Cara Root Xiaomi Mi 4c "Libra" MIUI 7 / 8 / 9 (100% Berhasil) 1

Cara Root Xiaomi Mi 4c “Libra” MIUI 7 / 8 / 9 (100% Berhasil)

Cara Root Xiaomi Mi 4c – Di pagi yang cerah ini saya akan memberikan tutorial tentang bagaimana cara mendapatkan akses root pada Xiaomi Mi 4c. Setiap orang menggunakan perangkat Android dengan bermacam-macam tujuanya ada yang cuma buat bermain game, install aplikasi, telponan sama pacar. Bahkan ada yang lebih ekstrim lagi seperti install custom rom, overclock CPU, memodifikasi systemUI, dan masih banyak lagi. Untuk melakukan itu ada persyaratan khusus dimana Mi 4c harus sudah di root terlebih dahulu. Untuk root di Mi 4c aka libra ini sebenarnya sama saja dengan proses ngeroot di Xiaomi Mi 4S yang bisa kita gunakan dan disini saya share lagi beberapa metode yang cukup ampuh untuk membuka akses root Android ini.

Jangan anggap remeh tentang smartphone ini, karena kesuksesan yang telah dicapai sebelumnya, dan kini di China smartphone ini mampu menggeser smartphone smartphone terkemuka seperti Samsung dan Apple. Yang tentunya harga smartphone Xiaomi Mi 4c tidak jauh berbeda dengan versi sebelumnya, sebab kabarnya tidak ada perubahan spesifikasi yang signifikan, kecuali adanya peningkatan pada komponen dapur pacunya. Dengan harga yang bisa dibilang murah, tentunya bisa dipastikan Mi 4c bisa sukses dipasar gadget dan mampu menyaingi vendor terkenal lainnya.

Xiaomi Mi 4c ini memiliki desain layar yang luas 5 inchi dengan teknologi panel IPS LCD 16 juta warna, dalam desain ini bisa dibilang gahar karena telah ditenagai dengan processor Qualcomm Snapdragon 808, processor Quad-core 1.44 GHz Cortex-A53 dan Dual-core 1.82 GHz Cortex-A57 dengan arsitektur 64 Bit tentu akan sangat tangguh dibanding dengan smartphone lainnya, tidak lupa dilengkapi dengan chipset grafis versi Adreno 418 yang tidak diragukan lagi kemampuannya mengenai kualitas gambar yang diberikan. OS yang disematkan sudah memakai OS Android Lollipop yang kini ditambah dengan user interface / UI ciri khas milik Xiaomi MIUI V7 versi terbaru.

Arti Root

Istilah Root sangat akrab bagi para pengguna Linux dan perlu kamu ketahui Android menggunakan source code Linux. Root sendiri merupakan sebuah akun yang ada pada perangkat Linux yang digunakan administrasi sistem. Hal ini menandakan bahwa Rooting merupakan sebuah langkah untuk mendapatkan akses admin sistem sehingga tidak ada lagi akses yang dibatasi. Dengan akses root, pengguna bisa melakukan akses apa pun pada sebuah perangkat, sampai dengan mengganti ROM dan Kernel Xiaomi Mi 4c.

Manfaat Root Xiaomi Mi 4c

  1. Membuat hotspot dengan fitur advance – routing enabled, memilih subnet, mengurangi daya transmisi, menggunakan enkripsi ataupun open, membuat access control list, dsb.
  2. SMB server – Membuat folder sharing yang bisa discan dan akses langsung dari windows network. Berbeda dengan FTP yang biasanya memerlukan caching ke temporary folder ataupun browser, SMB share bisa langsung diedit layaknya harddisk eksternal. Perlu root, karena protocol SMB wajib menggunakan priveleged port 137, 138, 139 dan 445.
  3. Auto reply app chatting – Dengan memakai kombinasi tasker (dan autoinput), hampir semua app chatting bisa diset auto reply. Sehingga tidak perlu bersusah payah untuk merogoh smartphone mengetikkan kata-kata Saya sedang sibuk, Lagi mengemudi ataupun Lagi meeting. Semua nya sudah bisa dibuat otomatis.
  4. Menginstall Viper4android – Untuk membuat suara speaker maupun headset menjadi berefek seperti di studio. Bisa digabungin lagi dengan library dolby dari smartphone lain.
  5. Firewall android – Membatasi koneksi internet mobile data, wifi ataupun tethering pada app tertentu.

Resiko Root Xiaomi Mi 4c

  1. Garansi hilang secara software – kalau kamu klaim dalam kondisi root dan modif. Untuk smartphone tertentu ada yang agak susah untuk dibalikkan ke original. Tapi dalam kebanyakan kasus, semua modif bisa dikembalikan seperti semula.
  2. Memperbesar resiko terjadi error – Pastinya kalau kamu salah memodifikasi, smartphone kamu bisa error.
  3. Memperbesar potensi adanya malware – Apabila kamu sembarangan menginstall aplikasi tentunya akan beresiko masuknya malware. Untuk membersihkannya hanya cukup dengan uninstall app yang dicurigai sebagai malware.

Sekarang kalian sudah mengerti kelebihan dna kekurangan root, kalau sudah yakin ingin mencoba membuka akses root, sebelumnya harus sudah terpasang TWRP. Lihat disini tentang proses instalasi TWRP Mi 4C via adb fastboot.

Langkah-langkah Root Xiaomi Mi 4c Dengan Magisk

  1. Unduh Official Magisk Root Tool dan Magisk uninstaller (gunakan file ini apabila ingin di unroot dan juga berfungsi untuk atasi bootloop)
  2. Pindahkan kedua file magisk ke Internal storage supaya mudah ditemukan nanti.
  3. Matikan Xiaomi Mi 4c, kemudian tekan tombol Volume Atas dan Power bersamaan dan tahan sejenak kemudian lepaskan kalau sudah muncul logo MI.
  4. Kalau prosesnya berhasil akan masuk ke menu TWRP dan pilih Install
  5. Temukan file Magisk-v17.0.zip. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System
  7. Jika muncul permintaan pemasangan SuperSU, pilih Do Not Install

Cara Unroot Magisk

  1. Masuk lagi ke TWRP tekan tombol Power dan Volume Atas lepaskan kalau sudah tampak logo Mi.
  2. Pilih menu Install
  3. Cari dan klik file Magisk-uninstaller-20180113.zip
  4. Pada bagian bawah geser Swipe To Confirm Flash
  5. Kalau sudah selesai Reboot System

Dengan kalian berhasil mendapatkan akses root di Libra ini, akan mudah untuk memasang berbagai aplikasi yang butuh akses root seperti Xposed Framework, Titanium Backup, Game Guardian dan lain sebagainya.

Demikianlah proses rooting di Mi 4c ini yang bisa saya jabarkan, semoga kalian berhasil mempratekan tutorial ini dengan baik.

Leave a Reply