Cara Mudah Root Xiaomi Mi 6c MIUI 9 / MIUI 10 via Magisk

– Saat ini banyak pengguna Android XIAOMI yang kesulitan dalam melakukan root pada Xiaomi Mi6c mereka. Karena saat ini XIAOMI telah melakukan pembaharuan dengan meningkatkan fitur keamanannya.

Meskipun begitu, beberapa pengguna ternyata lebih membutuhkan proses root ini dengan tujuan seperti cheat game engine, Penginstalan aplikasi tertentu dan lain-lain. Kalau kamu tetap bersikeras untuk merootnya, disini saya kasih tutorial paling mudah yang bisa di coba.

Tak tanggung-tanggung, kali ini Xiaomi membekalinya dengan processor Octa Core dan Layar Quad HD yang membuatnya memiliki spesifikasi monster pada smartphone kelas flagsip saat ini. Hal inilah yang layak dijuluki dengan HP premium nan canggih.

Banyak kelebihan yang ada di smartphone ini, bukan cuma dari segi dapur pacu dan layar saja, namun dari kamera maupun konektivitas juga unggul karena sudah ada jaringan teknologi 4G yang merupakan jaringan teknologi tercepat saat ini.

Dari pihak vendor memang belum terlalu detail Chipset Snapdragon apa yang akan tersemat pada Mi 6c ini. Namun dengan dukungan RAM 4GB serta sistem pengoperasian Marsmallow dipastikan pengguna dpat mendapatkan efek yang powerfull disaat aktifitas mutitaskingnya. Kameranya pun mengusung teknologi kamera dengan size yang besar yakni 22.5MP untuk kamera utamanya. Selain ukuran lensa kamera yang besar, smartphone ini juga dibekali dengan fitur kamera yang cukup lengkap seperti autofocus, dual-LED flash, panorama, Video 2160p@30fps.

Arti Root

Root merupakan sebuah cara untuk mengakses, mengedit, menambahkan file sistem dengan mudah. Dengan memiliki akses root di Xiaomi Mi6c, kamu bisa melakukan banyak hal, seperti menghilangkan iklan, uninstall aplikasi bawaan, mengetahui password WiFi, memutuskan koneksi Internet orang lain dan masih banyak lagi.

Manfaat Root Xiaomi Mi 6c

  1. Menghapus bloatware – sehingga tidak running di background maupun makan memory
  2. Memperbesar memory internal via link2sd – Kalau terasa internal memory HP kalian kurang, bisa dilink semua app internal storage ke sd-ext di microsd.
  3. Emulate GPU – Menurunkan kualitas grafik demi perfomance. Lewat GLTools, kita bisa emulate GPU lain, meskipun secara hardware beda GPU. Ini tentunya berguna jika ada game yang didesain hanya untuk GPU tertentu, sementara smartphone kita memakai GPU tipe lain. GLTools juga bisa digunakan untuk nurunin kualitas gambar/resolusi warna, supaya perfomance/fps nya naik.
  4. Mengubah tampilan per app – Bisa Customize tampilan chrome jadi tablet version, ataupun besarin ukuran font untuk BBM, Lock orientation pas baca pdf, dan lain sebagainya.
  5. Cheat game – via game killer, hex editor, sqlite editor. Anda bisa buat score dari Candy Crush jadi 2.147.483.647, Stat di chaos ring 2 jadi 9999, unlimited money, unlimited items. Ataupun hanya sekedar mengintip jawaban kuis logo/tebak2an di database SQL nya.
  6. Unlock LTE full band – Hanya berlaku untuk chipset yang sudah support full band dari awal. Contohnya SoC Qualcomm yang sudah support RF360 Gobi Multimode atau modem X series. Secara hardware SoC nya sudah support semua band, tinggal unlock dari firmware.

Resiko Root Xiaomi Mi 6c

  1. Garansi hilang secara software – kalau kamu klaim dalam kondisi root dan modif. Untuk smartphone tertentu ada yang agak susah untuk dibalikkan ke original. Tapi dalam kebanyakan kasus, semua modif bisa dikembalikan seperti semula.
  2. Memperbesar resiko terjadi error – Pastinya kalau kamu salah memodifikasi, smartphone kamu bisa error.
  3. Memperbesar potensi adanya malware – Apabila kamu sembarangan menginstall aplikasi tentunya akan beresiko masuknya malware. Untuk membersihkannya hanya cukup dengan uninstall app yang dicurigai sebagai malware.

Cara Root Xiaomi Mi 6c Dengan Magisk

  1. Unduh Official Magisk Root Tool dan Magisk uninstaller (gunakan file ini apabila ingin di unroot dan juga berfungsi untuk atasi bootloop)
  2. Pindahkan kedua file magisk ke Internal storage supaya mudah ditemukan nanti.
  3. Matikan Xiaomi Mi 6c, kemudian tekan tombol Volume Atas dan Power bersamaan dan tahan sejenak kemudian lepaskan kalau sudah muncul logo MI.
  4. Kalau prosesnya berhasil akan masuk ke menu TWRP Mi 6C dan pilih Install
  5. Temukan file Magisk-v16.0.zip. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System
  7. Jika muncul permintaan pemasangan SuperSU, pilih Do Not Install

Cara Unroot Magisk

  1. Masuk lagi ke TWRP tekan tombol Power dan Volume Atas lepaskan kalau sudah tampak logo Mi.
  2. Pilih menu Install
  3. Cari dan klik file Magisk-uninstaller-20180113.zip
  4. Pada bagian bawah geser Swipe To Confirm Flash
  5. Kalau sudah selesai Reboot System

Mudah kan cara root Xiaomi Mi6c ini. Selamat mencoba!

Posting terkait:

Leave a Comment