmi 4X. Sebagai salah satu generasi penerus dari brand terkenal asal China dipastikan Redmi 4X akan dibekali dengan perpaduan mesin hardware dan software lebih baik.

Redmi 4X hadir dalam 2 varian RAM dan internal berbeda. Produk yang akan hadir di kelas menengah ini memiliki internal berkapasitas 16GB serta 32GB untuk ukuran maksimumnya.

Sedangkan ruang pengelolaan data aplikasi dipakai RAM 2GB untuk ukuran paling kecil namun apabila kamu menginginkan ukuran lebih besar masih ada RAM 3GB yang dapt dipilih sesuai dengan kebutuhan aktifitas sehari–hari yang dilakukan.

Sebagaian pengguna Redmi 4X ini, untuk menunjang aktifitas mereka, biasanya mereka akan melakukan root. Karena dengan root ini banyak hal yang bisa dilakukan.

Arti Root

Root adalah akses untuk mengubah, atau mengedit file sistem yang ada pada Redmi 4X dengan mudah. Dengan memiliki akses root, pengguna bisa menghapus bloatware, menghilangkan iklan, mengetahui password WiFi, memutuskan koneksi Internet orang lain dan masih banyak lagi.

Manfaat Root Redmi 4X

  1. Membuat hotspot dengan fitur advance – routing enabled, memilih subnet, mengurangi daya transmisi, menggunakan enkripsi ataupun open, membuat access control list, dsb.
  2. Share screen ke device lain – Dengan ini kita bisa mirror tampilan di smartphone ke PC, smartphone lain, ataupun android TV box. Untuk smartphone samsul dengan app bawaan, root tidak diperlukan. Tapi untuk smartphone lain yang screennya terlock di system, root diperlukan untuk mengakses frame dari screennya. Salah satu app mirroring yang paling mantap adalah mirrorop sender, yang memiliki framerate tertinggi di antara semuanya.
  3. Mapping bluetooth gamepad – Supaya kamu bisa memakai bluetooth gamepad untuk game2 yang tidak support native gamepad sekalipun. Untuk pairing gamepadnya tidak perlu root, dan beberapa game yang sudah support native bluetooth gamepad tidak perlu root. Contohnya emulator PS1 (epsxe), PSP (PPSSPP) dan berbagai game lainnya. Sedangkan untuk game yang tidak support (kebanyakan game lain), perlu dimap manual via gamekeyboard sejenis, yang pastinya butuh root untuk bisa mapping hardware keynya.
  4. Membuat Macro touchscreen – Bisa merekam touch yang sudah dilakukan dan mereplaynya kembali, via repetitiouch. Cukup berbahaya kalau kamu tidak tahu apa resikonya. Tapi sangat berguna kalau kamu ada rutinitas yang perlu dilakukan berulang kali. Contohnya pas ngecheat game, supaya kamu tidak perlu tap berulang2, tinggal rekam dan replay infinitely.
  5. Bisa backup full ROM – Kamu bisa gunakan MDT (khusus CPU mediatek), atau via EFS Pro (khusus CPU Snapdragon). Untuk mendapatkan akses ke seluruh partisi smartphone , pastinya diperlukan akses root. Tanpa root, tidak ada full backup yang bisa dilakukan melalui MDT.

Resiko Root Redmi 4X

  1. Garansi hilang secara software – kalau kamu klaim dalam kondisi root dan modif. Untuk smartphone tertentu ada yang agak susah untuk dibalikkan ke original. Tapi dalam kebanyakan kasus, semua modif bisa dikembalikan seperti semula.
  2. Memperbesar resiko terjadi error – Pastinya kalau kamu salah memodifikasi, smartphone kamu bisa error.
  3. Memperbesar potensi adanya malware – Apabila kamu sembarangan menginstall aplikasi tentunya akan beresiko masuknya malware. Untuk membersihkannya hanya cukup dengan uninstall app yang dicurigai sebagai malware.

Persyaratan Root Redmi 4X

  1. Pastikan kamu sudah sukses UBL Redmi 4X. Untuk tutorialnya lihat dipostingan Cara Unlock Bootloader / UBL Xiaomi Redmi 4X MIUI 9 / 10.
  2. Serta telah berhasil memasang custom recovery TWRP Redmi 4X

Cara Root Redmi 4X Dengan Magisk

  1. Unduh Official Magisk Root Tool dan Magisk uninstaller (gunakan file ini apabila ingin di unroot dan juga berfungsi untuk atasi bootloop)
  2. Pindahkan kedua file magisk ke Internal storage (rekomendasi seh di Sdcard) supaya mudah ditemukan nanti.
    magisk file
  3. Matikan Redmi 4X, kemudian tekan tombol Volume Atas dan Power bersamaan dan tahan sejenak kemudian lepaskan kalau sudah muncul logo MI.
    twrp xiaomi redmi note 5a
  4. Kalau prosesnya berhasil akan masuk ke menu TWRP dan pilih tombol menu Install yang ada di paling atas.
    menu install twrp
  5. Selanjutnya, cari file Magisk-v17.0.zip yang sudah didownload tadi. Setelah itu geser tombol Swipe to Confirm Flash yang ada di bagian bawah.
    temukan file magisk di twrp
  6. Proses install Magisk dimulai, dan setelah prosesnya sudah selesai, kamu lanjut dengan memilih tombol Reboot to System.
    tombol reboot sistem twrp
  7. Apabila muncul permintaan pemasangan SuperSU, pilih Do Not Install. Proses booting akan memakan waktu sekitar 3-5 menit. Silahkan ditunggu.

Sekarang root Xiaomi 4X sudah selesai, nantinya pada homescreen akan terlihat aplikasi Magisk. Silahkan buka aplikasi tersebut, dan lihat kalau ada centrang hijau bearti root berhasil kamu lakukan. Lihat contoh gambar dibawah ini.
Magisk Root Redmi 4X

Seandainya, kamu berniat ingin menghilangkan root magisk ini, silahkan ikuti tutorialnya berikut ini.

Cara Unroot Magisk

  1. Masuk lagi ke TWRP tekan tombol Power dan Volume Atas lepaskan kalau sudah tampak logo Mi.
  2. Pilih menu Install
  3. Cari dan klik file Magisk-uninstaller-20180113.zip
  4. Pada bagian bawah geser Swipe To Confirm Flash
  5. Kalau sudah selesai Reboot System

Mudah kan cara root Xiaomi Redmi 4X ini. Selamat mencoba!

Leave a Reply