Cara Root Xiaomi Mi Note Pro 16 GB 64 GB 1

Cara Root Xiaomi Mi Note Pro 16 GB 64 GB

Cara Root Xiaomi Mi Note Pro 16 GB 64 GB – Salah satu yang saya sukai dari Xiaomi Mi Note Pro 16 GB 64 GB adalah bisa di rubah-rubah tampilannya, bukan hanya sekedar ganti launcher atau ganti font saja tapi mengganti sistem androidnya dengan berbagai kustom rom. Pada dasarnya saya kurang suka dengan tampilan Xiaomi Mi Note Pro 16 GB 64 GB, di tambah lagi sifat bosanan saya ini, selalu tiap tahun berkeinginan untuk mengganti HP. Dengan Android yang sudah di root memungkinakan kita untuk memasang kustom rom, install tweak agar kuat main game atau supaya daya tahan baterai lebih baik lagi ataupun hal ringan lainya seperti memasang Xposed agar bisa di modifikasi tampilan aplikasi sistem dari XIAOMI ini.

Apa sih yang membuat Xiaomi Note Pro ini bak kuda hitam yang tangguh? Jika dilihat dari dalaman dari hardware yang diberikan pada handphone ini. Tampaknya tidak bisa tidak, smartphone ini memang punya kualifikasi untuk menantang ponsel-HP premium dari vendor terkemuka, seperti Samsung, Apple, Sony ataupun LG. Meski bisa disamakan dengan HP premium lainnya, namun Note Pro ini punya range harga yang jauh lebih murah dari pesaingnya. Bagaimana tidak smartphone keren ini dijual cuma Rp 6 jutaan.

Penasaran dengan spesifikasi dalaman dari HP premium milik Xiaomi ini? Kita intip yuk. Sudah kami siapkan di Spesifikasi Xiaomi Mi Note Pro dibawah ini:

Arti Root

Arti kata Root merupakan istilah di OS Linux yang bearti admin atau Superuser yang memiliki kuasa penuh dalam mengatur sebuah sistem. Berhubung Android berasal dari Linux maka kata root sering digunakan. Dengan menjadikan kita SuperUser kita bisa memodifikasi, mengizinkan, mengakses, menghapus file yang ada di sistem Android.

Manfaat Root Xiaomi Mi Note Pro 16 GB 64 GB

  1. Mengetahui Password wifi dari SSID yang pernah disave – Kalau smartphone kita sudah root, kita bisa melihat password yang tadi dia input. Kalau tadi dia input di PC, tinggal pilih show password sudah nampak. Kalau di smartphone wajib root dulu.
  2. SMB server – Membuat folder sharing yang bisa discan dan akses langsung dari windows network. Berbeda dengan FTP yang biasanya memerlukan caching ke temporary folder ataupun browser, SMB share bisa langsung diedit layaknya harddisk eksternal. Perlu root, karena protocol SMB wajib menggunakan priveleged port 137, 138, 139 dan 445.
  3. Mapping bluetooth gamepad – Supaya kamu bisa memakai bluetooth gamepad untuk game2 yang tidak support native gamepad sekalipun. Untuk pairing gamepadnya tidak perlu root, dan beberapa game yang sudah support native bluetooth gamepad tidak perlu root. Contohnya emulator PS1 (epsxe), PSP (PPSSPP) dan berbagai game lainnya. Sedangkan untuk game yang tidak support (kebanyakan game lain), perlu dimap manual via gamekeyboard sejenis, yang pastinya butuh root untuk bisa mapping hardware keynya.
  4. Menginstall Viper4android – Untuk membuat suara speaker maupun headset menjadi berefek seperti di studio. Bisa digabungin lagi dengan library dolby dari smartphone lain.
  5. Firewall android – Membatasi koneksi internet mobile data, wifi ataupun tethering pada app tertentu.

Resiko Root Xiaomi Mi Note Pro 16 GB 64 GB

  1. Garansi hilang secara software – kalau kamu klaim dalam kondisi root dan modif. Untuk smartphone tertentu ada yang agak susah untuk dibalikkan ke original. Tapi dalam kebanyakan kasus, semua modif bisa dikembalikan seperti semula.
  2. Memperbesar resiko terjadi error – Pastinya kalau kamu salah memodifikasi, smartphone kamu bisa error.
  3. Memperbesar potensi adanya malware – Apabila kamu sembarangan menginstall aplikasi tentunya akan beresiko masuknya malware. Untuk membersihkannya hanya cukup dengan uninstall app yang dicurigai sebagai malware.

Langkah-langkah Root Xiaomi Mi Note Pro 16 GB 64 GB Dengan Magisk

  1. Unduh Official Magisk Root Tool dan Magisk uninstaller (gunakan file ini apabila ingin di unroot dan juga berfungsi untuk atasi bootloop)
  2. Pindahkan kedua file magisk ke Internal storage supaya mudah ditemukan nanti.
  3. Matikan Xiaomi Mi Note Pro 16 GB 64 GB, kemudian tekan tombol Volume Atas dan Power bersamaan dan tahan sejenak kemudian lepaskan kalau sudah muncul logo MI.
  4. Kalau prosesnya berhasil akan masuk ke menu TWRP dan pilih Install
  5. Temukan file Magisk-v17.0.zip. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System
  7. Jika muncul permintaan pemasangan SuperSU, pilih Do Not Install

Cara Unroot Magisk

  1. Masuk lagi ke TWRP tekan tombol Power dan Volume Atas lepaskan kalau sudah tampak logo Mi.
  2. Pilih menu Install
  3. Cari dan klik file Magisk-uninstaller-20180113.zip
  4. Pada bagian bawah geser Swipe To Confirm Flash
  5. Kalau sudah selesai Reboot System

Penutup

Baiklah mungkin itu saja Tutorial kali ini tentang Cara Root Xiaomi Mi Note Pro 16 GB 64 GB Tanpa PC. Saya harapkan untuk melihat artikel lainnya juga hehehe. Semoga tutorialnya bermanfaat.

Leave a Reply