Cara Root Xiaomi Mi Max Prime “Helium” MIUI 8 / 9 / 10 via Magisk

Cara Root Xiaomi Mi Max Prime – Bulan kemarin saya sudah membahas prosedur root tanpa PC Xiaomi Mi Max dan sekarang kita akan mencoba mendapatkan akses root pada salah satu perangkat Android XIAOMI yaitu Mi Max Prime. Tujuan orang melakukan root bermacam-macam, meskipun ada konsekuensi yang harus mereka hadapi setelah melakukan rooting. Proses root di Xiaomi tidaklah jauh berbeda dengan yang lain. Kalian bisa mengikuti tutorial ini dengan kalau memang berniat ingin membuka akses root Xiaomi Mi Max Prime.

Mi Max Prime berbekal layar berukuran besar yang masuk dalam kategori Phablet menjadi ciri khas dari smartphone Xiaomi ini. Ukuran nya mencapai 6.44 inci berteknologi IPS LCD Capaitive serta berkualitas Full HD. Xiaomi Mi Max Prime terbuat dari metal tipe alluminium alloy yang kokoh dan ringan.

Internal longgar berkapasitas 128GB yang masih kan di ekspansi dengan slot MicroSD mencapai kapasitas 256GB bertipe hybrid. Daya pacu Mi Max Prime andalkan chipset Snapdragon 652 dengan RAM 4GB yang bermanfaat mengolah data aplikasi yang terdapat pada smartphone.

Sistem pengoperasian yang berjalan dengan Android 6.0 Marsmallow serta pengolah grafis GPU Adreno 510 memberikan dampak smooth nan ringan dikala membuka aplikasi tanpa harus menutup aplikasi lain yang sedang berjalan.

Untuk lebih meningkatkan kemampuan smartphone Xiaomi ini, banyak hal yang bisa kamu lakukan, salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi-aplikasi khusus tweaker. Tapi biasanya aplikasi-aplikasi tersebut membutuhkan akses root.

Nah, untuk kamu yang belum mengetahui cara root Xiaomi Mi Max Prime aka Helium ini, di bawah postingan ini saya sahre tutorialnya.

Tapi, Sebelumnya kamu harus sudah Unlock Bootloader dan memasang TWRP terlebih dahulu ya. Tanpa kedua hal tersebut tidak akan bisa melakukan rooting.

Arti Root

Root adalah akses untuk mengubah, atau mengedit file sistem yang ada pada Mi Max Prime dengan mudah. Dengan memiliki akses root, pengguna bisa menghapus bloatware, menghilangkan iklan, mengetahui password WiFi, memutuskan koneksi Internet orang lain dan masih banyak lagi.

Manfaat Root Xiaomi Mi Max Prime

  1. Integrate updated system app ke ROM – sehingga menghemat memory di partisi /data. Selain itu juga melindungi updated app tadi dari factory reset.
  2. wallpaper
  3. Emulate GPU – Menurunkan kualitas grafik demi perfomance. Lewat GLTools, kita bisa emulate GPU lain, meskipun secara hardware beda GPU. Ini tentunya berguna jika ada game yang didesain hanya untuk GPU tertentu, sementara smartphone kita memakai GPU tipe lain. GLTools juga bisa digunakan untuk nurunin kualitas gambar/resolusi warna, supaya perfomance/fps nya naik.
  4. Advance freeze – Kita tidak freeze keseluruhan app, tapi hanya component yang kita rasa tidak perlu. Contohnya kita tidak perlu startup component, bisa kita matikan cuma activities onboot nya saja, lebih gampang via app manager dari ROM Toolbox.
  5. Speedup ataupun slowmo – Untuk beberapa game yang menggunakan clock system, kecepatan game bisa dihack sehingga menjadi sangat cepat, sehingga progress lebih cepat selesai (misalnya bangun tower defense lebih cepat selesai). Atau untuk game yang memerlukan respon yang cepat, bisa diperlambat, sehingga lebih gampang melewatin momen2 critical, contohnya di game runner ataupun puzzle yang ada timernya.
  6. Unlock limitasi network dari vendor – Misalnya kecepatan network yang dibatasin hingga speed tertentu bisa dibuka hingga speed maksimal.

Resiko Root Xiaomi Mi Max Prime

  1. Garansi hilang secara software – kalau kamu klaim dalam kondisi root dan modif. Untuk smartphone tertentu ada yang agak susah untuk dibalikkan ke original. Tapi dalam kebanyakan kasus, semua modif bisa dikembalikan seperti semula.
  2. Memperbesar resiko terjadi error – Pastinya kalau kamu salah memodifikasi, smartphone kamu bisa error.
  3. Memperbesar potensi adanya malware – Apabila kamu sembarangan menginstall aplikasi tentunya akan beresiko masuknya malware. Untuk membersihkannya hanya cukup dengan uninstall app yang dicurigai sebagai malware.

Langkah-langkah Root Xiaomi Mi Max Prime Dengan Magisk

  1. Unduh Official Magisk Root Tool dan Magisk uninstaller (gunakan file ini apabila ingin di unroot dan juga berfungsi untuk atasi bootloop)
  2. Pindahkan kedua file magisk ke Internal storage supaya mudah ditemukan nanti.
  3. Matikan Xiaomi Mi Max Prime, kemudian tekan tombol Volume Atas dan Power bersamaan dan tahan sejenak kemudian lepaskan kalau sudah muncul logo MI.
  4. Kalau prosesnya berhasil akan masuk ke menu TWRP dan pilih Install
  5. Temukan file Magisk-v16.0.zip. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System
  7. Jika muncul permintaan pemasangan SuperSU, pilih Do Not Install

Jika Magisk Zip sudah berhasil terinstal, reboot smartphone kamu. Maka, secara otomatis Mi Max Prime sudah masuk ke dalam posisi root. Untuk mengecek apakah Xiaomi kamu berhasil di-root atau tidak, kamu bisa menggunakan aplikasi yang bernama Root Checker.

Apabila kamu ingin menghilangkan / hapus root, silahkan gunakan cara unroot di bawah ini…

Cara Unroot Magisk

  1. Masuk lagi ke TWRP tekan tombol Power dan Volume Atas lepaskan kalau sudah tampak logo Mi.
  2. Pilih menu Install
  3. Cari dan klik file Magisk-uninstaller-20180113.zip
  4. Pada bagian bawah geser Swipe To Confirm Flash
  5. Kalau sudah selesai Reboot System

Metode root diatas bisa kamu terapkan di Mi Max Prime yang menggunakan Android 6.0 Marshmallow dan 7.0 Nougat baik itu MIUI 8 / 9 / 10.

Posting terkait:

Leave a Comment