Cara Root Xiaomi Redmi 3 / PRO "IDO" MIUI 7/8/9 Menggunakan Magisk 1

Cara Root Xiaomi Redmi 3 / PRO “IDO” MIUI 7/8/9 Menggunakan Magisk

Cara Root Redmi 3 – Salah satu yang saya sukai dari Xiaomi Redmi 3 adalah bisa di rubah-rubah tampilannya, bukan hanya sekedar ganti launcher atau ganti font saja tapi mengganti sistem androidnya dengan berbagai kustom rom.

Pada dasarnya saya kurang suka dengan tampilan Xiaomi Redmi 3, di tambah lagi sifat bosanan saya ini, selalu tiap tahun berkeinginan untuk mengganti HP. Dengan Android yang sudah di root memungkinakan kita untuk memasang kustom rom, install tweak agar kuat main game atau supaya daya tahan baterai lebih baik lagi ataupun hal ringan lainya seperti memasang Xposed agar bisa di modifikasi tampilan aplikasi sistem dari XIAOMI ini.

Xiaomi kembali merilis smartphone baru dari Redmi 3 bernama Xiaomi Redmi 3. Smartphone terbaik yang dari dulu terkenal akan kualitas yang dibanderol terjangkau bila dibandingkan merk smartphone lain yang sudah lebih dulu ada di pasaran.

Spesifikasi Redmi 3 sebagai generasi penerus akan bersaing di kelas menegah ke bawah yang dibanderol terjangkau. Produk yang menjadi ciri khas dari pihak Xiaomi yakni harga smartphone sangat murah namun tak murahan. Ukuran 5 Inci berteknologi IPS LCD Capacitive berkualitas HD nampak mengisi spek layar.

Redmi 3 membawa bekalan mesin Chipset Snapdragon 616 serta pengolah grafis GPU Adreno 405. Lini pacu yang akan didampingi dengan RAM berkapasitas 2GB. Kapasitas ukuran tergolong medium yang masih akan didampingi dengan internal mencapai ukuran 32GB sebagai ruang penyimpanan maksimum ponsel.

Untuk mendapatkan akses root di REdmi 3 ini tidaklah sulit, asalkan kamu sudah berhasil memasang TWRP Redmi 3 yang pernah saya posting tutorialnya di blog ini.

Arti Root

Definisi root secara sederhana dapat dijelaskan sebagai sistem akun yang memberikan akses penuh terhadap sistem file perangkat Android. Atau disebut juga sebagai akses super user yang merupakan hak akses tertinggi dalam sistem operasi Android. Dengan melakukan root, maka kamu pengguna Redmi 3 memegang penuh hak atas akses dan eksuksi file, aplikasi, dan semua bagian piranti lunak Android.

Manfaat Root Redmi 3

  1. Mengetahui Password wifi dari SSID yang pernah disave – Kalau smartphone kita sudah root, kita bisa melihat password yang tadi dia input. Kalau tadi dia input di PC, tinggal pilih show password sudah nampak. Kalau di smartphone wajib root dulu.
  2. Mount External Drive sebagai internal – Dengan Mountfs, kita bisa mount folder sharing dari Windows, FTP maupun SFTP (SSH) server layaknya seperti sdcard di smartphone . Sehingga selama kamu masih bisa konek ke folder sharing tadi, itu ibaratnya kita membawa harddisk eksternal di smartphone kita ke mana2. Tentunya lebih efektif kalau kamu masih berada di jaringan lokal wifi sendiri, dimana akses wifi mencakup keseluruhan rumah.
  3. Memakai Custom Gesture – Draw gesture tertentu untuk melakukan action tertentu. Sangat powerful apabila dikombinasi lagi dengan tasker. Penggunaan touchscreen benar2 dimaksimalkan sampai ke batas imajinasi.
  4. Capture video/screen recorder – merekam tampilan smartphone (videoshot). Ini hanya bisa dicapai dengan root, karena akses frame video hanya ada di root. Jadi bukan hanya sekedar SS statis biasa, kamu bisa merekam apapun yang terjadi di smartphone . Mungkin untuk buat tutorial, sekedar showoff, ataupun untuk dokumentasi.
  5. Purchase IAP secara free – Untuk beberapa app/games tertentu. Pastinya dilakukan dengan freedom, yang berfungsi sebagai proxy IAP untuk app Freemium, sehingga bisa unlock content yang sebenarnya sudah ada, hanya saja terhalang IAP

Resiko Root Redmi 3

  1. Garansi hilang secara software – kalau kamu klaim dalam kondisi root dan modif. Untuk smartphone tertentu ada yang agak susah untuk dibalikkan ke original. Tapi dalam kebanyakan kasus, semua modif bisa dikembalikan seperti semula.
  2. Memperbesar resiko terjadi error – Pastinya kalau kamu salah memodifikasi, smartphone kamu bisa error.
  3. Memperbesar potensi adanya malware – Apabila kamu sembarangan menginstall aplikasi tentunya akan beresiko masuknya malware. Untuk membersihkannya hanya cukup dengan uninstall app yang dicurigai sebagai malware.

Langkah-langkah Root Redmi 3 “IDO” Dengan Magisk

  1. Unduh Official Magisk Root Tool dan Magisk uninstaller (gunakan file ini apabila ingin di unroot dan juga berfungsi untuk atasi bootloop)
  2. Pindahkan kedua file magisk ke Internal storage supaya mudah ditemukan nanti.
  3. Matikan Redmi 3, kemudian tekan tombol Volume Atas dan Power bersamaan dan tahan sejenak kemudian lepaskan kalau sudah muncul logo MI.
  4. Kalau prosesnya berhasil akan masuk ke menu TWRP dan pilih Install
  5. Temukan file Magisk-v16.0.zip. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System
  7. Jika muncul permintaan pemasangan SuperSU, pilih Do Not Install

Cara Unroot Magisk

  1. Masuk lagi ke TWRP tekan tombol Power dan Volume Atas lepaskan kalau sudah tampak logo Mi.
  2. Pilih menu Install
  3. Cari dan klik file Magisk-uninstaller-20180113.zip
  4. Pada bagian bawah geser Swipe To Confirm Flash
  5. Kalau sudah selesai Reboot System

Itulah Cara Root Redmi 3 dengan codename IDO tanpa komputer. Semoga tutorial di atas bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan. Terima kasih sudah berkunjung, salam dan sampai jumpa di tutorial berikutnya.

Leave a Reply