Cara Root Xiaomi Redmi 3s Plus Android 6.0 Marshmallow MIUI 8 / 9 / 10

Cara Root Redmi 3s Plus – Memiliki smartphone Android seperti Xiaomi Redmi 3s Plus sangat mengasyikan, banyak hal yang bisa kita lakukan seperti mendengarkan lagu, chatting Whatsapp, Facebookan, install aplikasi dan seabreak fungsi dasar lainya. Bagi beberapa user hal dasar tersebut belumlah cukup, karena banyak hal yang bisa kita lakukan dengan Xiaomi Redmi 3s Plus kita cuma memang di batasi penggunaanya.

Untuk menghilangkan pembatasan hal pertama yang harus di lakukan adalah membuka akses root terlebih dulu. Kesempatan kali ini kami akan memberikan tutorial cara root Xiaomi Redmi 3s Plus tanpa PC.

Berdasarkan kesuksesan saat merilis smartphone Redmi 3 tersebut Xiaomi kembali merilis penerus yang juga akan dibekali spesifikasi terbaik dan tetap dipatok yang terjangkau. Smartphone yang diberi nama Redmi 3s Plus lah yang di gadang penerus tersebut. Layar masih berukuran sama yakni 5 inci, desain yang memang masih dipakai sehingga tetap memberikan kenyamanan digunakan walaupun memakai satu tangan.

Saat seseorang membeli smartphone ini mungkin mereka tak akan mampu membedakan perubahan apa myang terjadi pada jenis smartpone ini dengan pendahulunya. Jika kita lihat seksama smartphone yang satu ini memang tak terlalu banyak perubahan. Namun untuk internal sendiri terjadi perubahan cukup signifikan yang telah memakai internal berkapasitas 32GB. Hal ini terjadi peningkatan 2 kali lipat bila dibandingkan dengan Redmi 3 dan Redmi 3s yang hanya memiliki internal 16GB.

Arti Root

Root adalah istilah yang berasal dari Linux yang bearti akar atau inti dari sebuah operasi sistem. Dengan mendapatkan akses root ini kita memiliki hak untuk merubah operasi sistem tersebut entah itu menghapus file yang ada di sistem, merubahnya, memasukan file lain dan lainnya. Intinya kita bisa melakukan apa saja, kalau kita cuma sebagai user biasanya hanya bisa melakukan hal standar dari sebuah perangkat Android.

Manfaat Root Redmi 3s Plus

  1. Wifi Kill – Tidak merekam data, tapi hanya sebatas “membunuh” koneksi wifi dari device lain, dengan menggunakan deauthentication packet. Sehingga semua bandwidth internet bisa dinikmati oleh pengguna wifi kill
  2. Mount External Drive sebagai internal – Dengan Mountfs, kita bisa mount folder sharing dari Windows, FTP maupun SFTP (SSH) server layaknya seperti sdcard di smartphone . Sehingga selama kamu masih bisa konek ke folder sharing tadi, itu ibaratnya kita membawa harddisk eksternal di smartphone kita ke mana2. Tentunya lebih efektif kalau kamu masih berada di jaringan lokal wifi sendiri, dimana akses wifi mencakup keseluruhan rumah.
  3. Auto reply app chatting – Dengan memakai kombinasi tasker (dan autoinput), hampir semua app chatting bisa diset auto reply. Sehingga tidak perlu bersusah payah untuk merogoh smartphone mengetikkan kata-kata Saya sedang sibuk, Lagi mengemudi ataupun Lagi meeting. Semua nya sudah bisa dibuat otomatis.
  4. Menginstall Viper4android – Untuk membuat suara speaker maupun headset menjadi berefek seperti di studio. Bisa digabungin lagi dengan library dolby dari smartphone lain.
  5. Bisa backup full ROM – Kamu bisa gunakan MDT (khusus CPU mediatek), atau via EFS Pro (khusus CPU Snapdragon). Untuk mendapatkan akses ke seluruh partisi smartphone , pastinya diperlukan akses root. Tanpa root, tidak ada full backup yang bisa dilakukan melalui MDT.

Resiko Root Redmi 3s Plus

  1. Garansi hilang secara software – kalau kamu klaim dalam kondisi root dan modif. Untuk smartphone tertentu ada yang agak susah untuk dibalikkan ke original. Tapi dalam kebanyakan kasus, semua modif bisa dikembalikan seperti semula.
  2. Memperbesar resiko terjadi error – Pastinya kalau kamu salah memodifikasi, smartphone kamu bisa error.
  3. Memperbesar potensi adanya malware – Apabila kamu sembarangan menginstall aplikasi tentunya akan beresiko masuknya malware. Untuk membersihkannya hanya cukup dengan uninstall app yang dicurigai sebagai malware.

Persyaratan Root Redmi 3s Plus

  1. Pastikan sudah berhasil Unlock Bootloader. Bagi yang belum silahkan ikuti dulu petunjuk Cara Unlock Bootloader Redmi 3S ini.
  2. Dan juga sudah sukses memasang custom recovery TWRP. Untuk yang belum tahu, lihat disini proses instalasi TWRP Redmi 3s Plus.
  3. Pastikan baterai masih tersisa minimal 60%

Cara Root Redmi 3s Plus Dengan Magisk

  1. Unduh Official Magisk Root Tool dan Magisk uninstaller (gunakan file ini apabila ingin di unroot dan juga berfungsi untuk atasi bootloop)
  2. Pindahkan kedua file magisk ke Internal storage supaya mudah ditemukan nanti.
  3. Matikan Redmi 3s Plus, kemudian tekan tombol Volume Atas dan Power bersamaan dan tahan sejenak kemudian lepaskan kalau sudah muncul logo MI.
  4. Kalau prosesnya berhasil akan masuk ke menu TWRP dan pilih Install
  5. Temukan file Magisk-v16.0.zip. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System
  7. Jika muncul permintaan pemasangan SuperSU, pilih Do Not Install

Cara Unroot Magisk

  1. Masuk lagi ke TWRP tekan tombol Power dan Volume Atas lepaskan kalau sudah tampak logo Mi.
  2. Pilih menu Install
  3. Cari dan klik file Magisk-uninstaller-20180113.zip
  4. Pada bagian bawah geser Swipe To Confirm Flash
  5. Kalau sudah selesai Reboot System

Itulah cara mudah untuk root Xiaomi Redmi 3s Plus yang bisa kamu lakukan tanpa menggunakan PC.

Baca Juga
  1. Cara Hard Reset Xiaomi Mi A3 / A2 / A1 via Recovery
  2. Cara Factory / Hard Reset Xiaomi Mi Mix 3
  3. Tutorial Hard / Factory Reset Xiaomi Mi Mix 2 / Mix 2s

Leave a Comment