Pengertian / Manfaat / Resiko / Cara Root Xiaomi Mi Mix Dengan Magisk 1

Pengertian / Manfaat / Resiko / Cara Root Xiaomi Mi Mix Dengan Magisk

Xiaomi Mi Mix – Saat ini banyak pengguna Android XIAOMI yang kesulitan dalam melakukan root pada Xiaomi Mi Mix mereka. Karena saat ini XIAOMI telah melakukan pembaharuan dengan meningkatkan fitur keamanannya. Meskipun begitu, beberapa pengguna ternyata lebih membutuhkan proses root ini dengan tujuan seperti kustomisasi smartphone , overclock CPU dan lain-lain. Kalau kamu tetap bersikeras untuk merootnya, disini saya kasih tutorial paling mudah yang bisa di coba.

Desain futuristik dari Mi Mix ini mampu menjadi daya tarik tersendiri. Bahkan untuk desain atasnya smartphone Mix ini tampil tanpa bezel. Ponsel Mix ini punya ketebalan yang hanya 7.9 mm atau 0.31 inchi untuk besar layar 6,4 inchi. Ukuran smartphone yang cenderung lebar dapat tercover maksimal dengan tebal yang sangat tipis.

Selain desain yang unik, Xiaomi Mi Mix ini juga dibekali dengan spesifikasi yang garang. Mi Mix ini dibekali dengan spesifikasi RAM mencapai 6 GB dengan kombinasi penyimpanan internal 256 GB. Untuk versi ke-dua Mi Mix hadir dengan RAM 4GB dengan penyimpanan internal 128 GB. Kapasitas penyimpanan internal ini sangat besar dan menjadi nilai tambah untuk smartphone Xiaomi.

Untuk mendapatkan akses root di Mi Mix ini sebelumnya kamu harus sudah berhasil Unlock Bootloader Mi Mix dan memasang TWRP Mi Mix.

Arti Root

Root adalah sebuah tindakan proses untuk mengizinkan pengguna smartphone pintar seperti tablet, dan perangkat lain yang berjalan pada system operasi Android untuk mendapatkan penggunaan yang lebih maksimal yang biasa dikenal sebagai akses root pada berbagai perangkat Android. Root dilakukan untuk mendapatkan hak akses yang lebih tinggi yang kini telah dibatasi oleh XIAOMI pada beberapa perangkat smartphone mereka seperti Xiaomi Mi Mix.

Manfaat Root Xiaomi Mi Mix

  1. Membuat hotspot dengan fitur advance – routing enabled, memilih subnet, mengurangi daya transmisi, menggunakan enkripsi ataupun open, membuat access control list, dsb.
  2. SMB server – Membuat folder sharing yang bisa discan dan akses langsung dari windows network. Berbeda dengan FTP yang biasanya memerlukan caching ke temporary folder ataupun browser, SMB share bisa langsung diedit layaknya harddisk eksternal. Perlu root, karena protocol SMB wajib menggunakan priveleged port 137, 138, 139 dan 445.
  3. Memakai Custom Gesture – Draw gesture tertentu untuk melakukan action tertentu. Sangat powerful apabila dikombinasi lagi dengan tasker. Penggunaan touchscreen benar2 dimaksimalkan sampai ke batas imajinasi.
  4. Capture video/screen recorder – merekam tampilan smartphone (videoshot). Ini hanya bisa dicapai dengan root, karena akses frame video hanya ada di root. Jadi bukan hanya sekedar SS statis biasa, kamu bisa merekam apapun yang terjadi di smartphone . Mungkin untuk buat tutorial, sekedar showoff, ataupun untuk dokumentasi.
  5. Firewall android – Membatasi koneksi internet mobile data, wifi ataupun tethering pada app tertentu.

Resiko Root Xiaomi Mi Mix

  1. Garansi hilang secara software – kalau kamu klaim dalam kondisi root dan modif. Untuk smartphone tertentu ada yang agak susah untuk dibalikkan ke original. Tapi dalam kebanyakan kasus, semua modif bisa dikembalikan seperti semula.
  2. Memperbesar resiko terjadi error – Pastinya kalau kamu salah memodifikasi, smartphone kamu bisa error.
  3. Memperbesar potensi adanya malware – Apabila kamu sembarangan menginstall aplikasi tentunya akan beresiko masuknya malware. Untuk membersihkannya hanya cukup dengan uninstall app yang dicurigai sebagai malware.

Root Xiaomi Mi Mix Dengan Magisk

  1. Unduh Official Magisk Root Tool dan Magisk uninstaller (gunakan file ini apabila ingin di unroot dan juga berfungsi untuk atasi bootloop)
  2. Pindahkan kedua file magisk ke Internal storage supaya mudah ditemukan nanti.
  3. Matikan Xiaomi Mi Mix, kemudian tekan tombol Volume Atas dan Power bersamaan dan tahan sejenak kemudian lepaskan kalau sudah muncul logo MI.
  4. Kalau prosesnya berhasil akan masuk ke menu TWRP dan pilih Install
  5. Temukan file Magisk-v16.0.zip. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System
  7. Jika muncul permintaan pemasangan SuperSU, pilih Do Not Install

Cara Menghapus Magisk

  1. Masuk lagi ke TWRP tekan tombol Power dan Volume Atas lepaskan kalau sudah tampak logo Mi.
  2. Pilih menu Install
  3. Cari dan klik file Magisk-uninstaller-20180113.zip
  4. Pada bagian bawah geser Swipe To Confirm Flash
  5. Kalau sudah selesai Reboot System

Mudah kan cara root Xiaomi Mi Mix ini. Selamat mencoba!

Leave a Reply