Cara Root Xiaomi Mi Max 2 “Oxygen” MIUI 9 / MIUI 10 Dengan Magisk

Cara Root Xiaomi Mi Max 2 – Pada saat ini saya berkesempatan menulis tentang cara mendapatkan akses root di Xiaomi Mi Max 2 dengan mudah tanpa perlu menggunakan perangkat PC. Android yang sudah di Root memang menyenangkan banyak hal yang bisa kamu pelajari tentang Android, tapi sebagai konsekuensinya garansi akan hangus. Apabila kamu tertarik ingin me-root Xiaomi Mi Max 2, disini saya akan memberikan tutorial termudah agar bisa mendapatkan akses root.

Xiaomi Mi Max 2 ini hadir dalam 2 pilihan varian RAM dan Internal kapasitas berbeda. Yakni (64 GB, 4 GB RAM) dan (128 GB, 6 GB RAM). Ruang pengelolaan data dan aplikasi yang akan disokong hardware terbaik seperti chipset Qualcomm MSM8956 Plus Snapdragon 660.

Smartphone ini memiliki desain sama dengan pendahulunya yakni layar lapang 6,4 inci berkualitas Full HD memberikan efek nyaman bagi kita saat dipakai bermain game atau pun menonton video.

Untuk mendapatkan akses root di Mi Max 2 ini, hanya bisa dilakukan dengan menginstall Magisk melalui TWRP. Jadi sebelum mengikuti tutorial ini kamu harus sudah sukses memasang TWRP. Kalau belum silahkan ikuti tutorial Cara Pasang TWRP Mi Max 2.

Arti Root

Definisi root secara sederhana dapat dijelaskan sebagai sistem akun yang memberikan akses penuh terhadap sistem file perangkat Android. Atau disebut juga sebagai akses super user yang merupakan hak akses tertinggi dalam sistem operasi Android. Dengan melakukan root, maka kamu pengguna Xiaomi Mi Max 2 memegang penuh hak atas akses dan eksuksi file, aplikasi, dan semua bagian piranti lunak Android.

Manfaat Root Xiaomi Mi Max 2

  1. 3rd party app di safe mode – dengan mengconvert 3rd party app menjadi system app, maka kita bisa menggunakannya dalam kondisi safe mode sekalipun. Ataupun bisa diakalin dengan quick setting dari Gravity box.
  2. Tweak CPU scaling governor – Bisa ditweak supaya CPU selalu running top perfomance, atau power save mode dengan cara set max dan min frequency. Bisa juga suspend/sleep beberapa corenya dengan tujuan menghemat batere.
  3. Merubah hardware key – Swap tombol back dengan menu. Ganti ulang semua coding tombol hardware, matiin LED, matiin Hardware key dan backlightnya.
  4. Mengubah tampilan per app – Bisa Customize tampilan chrome jadi tablet version, ataupun besarin ukuran font untuk BBM, Lock orientation pas baca pdf, dan lain sebagainya.
  5. Pause game – Terutama untuk game puzzle yang memiliki timer, sehingga kita punya banyak waktu untuk mencari solusinya.
  6. Unlock LTE full band – Hanya berlaku untuk chipset yang sudah support full band dari awal. Contohnya SoC Qualcomm yang sudah support RF360 Gobi Multimode atau modem X series. Secara hardware SoC nya sudah support semua band, tinggal unlock dari firmware.

Resiko Root Xiaomi Mi Max 2

  1. Garansi hilang secara software – kalau kamu klaim dalam kondisi root dan modif. Untuk smartphone tertentu ada yang agak susah untuk dibalikkan ke original. Tapi dalam kebanyakan kasus, semua modif bisa dikembalikan seperti semula.
  2. Memperbesar resiko terjadi error – Pastinya kalau kamu salah memodifikasi, smartphone kamu bisa error.
  3. Memperbesar potensi adanya malware – Apabila kamu sembarangan menginstall aplikasi tentunya akan beresiko masuknya malware. Untuk membersihkannya hanya cukup dengan uninstall app yang dicurigai sebagai malware.

Langkah-langkah Root Xiaomi Mi Max 2 Dengan Magisk

  1. Unduh Official Magisk Root Tool dan Magisk uninstaller (gunakan file ini apabila ingin di unroot dan juga berfungsi untuk atasi bootloop)
  2. Pindahkan kedua file magisk ke Internal storage supaya mudah ditemukan nanti.
  3. Matikan Xiaomi Mi Max 2, kemudian tekan tombol Volume Atas dan Power bersamaan dan tahan sejenak kemudian lepaskan kalau sudah muncul logo MI.
  4. Kalau prosesnya berhasil akan masuk ke menu TWRP dan pilih Install
  5. Temukan file Magisk-v16.0.zip. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System
  7. Jika muncul permintaan pemasangan SuperSU, pilih Do Not Install

Cara Unroot Magisk

  1. Masuk lagi ke TWRP tekan tombol Power dan Volume Atas lepaskan kalau sudah tampak logo Mi.
  2. Pilih menu Install
  3. Cari dan klik file Magisk-uninstaller-20180113.zip
  4. Pada bagian bawah geser Swipe To Confirm Flash
  5. Kalau sudah selesai Reboot System

Itulah cara melakukan root smartphone Android Xiaomi Mi Max 2. Jika kamu masih bingung, kamu bisa bertanya di kolom komentar. Selamat mencoba!

Baca Juga
  1. Cara Hard Reset Xiaomi Mi A3 / A2 / A1 via Recovery
  2. Cara Factory / Hard Reset Xiaomi Mi Mix 3
  3. Tutorial Hard / Factory Reset Xiaomi Mi Mix 2 / Mix 2s

Leave a Comment