Cara Mudah Root Redmi Note 3 Pro MIUI 9 / MIUI 10 1

Cara Mudah Root Redmi Note 3 Pro MIUI 9 / MIUI 10

Cara Root Redmi Note 3 Pro – Beberapa waktu yang lalu saya sudah membahas prosedur root tanpa PC Redmi Note 3 Mediatek dan sekarang kita akan mencoba mendapatkan akses root pada salah satu perangkat Android XIAOMI yaitu Redmi Note 3 Pro. Tujuan orang melakukan root bermacam-macam, meskipun ada konsekuensi yang harus mereka hadapi setelah melakukan rooting. Proses root di XIAOMI tidaklah jauh berbeda dengan yang lain. Kalian bisa mengikuti tutorial ini dengan kalau memang berniat ingin membuka akses root Redmi Note 3 Pro.

Dilihat dari spesifikasinya, Smartphone Xiaomi generasi Redmi Note 3 Pro ini memang tak jauh berbeda dengan seri-seri Redmi lainnya karena memang menggunakan basis atau platform yang sama dengan spesifikasi teknis yang tentu berbeda.

Konektivitas dimiliki smartphone android dengan layar berukuran 5.5 inchi ini terbilang canggih dan lengkap. Pasalnya di dalam sudah ada fitur Dual Sim yang masing-masing slotnya sudah mendukung akses internet di jaringan 4G Cat.7 dengan kecepatan mencapai 300 Mbps, dan upload 50 Mbps. Tak ketinggalan dukungan jaringan 2G, dan 3G HSPA+ juga dimiliki smartphone ini. Selain itu, Xiaomi juga memberikan fitur VoLTE yang jarang dimiliki oleh smartphone sekelasnya yang dibanderol setara Redmi Note 3 Pro.

Arti Root

Istilah Root sangat akrab bagi para pengguna Linux dan perlu kamu ketahui Android menggunakan source code Linux. Root sendiri merupakan sebuah akun yang ada pada perangkat Linux yang digunakan administrasi sistem. Hal ini menandakan bahwa Rooting merupakan sebuah langkah untuk mendapatkan akses admin sistem sehingga tidak ada lagi akses yang dibatasi. Dengan akses root, pengguna bisa melakukan akses apa pun pada sebuah perangkat, sampai dengan mengganti ROM dan Kernel Redmi Note 3 Pro.

Manfaat Root Redmi Note 3 Pro

  1. Membuat hotspot dengan fitur advance – routing enabled, memilih subnet, mengurangi daya transmisi, menggunakan enkripsi ataupun open, membuat access control list, dsb.
  2. SMB server – Membuat folder sharing yang bisa discan dan akses langsung dari windows network. Berbeda dengan FTP yang biasanya memerlukan caching ke temporary folder ataupun browser, SMB share bisa langsung diedit layaknya harddisk eksternal. Perlu root, karena protocol SMB wajib menggunakan priveleged port 137, 138, 139 dan 445.
  3. Memakai Custom Gesture – Draw gesture tertentu untuk melakukan action tertentu. Sangat powerful apabila dikombinasi lagi dengan tasker. Penggunaan touchscreen benar2 dimaksimalkan sampai ke batas imajinasi.
  4. Membuat Macro touchscreen – Bisa merekam touch yang sudah dilakukan dan mereplaynya kembali, via repetitiouch. Cukup berbahaya kalau kamu tidak tahu apa resikonya. Tapi sangat berguna kalau kamu ada rutinitas yang perlu dilakukan berulang kali. Contohnya pas ngecheat game, supaya kamu tidak perlu tap berulang2, tinggal rekam dan replay infinitely.
  5. Purchase IAP secara free – Untuk beberapa app/games tertentu. Pastinya dilakukan dengan freedom, yang berfungsi sebagai proxy IAP untuk app Freemium, sehingga bisa unlock content yang sebenarnya sudah ada, hanya saja terhalang IAP

Resiko Root Redmi Note 3 Pro

  1. Garansi hilang secara software – kalau kamu klaim dalam kondisi root dan modif. Untuk smartphone tertentu ada yang agak susah untuk dibalikkan ke original. Tapi dalam kebanyakan kasus, semua modif bisa dikembalikan seperti semula.
  2. Memperbesar resiko terjadi error – Pastinya kalau kamu salah memodifikasi, smartphone kamu bisa error.
  3. Memperbesar potensi adanya malware – Apabila kamu sembarangan menginstall aplikasi tentunya akan beresiko masuknya malware. Untuk membersihkannya hanya cukup dengan uninstall app yang dicurigai sebagai malware.

Untuk root Kenzo ini kamu membutuhkan custom recovery yang telah terpasang di Redmi Note 3 Pro, kalau belum silahkan ikuti tutorial Cara Pasang TWRP Xiaomi Redmi Note 3 PRO (Kenzo).

Cara Root Redmi Note 3 Pro Dengan Magisk

  1. Unduh Official Magisk Root Tool dan Magisk uninstaller (gunakan file ini apabila ingin di unroot dan juga berfungsi untuk atasi bootloop)
  2. Pindahkan kedua file magisk ke Internal storage supaya mudah ditemukan nanti.
  3. Matikan Redmi Note 3 Pro, kemudian tekan tombol Volume Atas dan Power bersamaan dan tahan sejenak kemudian lepaskan kalau sudah muncul logo MI.
  4. Kalau prosesnya berhasil akan masuk ke menu TWRP dan pilih Install
  5. Temukan file Magisk-v16.0.zip. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System
  7. Jika muncul permintaan pemasangan SuperSU, pilih Do Not Install

Cara Unroot Magisk

  1. Masuk lagi ke TWRP tekan tombol Power dan Volume Atas lepaskan kalau sudah tampak logo Mi.
  2. Pilih menu Install
  3. Cari dan klik file Magisk-uninstaller-20180113.zip
  4. Pada bagian bawah geser Swipe To Confirm Flash
  5. Kalau sudah selesai Reboot System

Mudah kan cara root Redmi Note 3 Pro ini. Selamat mencoba!

Leave a Reply