Proses Lengkap Cara Root Motorola Moto G5 Serta Manfaat Dan Resiko

Cara Root Motorola Moto G5 – Buat kamu yang hobi memodifikasi smartphone Android, aktivitas rooting tampaknya sudah menjadi satu hal yang lumrah untuk kamu kerjakan. Terlebih untuk melakukan root pada smartphone Motorola Moto G5. Tentu ini merupakan pekerjaan gampang untuk kamu lakukan. Bahkan, kamu bisa melakukannya tanpa menggunakan PC. Melalui artikel ini, saya berikan langkah-langkah mudahnya. Jadi, kamu wajib membaca artikel ini sampai selesai.

Motorola Moto G5 dari lini layar berukuran 5 inci yang di padu dengan bekalan kapasitas internal 16 GB yang siap menyimpan berbagai macam file pengguna maupun unduhan aplikasi. Jika pengguna merasa kurang lapang bahkan masih dapat memperluas memori penyimpanan dengan kartu MicroSD hingga kapasitas 128 GB pada slot yang telah disediakan.

Spesifikasi yang sangat gahar terjangkau yang akan menyaingi smartphone terkenal lain seperti Redmi 4X. Dikarenakan smartphone Motorola ini juga akan dibekali dengan Fingerprint sensor atau pemindai sidik jari. Fitur keamanan data dan aplikasi pribadi yang memberikan keamanan ekstra seperti halnya yang dimiliki oleh Redmi 4X.

Arti Root Motorola Moto G5

Root merupakan sebuah cara untuk mengakses, mengedit, menambahkan file sistem dengan mudah. Dengan memiliki akses root di Motorola Moto G5, kamu bisa melakukan banyak hal, seperti menghilangkan iklan, uninstall aplikasi bawaan, mengetahui password WiFi, memutuskan koneksi Internet orang lain dan masih banyak lagi.

Manfaat Root Motorola Moto G5

  1. Mengetahui Password wifi dari SSID yang pernah disave – Kalau smartphone kita sudah root, kita bisa melihat password yang tadi dia input. Kalau tadi dia input di PC, tinggal pilih show password sudah nampak. Kalau di smartphone wajib root dulu.
  2. Share screen ke device lain – Dengan ini kita bisa mirror tampilan di smartphone ke PC, smartphone lain, ataupun android TV box. Untuk smartphone samsul dengan app bawaan, root tidak diperlukan. Tapi untuk smartphone lain yang screennya terlock di system, root diperlukan untuk mengakses frame dari screennya. Salah satu app mirroring yang paling mantap adalah mirrorop sender, yang memiliki framerate tertinggi di antara semuanya.
  3. Auto reply app chatting – Dengan memakai kombinasi tasker (dan autoinput), hampir semua app chatting bisa diset auto reply. Sehingga tidak perlu bersusah payah untuk merogoh smartphone mengetikkan kata-kata Saya sedang sibuk, Lagi mengemudi ataupun Lagi meeting. Semua nya sudah bisa dibuat otomatis.
  4. Capture video/screen recorder – merekam tampilan smartphone (videoshot). Ini hanya bisa dicapai dengan root, karena akses frame video hanya ada di root. Jadi bukan hanya sekedar SS statis biasa, kamu bisa merekam apapun yang terjadi di smartphone . Mungkin untuk buat tutorial, sekedar showoff, ataupun untuk dokumentasi.
  5. Purchase IAP secara free – Untuk beberapa app/games tertentu. Pastinya dilakukan dengan freedom, yang berfungsi sebagai proxy IAP untuk app Freemium, sehingga bisa unlock content yang sebenarnya sudah ada, hanya saja terhalang IAP

Resiko Root Motorola Moto G5

  1. Garansi hilang secara software – kalau kamu klaim dalam kondisi root dan modif. Untuk smartphone tertentu ada yang agak susah untuk dibalikkan ke original. Tapi dalam kebanyakan kasus, semua modif bisa dikembalikan seperti semula.
  2. Memperbesar resiko terjadi error – Pastinya kalau kamu salah memodifikasi, smartphone kamu bisa error.
  3. Memperbesar potensi adanya malware – Apabila kamu sembarangan menginstall aplikasi tentunya akan beresiko masuknya malware. Untuk membersihkannya hanya cukup dengan uninstall app yang dicurigai sebagai malware.

Cara Root Motorola Moto G5 Dengan Magisk

  1. Unduh Official Magisk Root Tool dan Magisk uninstaller (gunakan file ini apabila ingin di unroot dan juga berfungsi untuk atas bootloop)
  2. Pindahkan kedua file magisk ke Internal storage supaya mudah ditemukan nanti.
  3. Matikan Motorola Moto G5, kemudian tekan tombol Volume Atas dan Power bersamaan dan tahan sejenak kemudian lepaskan kalau sudah muncul logo MI.
  4. Kalau prosesnya berhasil akan masuk ke menu TWRP dan pilih Install
  5. Temukan file Magisk-v16.0.zip. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System
  7. Jika muncul permintaan pemasangan SuperSU, pilih Do Not Install

Root Motorola Moto G5 via 360 Root

  1. Download dan install aplikasi 360 Root di Motorola Moto G5.
  2. Buka 360Root kemudian klik ROOT.
  3. Tunggu progress root sampai selesai.
  4. Tidak sampai 5 menit Motorola Moto G5 sudah 100% berhasil di root

Root Motorola Moto G5 via Kingo Root

  1. Install aplikasi Kingo Root versi terbaru
  2. Setelah itu buka Kingo root dan pilih One Click Root
  3. Tunggu sampai proses root selesai
  4. Kalau sudah muncul ROOT SUCCEEDED, itu artinya Motorola Moto G5 sukses di root

Root Motorola Moto G5 via Kingroot

    1. Unduh dan install Official Kingroot versi terbaru ini
    2. Setelah berhasil terpasang buka aplikasi Kingroot dan klik tombol biru bertuliskan “Coba ini“.

Kingroot akan memeriksa apakah perangkat android kamu sudah di root apa belum. Kemudian klik tombol Coba

  1. Proses root akan berjalan sampai 100%
  2. Kalau sukses akan di tandai dengan checklist dengan tulisan “Root berhasil

Pertanyaan Mengenai Root Motorola Moto G5

Kenapa Aplikasi Kingroot, Kingo Root dan 360 Root Tidak Bisa terinstall?
Apabila aplikasi ini tidak bisa di install, buka Google Play kemudian pilih Play Protect – non aktifkan Pindai perangkat untuk mengetahui ancaman keamanan.

Mengapa gagal root?
Silahkan di coba lagi ngerootnya sampai beberapa kali dan usahakan internet yang digunakan cepat dan stabil.

Cara atasi kingroot dalam antrian
Kalau mengalami kegagalan dan tertulis dalam antrian, silahkan di Restart dulu kemudian di coba kembali rootnya.

Demikianlah artikel Cara Jitu Root Motorola Moto G5 Tanpa PC 100% Berhasil. Semoga apa yang di share di blog LinkROM bisa sukses di terapkan di Android kamu. Jangan lupa untuk mengikuti tutorial berikutnya tentang Cara Ampuh Root Motorola Moto X Style (2016) Tanpa PC Terupdate.

Selamat mencoba!

Baca Juga
  1. Cara Jitu Root Motorola Moto E4 Tanpa PC Terbaru
  2. Cara Ampuh Root Motorola Moto E3 Power Tanpa PC Terupdate
  3. Cara Jitu Root Motorola Moto Z play Tanpa PC Terbaru