Arti Root Beserta Manfaat dan Resiko Pada Xiaomi Mi5 Pro 1

Arti Root Beserta Manfaat dan Resiko Pada Xiaomi Mi5 Pro

Cara Root Xiaomi Mi5 Pro – Bulan kemarin saya sudah membahas prosedur root tanpa PC Xiaomi Mi 6 dan sekarang kita akan mencoba mendapatkan akses root pada salah satu perangkat Android XIAOMI yaitu Xiaomi Mi5 Pro. Tujuan orang melakukan root bermacam-macam, meskipun ada konsekuensi yang harus mereka hadapi setelah melakukan rooting.

Xiaomi Mi5 Pro mengusung desain layar berukuran Layar 5.15″ yang masih sama dengan pendahulunya yang pertama yakni Xiaomi Mi5. Layar berkualitas Full HD yang sangat nyaman dipakai bermain kualitas 3D sekalipun di karenakan smartphone ini memiliki bekalan layar beresolusi 1080 x 1920 pixels. Sebagai HP premium layar mewah tersebut dilindungi proteksi keamanan layar Corning Gorilla Glass.

Tak hanya desain menarik yang masih di pertahan kan. Sisi lini pacu memadkan antara komponen hardware dan software berkuialitas pilihan yang andalkan Chipset Snapdragon 820 berprosesor CPU Dual-core 1.8 GHz Kryo dan dual-core 1.6 GHz Kryo. Mesin yang akan didukung RAM 4GB sebagai ruang pengelolaan data aplikasi sementara sehingga kinerja saat dipakai untuk menjalankan aplikasi satu dengan yang lainnya lebih ringn dan tersa lebih smooth.

Proses root di XIAOMI tidaklah jauh berbeda dengan yang lain. Kalian bisa mengikuti tutorial ini dengan kalau memang berniat ingin membuka akses root Xiaomi Mi5 Pro.

Arti Root

Root adalah sebuah tindakan proses untuk mengizinkan pengguna smartphone pintar seperti tablet, dan perangkat lain yang berjalan pada system operasi Android untuk mendapatkan penggunaan yang lebih maksimal yang biasa dikenal sebagai akses root pada berbagai perangkat Android. Root dilakukan untuk mendapatkan hak akses yang lebih tinggi yang kini telah dibatasi oleh XIAOMI pada beberapa perangkat smartphone mereka seperti Xiaomi Mi5 Pro.

Manfaat Root Xiaomi Mi5 Pro

  1. Mengetahui Password wifi dari SSID yang pernah disave – Kalau smartphone kita sudah root, kita bisa melihat password yang tadi dia input. Kalau tadi dia input di PC, tinggal pilih show password sudah nampak. Kalau di smartphone wajib root dulu.
  2. Mount External Drive sebagai internal – Dengan Mountfs, kita bisa mount folder sharing dari Windows, FTP maupun SFTP (SSH) server layaknya seperti sdcard di smartphone . Sehingga selama kamu masih bisa konek ke folder sharing tadi, itu ibaratnya kita membawa harddisk eksternal di smartphone kita ke mana2. Tentunya lebih efektif kalau kamu masih berada di jaringan lokal wifi sendiri, dimana akses wifi mencakup keseluruhan rumah.
  3. Auto reply app chatting – Dengan memakai kombinasi tasker (dan autoinput), hampir semua app chatting bisa diset auto reply. Sehingga tidak perlu bersusah payah untuk merogoh smartphone mengetikkan kata-kata Saya sedang sibuk, Lagi mengemudi ataupun Lagi meeting. Semua nya sudah bisa dibuat otomatis.
  4. Capture video/screen recorder – merekam tampilan smartphone (videoshot). Ini hanya bisa dicapai dengan root, karena akses frame video hanya ada di root. Jadi bukan hanya sekedar SS statis biasa, kamu bisa merekam apapun yang terjadi di smartphone . Mungkin untuk buat tutorial, sekedar showoff, ataupun untuk dokumentasi.
  5. Bisa backup full ROM – Kamu bisa gunakan MDT (khusus CPU mediatek), atau via EFS Pro (khusus CPU Snapdragon). Untuk mendapatkan akses ke seluruh partisi smartphone , pastinya diperlukan akses root. Tanpa root, tidak ada full backup yang bisa dilakukan melalui MDT.

Resiko Root Xiaomi Mi5 Pro

  1. Garansi hilang secara software – kalau kamu klaim dalam kondisi root dan modif. Untuk smartphone tertentu ada yang agak susah untuk dibalikkan ke original. Tapi dalam kebanyakan kasus, semua modif bisa dikembalikan seperti semula.
  2. Memperbesar resiko terjadi error – Pastinya kalau kamu salah memodifikasi, smartphone kamu bisa error.
  3. Memperbesar potensi adanya malware – Apabila kamu sembarangan menginstall aplikasi tentunya akan beresiko masuknya malware. Untuk membersihkannya hanya cukup dengan uninstall app yang dicurigai sebagai malware.

Langkah-langkah Root Xiaomi Mi5 Pro Dengan Magisk

  1. Unduh Official Magisk Root Tool dan Magisk uninstaller (gunakan file ini apabila ingin di unroot dan juga berfungsi untuk atasi bootloop)
  2. Pindahkan kedua file magisk ke Internal storage supaya mudah ditemukan nanti.
  3. Matikan Xiaomi Mi5 Pro, kemudian tekan tombol Volume Atas dan Power bersamaan dan tahan sejenak kemudian lepaskan kalau sudah muncul logo MI.
  4. Kalau prosesnya berhasil akan masuk ke menu TWRP dan pilih Install
  5. Temukan file Magisk-v17.0.zip. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System
  7. Jika muncul permintaan pemasangan SuperSU, pilih Do Not Install

Cara Unroot Magisk

  1. Masuk lagi ke TWRP tekan tombol Power dan Volume Atas lepaskan kalau sudah tampak logo Mi.
  2. Pilih menu Install
  3. Cari dan klik file Magisk-uninstaller-20180113.zip
  4. Pada bagian bawah geser Swipe To Confirm Flash
  5. Kalau sudah selesai Reboot System

Mudah kan cara root Xiaomi Mi5 Pro ini. Selamat mencoba!

Leave a Reply